Mengatasi Sering Sakit Saat Musim Hujan | YDSF

Mengatasi Sering Sakit Saat Musim Hujan | YDSF

11 Februari 2022

Memasuki musim hujan, menjadi salah satu momen rentannya seseorang untuk sakit. Berbagai badai penyakit dapat datang dan hinggap dengan mudah di badan. Perubahan cuaca dan suhu ekstrem, mempengaruhi daya tahan tubuh yang kemudian membuat kita menjadi lebih mudah sakit saat musim hujan.

Penyakit yang sering muncul dan menyerang banyak orang saat musim hujan yaitu diare, flu, demam berdarah, malaria, dan tipes. Namun, karena saat ini kita juga sedang hidup berdampingan dengan Covid-19, maka akan harus lebih waspada dan berhati-hati saat menjaga diri dari penyakit. Belum lagi beberapa gejala dari Covid-19 yang sering kali mirip dengan penyakit lain.

Mengetahui Penyebab Sering Sakit Saat Musim Hujan

Sebuah penyakit dapat menyerang seseorang dari berbagai rentang umum dan jenis kelamin. Daya tahan tubuh seseorang juga akan berbeda, dari tahun ke tahun. Hal yang mempengaruhinya pun banyak. Bukan hanya faktor umur, tetapi gaya hidup dan makanan sehat dapat menjadi penunjang daya tahan tubuh yang lebih baik meski usia tak lagi muda.

Tetapi, juga ada beberapa kasus ketika seseorang memasuki usia tiga dasawarsa, akan lebih mudah merasa sakit, utamanya ketika memasuki musim hujan. Tak jarang, setiap habis kehujanan, keesokan harinya demam, meskipun telah memakai mantel. Bahkan, saat terkena hawa dingin, badan juga dapat menunjukkan gejala demam. Meski dulunya sering terpapar langsung air hujan dan tetap baik-baik saja. Semua itu dapat berubah.

Sehingga, untuk mengetahui penyebab mudahnya seseorang sering sakit ketika musim hujan, memerlukan data informasi tambahan dan laboratorium. Perlu pemeriksaan laboratorium terkait HB, fungsi jantung, fungsi hati, fungsi ginjal. Karena kondisi yang dialami bisa disebabkan kekurangan salah satu organ atau beberapa organ. Pemeriksaan laboratorium ini perlu dilakukan berkala setiap 6 bulan.

Bila setiap pemeriksaan ternyata hasilnya berada pada range normal, bukan berarti tidak ada sama sekali penyakit. Tetapi derajat penyakitnya ringan sehingga belum sampai berpengaruh pada hasil pemeriksaan laboratorium.

Baca juga: TIPS TETAP MENDAPAT PAHALA SAAT SAKIT | YDSF

Saat ini cukup banyak pasien mengalami penyakit autoimmun ringan dengan hasil laboratorium yang masih berada di rentang normal. Bila hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan normal semua, maka masih mungkin ada penyakit autoimmun yang derajatnya ringan. Autoimmun ini banyak jenis penyakitnya. Di antaranya rheumatoid arthritis, lupus, dan ITP. Tidak selalu tingkat yang berat.

Maka, langkah yang perlu dilakukan adalah konsultasi teratur ke dokter penyakit dalam untuk mencari tahu kondisi tubuh. Dan, kemudian mengetahui langkah antisipasi atau medis apa yang perlu diambil.

Tips Mengatasi Sakit di Musim Hujan

Mengingat kondisi dan daya tubuh dari masing-masing orang berbeda-beda, maka kita juga tidak bisa bersikap sama saat musim hujan tiba. Seseorang dengan daya tahan tubuh yang lebih rentan pada saat musim hujan, sebaiknya memiliki langkah antisipasi yang lebih ekstra dibandingkan orang lain pada umumnya.

Beberapa langkah yang dapat dilakukan agar tidak sering sakit di saat musim hujan, antara lain:

  1. Terus mengenali sinyal sinyal tubuh,
  2. Di saat musim hujan kurangi aktivitas dari biasanya,
  3. Asupan protein ditambah (berasal dari telor, daging, ikan, ayam, susu dll),
  4. Tidur yang cukup,
  5. Usahakan kehangatan tubuh selalu memadai dengan cara pakai jaket dll. Demikian semoga bermanfaat.

 

Disadur dari Majalah Al Falah Edisi Maret 2021


Sedekah Mudah, Klik:


 

Featured Image by Pexels.

 

Artikel Terkait:
SASARAN DISTRIBUSI PENERIMA SEDEKAH | YDSF
Apa Itu Wakaf? Pengertian, Dalil, dan Hukum Wakaf | YDSF
Jamak Shalat Karena Sakit | YDSF
DOA MINTA REZEKI HALAL DAN BERLIMPAH SESUAI SUNNAH | YDSF
Huntara untuk Korban Bencana | YDSF
JANGAN MELAKUKAN HAL INI SAAT SAKIT | YDSF

Tags: sering sakit saat hujan, mengatasi sakit saat hujan, sakit saat hujan

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: