Cara Mencegah atau Menghindari Sinusitis | YDSF

Cara Mencegah atau Menghindari Sinusitis | YDSF

20 Desember 2022

Sinusitis jarang langsung terjadi pada seseorang. Sinusitis terjadi ketika dinding rongga hidung kita membengkak dan menyebabkan pembuntuan aliran udara. Bengkak pada rongga hidung umumnya disebabkan oleh infeksi virus flu.

Seseorang biasanya menderita flu ringan sebanyak 2-3 kali setahun. Hal ini wajar terjadi, karena virus flu mudah mengalami mutasi yang biasanya terjadi saat perubahan musim. Apabila kita sudah menderita flu, umumnya akan ada rentang waktu beberapa bulan di mana sistem imun siap melawan virus flu, sehingga infeksi berikutnya tidak terjadi selama rentang waktu tersebut.

Namun apabila kita terpapar oleh virus flu yang sudah bermutasi, misalkan setelah perubahan musim atau saat kita bepergian ke kota lain, sistem imun tidak siap menghadapi serangan virus flu, sehingga virus flu kembali mampu menginfeksi rongga hidung kita.

Baca juga: Mengatasi Sering Sakit Saat Musim Hujan | YDSF

Kita dapat menghindari terinfeksi virus flu dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Virus flu mudah menyebar melalui tetesan kecil dahak yang menempel pada benda-benda di sekitar orang yang sakit batuk, seperti pada gagang pintu, serbet, atau pegangan tangga. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah virus flu atau sinusitis, di antaranya:

1.    Mencuci tangan dengan sabun sebelum makan/minum dan setelah keluar dari kamar mandi untuk menghindari penularan virus flu. Jangan menyentuh area muka dengan tangan yang tidak dicuci.

2.    Hindari orang yang sakit batuk dan perokok, serta gunakan masker saat bepergian. Bagi seorang perokok aktif, dianjurkan untuk berhenti merokok.

3.    Saat virus flu menginfeksi rongga hidung, virus akan menyebabkan radang di area rongga hidung kita. Sinusitis akan terjadi apabila terdapat radang yang berat. Untuk mencegah proses radang berat yang menimbulkan sinusitis, disarankan untuk menghirup uap hangat atau mengonsumsi obat flu dan batuk yang banyak beredar di pasaran.

4.    Tidak perlu mengonsumsi antibiotik, karena radang ini disebabkan oleh virus yang tidak dapat disingkirkan oleh antibiotik.

5.    Perbanyak mengonsumsi air putih, sumber protein seperti telur dan tempe, serta sumber vitamin seperti buah-buahan dan sayur-sayuran untuk membantu sistem imun melawan virus.

Pada umumnya radang akibat virus akan selesai dengan sendirinya setelah 7-10 hari. Apabila sudah mencoba seluruh langkah di atas namun kondisi hidung tetap buntu, kemungkinan besar terdapat sesuatu selain virus yang menyebabkan hidung hal tersebut tetap terjadi. Sebab lain ini contohnya seperti alergi, infeksi bakteri, atau cacat pada rongga hidung. Penyebab yang berbeda membutuhkan pengobatan yang berbeda, sehingg perlu menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca juga: Pola Hidup Sehat Tingkatkan Imunitas Tubuh | YDSF

Dalam proses penyembuhan sinusitis, salah satu hal yang sangat jarang dilakukan yakni operasi. Sebab, operasi hanya diperlukan bagi mereka yang memiliki cacat pada rongga hidung. Selain itu, metode penggunaan irigasi hidung atau memasukkan cairan isotonik hangat yang dialirkan ke satu rongga hidung dan dikeluarkan melalui rongga hindung satunya, juga tidak disarankan bagi penderita sinusitis.

Hal tersebut tidak disarankan, karena ingus akan semakin masuk ke hidung yang lebih dalam, akibat dorongan cairan irigasi. Apabila cairan isotonik yang digunakan tidak steril dan terkontaminasi, maka akan menyebabkan kuman masuk ke dalam rongga hidung. Hal itu justru tidak akan membuat sinusitis sembuh, boleh jadi malah lebih parah.

Fungsi utama irigasi adalah menghangatkan dan membersihkan ingus yang ada di rongga hidung, bukan membunuh virus dan bakteri. Menghirup uap hangat saja sebenarnya sudah dapat menghangatkan rongga hidung, sehingga irigasi hidung tidak mutlak diperlukan. Irigasi memang dapat membantu pada beberapa kasus sinusitis, terutama pada sinusitis yang disebabkan oleh alergi. Namun identifikasi sinusitis alergi membutuhkan dokter, sehingga sebaiknya disarankan tidak melaksanakan irigasi hidung sebelum berkonsultasi terlebih dahulu.

 

Sumber: Majalah Al Falah Edisi Agustus 2020

 

Sedekah Online:


 

Artikel Terkait:

Sabar Menghadapi Ujian Sakit | YDSF
Jamak Shalat Karena Sakit | YDSF
Tips Tetap Mendapat Pahala Saat Sakit | YDSF
Jangan Melakukan Hal Ini Saat Sakit | YDSF
Hadits Tentang Puasa Dapat Membuat Sehat | YDSF
Layanan Operasi Hernia YDSF
Makanan Peningkat Imunitas (Kekebalan) Tubuh | YDSF
Gerakan Shalat dan Terapi untuk Kesehatan | YDSF
Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Jiwa, Dari Awal Hingga Akhir | YDSF

Tags: sinusitis, obat sinusitis, mencegah sinusitis

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: