UPDATE NEWS

...

Friday, 27 March 2020 07:00

Pola Hidup Sehat Tingkatkan Imunitas Tubuh | YDSF

Covid-19 yang telah semakin luas persebarannya di Indonesia membuat beberapa masyarakat menjadi panic buying. Mulai dari masker, hand sanitizer, hingga produk-produk obat multivitamin diborong. Hingga habis di pasaran. Sayangnya, panic buying ini masih tidak disertai dengan pola hidup sehat. Yang sebenarnya justru menjadi salah satu kunci dalam meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh.

Bagi beberapa orang merasa dengan mengkonsumsi multivitamin saja sudah cukup. Padahal tidak. Justru pola hidup sehat memiliki peranan yang juga penting agar penyakit tidak mudah menyerang tubuh kita.

Tips pola hidup sehat untuk tingkatkan imunitas tubuh

> Makanan bergizi dan teratur

Body shamming kerap terjadi. Hingga membuat seseorang diet berlebihan dan melupakan nutrisi tubuh. Tak sedikit juga yang melakukan sebaliknya. Makan berlebihan agar terlihat ideal.

Padahal, makanan yang kita konsumsi juga berpengaruh dalam sehat atau tidaknya tubuh. Selain bergizi, kita juga harus makan secara teratur dengan porsi yang cukup. Jangan sampai terlewat dari waktu makan atau bahkan  mengurangi waktu makan, misal sehari hanya dua kali atau sekali saja makannya.

Di artikel sebelumnya, kami sudah membahas makanan apa saja yang dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh.

 

> Istirahat yang cukup

Saat kita tidur, tubuh mengeluarkan sitokin yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh, mulai dari melawan infeksi hingga peradangan. Namun, jika kita kurang tidur, maka tubuh tidak bisa menghasilkan sitokin dalam jumlah yang cukup. Kerja sel dalam melawan infeksi dan bakteri pun menjadi berkurang.

Untuk orang dewasa membutuhkan 7-8 jam waktu tidur, remaja 9-10 jam, dan balita 12-14 jam dalam seharinya.

 

> Olahraga

Olahraga, simpel namun sering kali diremehkan oleh banyak orang. Ada yang menganggap terlalu ribet, ada pula yang merasa tidak punya waktu. Padahal dengan berolahraga ringan saja seperti stretching di rumah hanya dalam 30 menit sudah bisa membantu kebugaran tubuh. Rajin olahraga membantu tubuh kita memproduksi hormon endorfin yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

 

> Perbanyak minum air putih

Air putih juga sangat berperan dalam memberikan imunitas tubuh. Karena, 80% penyusun tubuh kita adalah cairan. Sehingga kadarnya perlu diperhatikan. Air juga sangat berfungsi sebagai saran transportasi nutrisi dari makanan yang telah dicerna ke sel-sel tubuh.

 

> Mengatur stres dan pikiran

Ini yang sering dibilang susah. Pikiran yang terlalu panjang dan berat, ternyata juga bisa membuat daya tahan tubuh melemah. Hal ini dikarenakan stres yang tidak terkendali dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Meskipun hormon kortisol juga bagus berperan dalam merespon stre atau rangsang dari luar bahkan dapat juga mengatur gula darah, namun bila berlebihan juga menimbulkan efek negatif. Yakni disebut dengan cushing syndrome.

Pada kondisi ini akan menyebabkan banyak masalah dan gangguan pada sistem tubuh, salah satunya adalah membuat sistem imun tubuh melemah.

Nah, dari tips di atas, jangan lupa juga untuk hindari merokok ya! Karena paru-paru perokok paling rentan terkena penyakit. (asm)

 

Foto cover: Designed by pressfoto / Freepik

 

Baca juga:

MAKANAN PENINGKAT IMUNITAS (KEKEBALAN) TUBUH | YDSF

Sejarah Sertifikasi Halal di Indonesia | YDSF

Makna Di Balik Halal Haram

BERBAGI ITU NIKMAT

MENGENAL CORONA JENIS COVID-19 | YDSF

Memahami Social Distancing | YDSF

HALALKAH MAKANAN YANG MENGANDUNG RUM ATAU ESSENCE RUM? | YDSF

Share: