ZAKAT MAAL

Maal berasal dari kata bahasa Arab artinya harta atau kekayaan (al-amwal, jamak dari kata maal) adalah “segala hal yang diinginkan manusia untuk disimpan dan dimiliki” (Lisan ul-Arab). Menurut Islam sendiri, harta merupakan sesuatu yang boleh atau dapat dimiliki dan digunakan (dimanfaatkan) sesuai kebutuhannya.

Oleh karena itu dalam pengertiannya, zakat maal berarti zakat yang dikenakan atas segala jenis harta, yang secara zat maupun substansi perolehannya tidak bertentangan dengan ketentuan agama.

Sebagai contoh, zakat maal terdiri atas simpanan kekayaan seperti uang, emas, surat berharga, penghasilan profesi, aset perdagangan, hasil barang tambang atau hasil laut, hasil sewa aset dan lain sebagainya.

Rp

PEDULI ANAK YATIM

Memiliki kondisi keluarga dengan orangtua yang lengkap adalah sebuah anugerah dan nikmat yang sangat besar. Namun, tak semua anak bisa merasakan hangatnya dekapan dan kasih sayang orangtua lengkap yang sesungguhnya. Selain itu, banyak dari saudara-saudara yatim kita yang juga tak bisa mengenyam pendidikan selayaknya.

Mari kita maksimalkan dengan berbagi meringankan para anak yatim. Sebagaimana dalam Islam, mengasihi dan mencintai yatim adalah sunnah. Untuk kita, tak hanya mendatangkan berkah, namun juga memberikan manfaat berharga bagi mereka.

Dana yang terkumpul akan disalurkan untuk beasiswa pendidikan dan intervensi gizi untuk yatim. Para donatur juga bisa ikut melakukan kunjungan ke panti-panti yatim binaan YDSF.

Yuk, tebar kebahagiaan untuk anak-anak yatim dengan memberikan infaq terbaik kita melalui Program ini.

Rp

SEDEKAH HARIAN

Meski hidup sederhana, jangan sampai sedekah kita hanya sekadarnya saja! ⁣

“Tidaklah seseorang bersedekah dengan sebutir kurma dari hasil kerjanya yang halal melainkan Allah akan mengambil sedekah tersebut dengan tangan kanan-Nya lalu Dia membesarkannya sebagaimana ia membesarkan anak kuda atau anak unta betinanya hingga sampai semisal gunung atau lebih besar dari itu.”

(HR. Muslim)⁣

Rp

CINTA GURU QUR'AN

Guru Quran. Salah satu penggerak utama dalam mencetak generasi rabbani.
 
Mereka merupakan golongan fisabilillah yakni orang-orang yang bekerja di jalan dakwah serta tegaknya syariat Islam. Niat yang ikhlas dan baik ini terkadang belum mendapat apresiasi yang sebagaimana mestinya. Memang, mengajarkan ilmu terutama ilmu agama hendaknya tanpa pamrih.

Sebagai penghargaan kami kepada guru Quran, YDSF memiliki program yang memberikan hadiah THR kepada mereka.

YDSF mengajak Anda berkontribusi bersama-sama dalam Santunan Guru Quran. Sasaran dari program ini adalah guru-guru TPQ dan Madrasah yang mendapatkan gaji di bawah 400ribu perbulannya dan bahkan banyak diantara mereka yang tidak dapat gaji.
Mari cetak generasi Rabbani dengan ikut mensejahterakan Guru Quran bersama YDSF.

Rp

SEDEKAH AL QUR'AN

Sahabat YDSF, bulan Ramadhan yang sebentar lagi tiba adalah bulan di mana Allah Swt. menurunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk dan kabar gembira bagi umat Islam. Allah Swt. berfirman dalam surah Al-Isra ayat 9:
“Sesungguhnya Al-Qur'an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar,”

Sahabat, alhamdulillah, para santri di Dusun Kalimbua, Desa Taan, Kec. Tapalang, Kab. Majene telah menerima bantuan Al-Qur’an. Namun masih banyak para santri di pelosok desa lainnya yang juga membutuhkan mushaf kitab suci untuk mereka belajar membaca dan menghafalkannya.

Mari berikan sedekah terbaik kita, mudahkan para santri lantunkan ayat suci di bulan Ramadhan yang sebentar lagi tiba.

Rp

SEDEKAH SEMBAKO

Sedekah Sembako Bahagiakan Saudara Dhuafa

Nenek Siti Aminah (70) adalah salah satu penerima manfaat sedekah sembako beberapa waktu lalu. Hidup seorang diri membuatnya harus berdagang rujak keliling agar dapat mencukupi kebutuhannya sehari-hari. Sering ia berlapang dada karena dagangan yang sepi pembeli, tak seramai sebelum Covid-19 mewabah.

Nenek Siti Aminah hanyalah satu di antara banyak sekali duafa yang membutuhkan uluran tangan kita. Sahabat, jangan biarkan saudara dhuafa berjuang sendiri di tengah pandemi yang tak kunjung usai. Manfaatkan momentum bulan Ramadhan ini untuk berbagi bahagia dengan mereka.

Rp

SEDEKAH AIR BERSIH

Sejak awal dibangun hingga hari ini, Yayasan Al-Qalam Tompong yang berada di Desa Nampar Sepang, Sambi Rampas, Manggarai Timur, NTT masih kesulitan mendapatkan air bersih. Faktor geografis pondok pesantren Al-Qalam cukup jauh dari lokasi sumber air bersih yang ada.

Meskipun di perkampungan telah dibangun pipanisasi dan bak induk untuk menampung air bersih tersebut, pondok pesantren sering kehabisan air bersih karena jarak bak induk ke pesantren lebih kurang 3,5 km, sementara kebutuhan perkampungan mencakup 50 KK.

Sahabat, mari kita bantu pembangunan pipanisasi air bersih dari sumber air ke Pondok Pesantren Al-Qalam guna mencukupi kebutuhan air bersih baik untuk minum, mandi, dan berwudhu bagi anak-anak yatim dan duafa yang ada di sana.

Rp