Doa Diberi Ketenangan Hati dan Kecukupan | YDSF

Doa Diberi Ketenangan Hati dan Kecukupan | YDSF

19 Juni 2023

Siapa yang tak ingin memiliki ketenangan dan kecukupan hati? Tentu, setiap dari kita menginginkannya. Beberapa orang, ada yang mencari ketenangan dengan melakukan sesuatu yang diinginkan. Seperti healing ke tempat wisata, makan sepuasnya, bahkan ada pula yang sampai ke tempat maksiat. Naudzubillah.

Setelah melakukan hal-hal yang diinginkan tersebut, lantas apa yang didapatkan? Memang, ada sedikit ketenangan dan kepuasan hati, saat menjalani keinginan tersebut. Namun, rasa gelisah, gundah, dan keluh kesah pasti lambat laun akan datang lagi setelahnya. Sebab, kita belum menyadari sumber ketenangan abadi yang sesungguhnya.

Dalam Al-Qur’an, Allah Swt. berfirman,

ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ ٱللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ ٱللَّهِ تَطْمَئِنُّ ٱلْقُلُوبُ

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-Ra’d: 28)

Yap! Sumber ketenangan abadi yang sesungguhnya ialah dari Allah Swt. Hanya dengan mengingat Allah Swt. melalui amal ibadah, kita bisa meraih ketenangan yang kita inginkan. Sebagaimana janji Allah dalam ayat di atas.

Baca juga: Tips Menjaga Hati | YDSF

Cara Mendapat Ketenangan dan Kecukupan Hati yang Hakiki

Memiliki hati yang tenang dan cukup merupakan salah satu bentuk rezeki dari Allah Swt. yang patut untuk disyukuri. Dengan ketenangan hati, kita bisa menjalani kehidupan semakin nyaman serta terasa mudah melaluinya, meski terdapat suatu masalah.

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan agar selalu mendapatkan ketenangan dan kecukupan hati. Di antaranya:

1.    Memperbanyak rasa syukur

Hal pertama yang harus kita lakukan saat ingin hati merasa tenang dan cukup, ialah memperbanyak rasa syukur. menyadari bahwa segala nikmat yang kita dapatkan di dunia ini merupakan anugerah dari Allah Swt. Dan setiap makhluk ciptaan-Nya, pasti akan mendapat kenikmatan sesuai porsinya.

Apabila kita mengeluh, sebanyak apapun nikmat yang diberikan Allah Swt., pasti akan selalu merasa kurang. Sehingga hati akan terus gelisah dan gundah. Sebaliknya, bila kita mensyukuri nikmat Allah mulai dari yang terkecil, tentu hati kita akan merasa cukup dan tenang. Bahkan, dengan bersyukur, Allah Swt. akan otomatis menambah nikmat untuk kita (QS. Ibrahim: 7)

2.    Menunaikan shalat sunah

Salah satu tujuan umat muslim dianjurkan memperbanyak shalat sunah setelah shalat fardhu ialah sebagai penenang hati, pikiran, jiwa, bahkan fisik yang terasa lelah. Sebab, ketika seorang hamba menunaikan shalat, sejatinya ia sedang menghadap Allah Swt. Menyampingkan sejenak urusan duniawi dan memberikan kesempatan pada diri sendiri untuk berkomunikasi dengan-Nya.

Dalam hadits, Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya shalat dijadikan untukku sebagai penenang hati.” (HR an-Nasa’i).

3.    Memperbanyak dzikir

Sebagai umat muslim, kita meyakini bahwa sumber ketenangan hati yang hakiki, sejatinya ialah dari Allah Swt. Maka, mengingat Allah menjadi salah satu alternatif terbaik yang  bisa kita lakukan.

Bagaimana caranya? Yakni dengan istiqamah memperbanyak bacaan dzikir.

Nabi saw. bersabda, “Ucapan yang amat disenangi disisi Allah SWT itu ada empat, yaitu: Subhanallah (Maha Suci Allah), Alhamdulillah (Segala Puji bagi Allah), La ilaha illallah (Tidak ada Tuhan yang patut disembah kecuali Allah) dan Allahu Akbar (Allah Maha besar). Tidak ada halangan engkau memulai dari yang manapun diantara keempat kalimat tersebut.” (HR. Muslim).

4.    Berbagi kebaikan kepada sesama

Berbagi kebaikan juga dapat mendatangkan ketenangan dan kecukupan hati bagi kita. Kebaikan yang dimaksud bisa berupa membantu seseorang yang butuh pertolongan hingga menyisihkan sebagian rezeki untuk mereka yang membutuhkan.

Sebagaimana Allah Swt. berfirman, “Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Rabbnya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS. Al-Baqarah: 274)

Baca juga: Waktu Terbaik Terkabulnya Doa | YDSF

5.    Berdoa kepada Allah Swt.

Hal yang tak kalah penting saat kita menginginkan ketenangan dan kecukupan hati ialah berdoa kepada Allah Swt. Hanya Allah-lah Sang Maha Segalanya, yang bisa membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin dan yang bisa mengabulkan segala permohonan hamba-Nya. Termasuk bila ingin mendapatkan hati yang tenang nan cukup.

Dalam Al-Qur’an, Allah berfirman, “Berdo’alah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas (melampaui batas tentang yang diminta dan cara meminta).” (QS. Al-A’raf: 55).

 

Doa Agar Diberi Ketenangan Hati dan Kecukupan

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa tatkala hati sedang merasa gelisah, Rasulullah saw. mengucapkan doa sebagai berikut,

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthmainnah, tu’minu biliqaika wa tardha bi qadhaika wataqna’u bi ’athaika.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridha dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.” (HR. Thabrani).

 

Semoga Allah Swt. senantiasa memberikan karunia berupa ketenangan dan kecukupan hati kita. Aamiin. (yul)

 

Featured Image by unsplash

 

Qurbanmu Bisa Jauh, Tapi Kamu Ga Perlu Pergi Jauh:


 

Artikel Terkait:

Keutamaan 10 Hari Pertama Dzulhijjah | YDSF
Contoh Istiqomah dalam Beribadah | YDSF
Amalan Ringan Berpahala Besar | YDSF
Makna Qurban dalam Islam | YDSF
Karakteristik Para Hamba yang Dicintai Allah  | YDSF
Haid, Tidak Boleh Ngaji dan Dzikir? | YDSF
4 Hal Pemicu Kerasnya Hati | YDSF

Tags: doa, doa islam, doa harian, doa mohon ketenangan hati, kecukupan hati

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: