Doa Memohon Perlindungan | YDSF

Doa Memohon Perlindungan | YDSF

1 November 2022

Sejatinya, manusia tergolong sebagai makhluk ciptaan Allah yang lemah. Lemah akan godaan, hawa nafsu, kelalaian, ancaman, penyakit, dan lain sebagainya. Itulah alasan setiap manusia butuh perlindungan. Dan sebaik-baik tempat memohon perlindungan ialah dengan berdoa kepada Allah Swt.

Ketika seorang hamba memohon perlindungan kepada penciptanya, Allah Swt., itu berarti ia menyadari bahwa setiap manusia memiliki keterbatasan, sekalipun diciptakan sebagai makhluk paling sempurna. Itulah mengapa kita harus selalu rendah hati dan tidak boleh angkuh/sombong. Meskipun memiliki kekayaan, jabatan, dan kekuasaan, semua tetap sama di hadapan Allah Swt.

Terlebih berlindung dari jahatnya bisikan setan yang selalu bersembunyi pada diri manusia layaknya darah yang mengalir dalam tubuh. Selalu membisikkan hal-hal yang tidak baik secara halus, sehingga bagi manusia yang tidak kuat menahan hawa nafsunya akan melakukan perbuatan yang dilarang oleh Allah Swt.

Allah Swt. berfirman dalam surah An-Nas ayat 1-6,

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ.  مَلِكِ النَّاسِۙ. اِلٰهِ النَّاسِۙ.  مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ.  الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ.  مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِࣖ

Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhannya manusia, Raja manusia, sembahan manusia, dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.

Memohon perlindungan kepada Allah Swt., harus disertai dengan ikhtiar yang sejalan. Tidak hanya pasrah tanpa melakukan apa-apa. Sebagai contoh, jika ingin berlindung dari kelalaian, maka harus berusaha untuk lebih berhati-hati, menahan diri agar tidak bermalas-malasan, serta ikhtiar lain yang menghindarkan lalai.

Baca juga: Naungan Allah Bagi Pemuda | YDSF

Bukti Allah Maha Melindungi (Al-Waliyy)

Allah Swt. memiliki Asmaul Husna yang terdiri dari 99 nama-nama baik bagi-Nya. Salah satunya Al-Waliyy yang berarti Maha Melindungi. Dalam bahasa Arab, Al-Waliyy memiliki beberapa makna lain, yaitu dekat, akrab, penolong, penjaga, dan kepemilikan.

Bukti bahwa Allah Swt. sebagai Dzat Yang Maha Melindungi telah disebutkan dalam Al-Qur’an, di antaranya:

1.    Surah Al Baqarah ayat 257

 

اَللّٰهُ وَلِيُّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا يُخْرِجُهُمْ مِّنَ الظُّلُمٰتِ اِلَى النُّوْرِۗ وَالَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اَوْلِيَاۤؤُهُمُ الطَّاغُوْتُ يُخْرِجُوْنَهُمْ مِّنَ النُّوْرِ اِلَى الظُّلُمٰتِۗ اُولٰۤىِٕكَ اَصْحٰبُ النَّارِۚ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ

 

“Allah pelindung orang yang beriman. Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya (iman). Dan orang-orang yang kafir, pelindung-pelindungnya adalah setan, yang mengeluarkan mereka dari cahaya kepada kegelapan. Mereka adalah penghuni neraka. Mereka kekal di dalamnya.”

2.    Surah Al A’raf ayat 196

 

اِنَّ وَلِيِّ َۧ اللّٰهُ الَّذِيْ نَزَّلَ الْكِتٰبَۖ وَهُوَ يَتَوَلَّى الصّٰلِحِيْنَ

 

Sesungguhnya pelindungku adalah Allah yang telah menurunkan Kitab (Al-Qur'an). Dia melindungi orang-orang saleh.”

 

3.    Surah An Nisa ayat 45

 

وَاللّٰهُ اَعْلَمُ بِاَعْدَاۤىِٕكُمْ ۗوَكَفٰى بِاللّٰهِ وَلِيًّا ۙوَّكَفٰى بِاللّٰهِ نَصِيْرًا

 

Dan Allah lebih mengetahui tentang musuh-musuhmu. Cukuplah Allah menjadi pelindung dan cukuplah Allah menjadi penolong (bagimu).

Baca juga: Inilah Orang yang Dicintai Allah | YDSF

Doa Memohon Perlindungan

Salah satu cara yang paling ampuh untuk mendapatkan perlindungan Allah Swt. adalah dengan berdoa. Allah Swt. sangat menyukai hamba-Nya yang selalu berdoa setiap waktu. Doa menjadi sarana kedekatan Allah dengan hamba-Nya. Sebagaimana dalam Al-Qur’an disebutkan,

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah: 186)

Berikut doa memohon perlindungan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,

اللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ جَحْدِ الْبَلَاءِ، وَدَرَكِ الشَّقَاءِ، وَسُوْءِالْقَضَاءِ، وَشَمَاتَةِالْأَعْدَاءِ

Allahumma Inni, A’udzubika Min Jahdil Bala’i, Wa Darakisy Syaqa’i, Wa Suu’il Qadha’i, Wa Syamatati A’daa’i

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari susahnya bala (bencana), tertimpa kesengsaraan, keburukan qada’ (takdir), dan kegembiraan para musuh.” (HR. Bukhari & Muslim)

Semoga Allah selalu melindungi kita dan keluarga kita di manapun berada. Aamiin Yaa Rabbal 'Alamiin.

 

Sedekah dari Rumah:


 
Kisah Rumah Bambu yang Nyaris Roboh:



Artikel Terkait:

Allah Lebih Melihat Keikhlasan | YDSF
Menguatkan Sesama dengan Berjamaah | YDSF
Tips Meraih Pahala Terbaik dari Allah | YDSF
Mencari Sumber-sumber Ketenangan Jiwa | YDSF
Karakteristik Para Hamba yang Dicintai Allah  | YDSF
Cara Mencari Berkah (Tabarruk) Allah Sesuai Syariat Islam | YDSF
Tanda-Tanda Allah Memberi Hidayah | YDSF

Tags: doa, doa memohon perlindungan, perlindungan Allah

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: