ZAKAT MAAL

Tunaikan Zakat untuk Investasi Terbaik di Akhirat
Ingin memiliki investasi terbaik saat di akhirat kelak? 
Allah Swt. berfirman,
“Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’.” (QS. Al-Baqarah: 43).
 
Zakat merupakan amalan yang wajib ditunaikan. Utamanya, karena zakat juga disebutkan dalam rukun Islam. Untuk zakat maal, wajib ditunaikan saat seseorang telah memenuhi nishab dan haul zakat. Sedangkan pada zakat fitrah, wajib ditunaikan oleh setiap umat muslim.
 
Penjelasan detail tentang zakat, klik
https://bit.ly/ZakatdalamIslam
 
Yuk, segera tunaikan zakat! Selain sebagai pembersih harta juga dapat menjadi bekal investasi terbaik di akhirat.
Aamiin. 


Rp

SEDEKAH HARIAN

Meski hidup sederhana, jangan sampai sedekah kita hanya sekadarnya saja! ⁣

“Tidaklah seseorang bersedekah dengan sebutir kurma dari hasil kerjanya yang halal melainkan Allah akan mengambil sedekah tersebut dengan tangan kanan-Nya lalu Dia membesarkannya sebagaimana ia membesarkan anak kuda atau anak unta betinanya hingga sampai semisal gunung atau lebih besar dari itu.”

(HR. Muslim)⁣

Rp

WAKAF TUNAI

Munculnya aset wakaf yang berasal dari menghimpun dana dikenal dengan istilah Wakaf Tunai (Cash Waqf). Secara teknis pengelolaan aset dengan Wakaf Tunai sama seperti prinsip wakaf dengan barang atau modal tidak bergerak. Sehingga, aset yang dikelola atau didapatkan dari Wakaf Tunai juga bersifat lebih kekal. Bahkan, tidak boleh dirubah akad dan pemanfaatannya.

Salah satu bentuk pengembangan dari Wakaf Tunai dapat menjadi modal untuk digunakan dalam pengelolaan Wakaf Produktif. Yaitu, mengelola dana Wakaf Tunai menjadi produktif dan menghasilkan surplus (lebihan dana) berkelanjutan. Dengan adanya surplus wakaf inilah, muncul sumber dana abadi bagi pembiayaan kebutuhan umat.

Pada abad ke-15 H, praktik Wakaf Tunai menjadi sangat populer di Turki, bahkan menjadi sumber dana yang digunakan untuk mengelola biaya pendidikan, kesehatan, dan kegiatan sosial umat Islam. Itulah salah satu sebab Kerajaan Ottoman menjadi sangat maju dan sejahtera selama tiga ratus tahun saat itu. 

Kembangkan Wakaf Secara Strategis 

Oleh karena itu, demi dapat menjadi salah satu bagian dari sejarah kemajuan dan kesejahteraan umat, YDSF mengajak para donatur untuk bergerak bersama dalam pengembangan wakaf. Dalam pengembangannya nanti, wakaf yang dikelola oleh YDSF pun tidak hanya terbatas pada 4M.

Melalui wakaf tunai ini, Sahabat dapat berpartisipasi dalam turut mengembangkan program-program wakaf YDSF, yaitu Wakaf Air Bersih, Wakaf Perahu, Wakaf Pondok Pesantren Jombang, dan Kompleks Wakaf YDSF di Lereng Merapi, Yogyakarta. 


PROGRAM WAKAF AIR

PROGRAM WAKAF PERAHU

PROGRAM WAKAF PONDOK TAHFIDZ WONOSALAM

KOMPLEKS WAKAF YDSF LERENG YOGYAKARTA



Rp

PEDULI YATIM

Memiliki kondisi keluarga dengan orangtua yang lengkap adalah sebuah anugerah dan nikmat yang sangat besar. Namun, tak semua anak bisa merasakan hangatnya dekapan dan kasih sayang orangtua lengkap yang sesungguhnya. Selain itu, banyak dari saudara-saudara yatim kita yang juga tak bisa mengenyam pendidikan selayaknya.

Mari kita maksimalkan dengan berbagi meringankan para anak yatim. Sebagaimana dalam Islam, mengasihi dan mencintai yatim adalah sunnah. Untuk kita, tak hanya mendatangkan berkah, namun juga memberikan manfaat berharga bagi mereka.

Dana yang terkumpul akan disalurkan untuk beasiswa pendidikan dan biaya hidup untuk keluarga yatim. Para donatur juga bisa ikut melakukan kunjungan ke panti-panti yatim binaan YDSF.

Yuk, tebar kebahagiaan untuk anak-anak yatim dengan memberikan infaq terbaik kita melalui Program ini.

Rp

JARIYAH PEMBANGUNAN MASJID

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ بَنَى اللَّهُ لَهُ فِى الْجَنَّةِ مِثْلَهُ

Siapa yang membangun masjid karena Allah, maka Allah akan membangun baginya semisal itu di surga.” (HR. Bukhari no. 450 dan Muslim no. 533).


Kata Imam Nawawi rahimahullah, maksud akan dibangun baginya semisal itu di surga ada dua tafsiran:

1- Allah akan membangunkan semisal itu dengan bangunan yang disebut bait (rumah). Namun sifatnya dalam hal luasnya dan lainnya, tentu punya keutamaan tersendiri. Bangunan di surga tentu tidak pernah dilihat oleh mata, tak pernah didengar oleh telinga, dan tak pernah terbetik dalam hati akan indahnya.

2- Keutamaan bangunan yang diperoleh di surga dibanding dengan rumah di surga lainnya adalah seperti keutamaan masjid di dunia dibanding dengan rumah-rumah di dunia. (Syarh Shahih Muslim, 5: 14)

Sumber https://rumaysho.com/11599-keutamaan-membangun-masjid-walau-hanya-memberi-satu-bata.html

Donasi dari program ini nanti akan disalurkan dalam bentuk Besi, Pasir, Batu, Semen, dan Keramik.

Rp

SEDEKAH AIR BERSIH

Sejak awal dibangun hingga hari ini, Yayasan Al-Qalam Tompong yang berada di Desa Nampar Sepang, Sambi Rampas, Manggarai Timur, NTT masih kesulitan mendapatkan air bersih. Faktor geografis pondok pesantren Al-Qalam cukup jauh dari lokasi sumber air bersih yang ada.

Meskipun di perkampungan telah dibangun pipanisasi dan bak induk untuk menampung air bersih tersebut, pondok pesantren sering kehabisan air bersih karena jarak bak induk ke pesantren lebih kurang 3,5 km, sementara kebutuhan perkampungan mencakup 50 KK.

Sahabat, mari kita bantu pembangunan pipanisasi air bersih dari sumber air ke Pondok Pesantren Al-Qalam guna mencukupi kebutuhan air bersih baik untuk minum, mandi, dan berwudhu bagi anak-anak yatim dan duafa yang ada di sana.

Masih ada puluhan titik lain yang sangat layak kita bantu juga. Ayo ikut 

Rp
Berbagi kebaikan lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: