UPDATE NEWS

...

Wednesday, 6 November 2019 03:00

Waktu Terbaik Terkabulnya Doa | YDSF

Kebiasaan baik untuk berdoa memang telah ditanamkan oleh banyak orang tua sejak anaknya masih kecil. Namun, terkadang kita lupa atau bahkan belum mengetahui kapan saja waktu terkabulnya doa. Terlebih lagi, bila kita juga mengamalkan doa-doa yang sesuai dengan ajaran sunnah Rasulullah.

Allah Swt mengikat kita dengan doa-doa dalam keseharian, seperti doa mau makan, doa keluar rumah, bahkan saat turunnya hujan juga dianjurkan untuk berdoa. Tujuannya tak lain adalah agar kita selalu ingat dan berusaha mendekatkan diri dengan Allah ta’ala. Doa adalah kunci. Itulah yang sering kita pegang. Karena melalui doa juga menjadi salah satu pengantar kita dalam mencurahkan segala keluh kesah, isi hati, dan keinginan.

Untuk mengiringi doa, hendaknya juga dihantarkan dengan kekhusyukan dan keikhlasan secara penuh dari hati. Maka, inilah enam waktu terbaik dikabulkannya sebuah doa:

  1. Sepertiga malam terakhir

Dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda,

يَتَنَزَّلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ ، مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ ، وَمَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

“Rabb kita tabaroka wa ta’ala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata: ‘Siapa yang berdoa pada-Ku, aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta pada-Ku, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun pada-Ku, pasti akan Kuampuni’.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

  1. Saat adzan

Saat adzan berkumandang, memang kita dianjurkan untuk menjawabnya. Namun, Rasulullah Saw juga mengajarkan untuk menyelipkan doa saat adzan berkumandang, karena saat itu juga merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa.

Rasulullah bersabda,

ثنتان لا تردان أو قلما تردان الدعاء عند النداء وعند البأس حين يلحم بعضهم بعضا

“Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya. Yaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang.” (HR. Abu Daud)

 

  1. Antara adzan dan iqamat

Bila saat adzan berkumandang dan kita belum sempat atau lupa untuk menyelipkan doa kepada Allah, masih ada waktu yang juga mustajab untuk berdoa sesudahnya. Waktu tersebut adalah di antara adzan dan iqamat.

Rasulullah Saw bersabda,

الدعاء لا يرد بين الأذان والإقامة

“Doa di antara adzan dan iqamah tidak tertolak.” (HR. Tirmidzi).

 

  1. Di akhir shalat-shalat wajib (lima waktu)

Terkadang shalat hanya kita jalankan sebagai pemenuhan sebuah kewajiban semata. Kita tidak benar-benar memahami makna bermesra-mesraan dengan Allah dalam shalat. Padahal, di dalam shalat juga menjadi salah satu waktu paling tepat untuk berdoa.

Rasulullah Saw bersabda,

قيل يا رسول الله صلى الله عليه وسلم أي الدعاء أسمع قال جوف الليل الآخر ودبر الصلوات المكتوبات

“Ada yang bertanya: Wahai Rasulullah, kapan doa kita didengar oleh Allah? Beliau bersabda: “Di akhir malam dan diakhir shalat wajib.” (HR. Tirmidzi).

 

  1. Saat imam naik ke atas mimbar pada hari Jum’at, hingga selesainya shalat Jum’at tersebut

Diriwayatkan dari Abu Musa Al Asy’ari, Rasulullah Saw bersabda,

هي ما بين أن يجلس الإمام إلى أن تقضى الصلاة

“Waktu tersebut adalah ketika imam naik mimbar sampai shalat Jum’at selesai.” (HR. Muslim)

Pendapat ini digunakan oleh sebagian imam besar, yaitu Imam Muslim, Imam An Nawawi, Ibnul Arabi, dan Al Baihaqi.

 

  1. Saat-saat terakhir setelah waktu Ashar

Dari Jabir bin ‘Abdillah ra, Rasulullah bersabda,

يَوْمُ الْجُمُعَةِ ثِنْتَا عَشْرَةَ يُرِيدُ سَاعَةً لاَ يُوجَدُ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ شَيْئًا إِلاَّ آتَاهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ فَالْتَمِسُوهَا آخِرَ سَاعَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ

“(Waktu siang) di hari Jum’at ada 12 (jam). Jika seorang muslim memohon pada Allah ‘azza wa jalla sesuatu (di suatu waktu di hari Jum’at) pasti Allah ‘azza wa jalla akan mengabulkannya. Carilah waktu tersebut yaitu di waktu-waktu akhir setelah ‘Ashar.” (HR. Abu Daud).

Itulah waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa. Waktu-waktu yang paling tepat agar peluang terkabulnya doa menjadi lebih besar. Mari, kita manfaatkan waktu-waktu itu dengan memanjatkan doa-doa terbaik kita. (Ayu SM)

 

Baca juga:

13 Adab dalam Berdoa | YDSF

Bagaimana Cara Membedakan Bid’ah atau Bukan?

Contoh Istiqomah dalam Beribadah | YDSF

Waspadai Perkara Perusak Amal | YDSF

Amalan Ringan Berpahala Besar

Karakteristik Para Hamba yang Dicintai Allah  | YDSF

Segera Konsultasikan Zakat Anda di YDSF

Share: