Surah As Sajdah &  Al Insan Tiap Usai Shalat Subuh Jumat | YDSF

Surah As Sajdah & Al Insan Tiap Usai Shalat Subuh Jumat | YDSF

7 Juli 2023

Saat hari Jumat, banyak amalan yang dianjurkan untuk ditunaikan. Salah satunya, membaca surah As Sajdah dan Al Insan setiap selesai shalat subuh di hari Jumat. Bila selama ini, kita mungkin lebih familiar dengan amalan Kahfian yang dapat mulai dilakukan saat Kamis malam menjelang hari Jumat. Tepatnya, usai shalat maghrib di hari Kamis.  

Pada hakikatnya, setiap hari adalah baik. Namun, Rasulullah saw. telah memberikan anjuran kepada umat Muslim bahwa hari Jumat merupakan hari terbaik. Sebagaimana dengan Ramadhan yang menjadi bulan terbaik, diikuti dengan bulan-bulan haram. Sehingga, tak heran bila dalam menyambut maupun di hari Jumat, terdapat beberapa amalan yang bisa menjadi ladang pahala bagi seorang muslim.

Rasulullah saw. bersabda, “Sebaik-baik hari dimana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukan ke dalam Surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari Surga. Dan hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.” (HR. Muslim).

Keberkahan Hari Jumat

Begitu spesialnya hari Jumat, sehingga Allah Swt. memberikan banyak keberkahan di hari tersebut. Kami telah merangkumnya menjadi tiga poin utama tentang keberhakan hari Jumat, yaitu:

1. Diampuni Dosa di Antara Dua Jumat

Dari Salman al-Farisi r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Tidaklah seseorang mandi pada hari Jumat, dan bersuci semampunya, berminyak dengan minyak, atau mengoleskan minyak wangi dari rumahnya, kemudian keluar (menuju masjid), dan dia tidak memisahkan dua orang (yang sedang duduk berdampingan), kemudian dia mendirikan shalat yang sesuai dengan tuntunannya, lalu diam mendengarkan (dengan seksama) ketika imam berkhutbah melainkan akan diampuni (dosa-dosanya yang terjadi) antara Jumat tersebut dan ke Jumat berikutnya.” (HR. Bukhari).

Meski begitu, bukan berarti kita bebas mengerjakan dosa atau tidak megontrol diri dalam jarak dua Jumat tersebut. Tentu, keringanan yang telah Allah Swt. berikan kepada kita menjadi pengingat bahwa nikmat waktu hidup yang telah Dia berikan hendaknya diisi dengan amalan-amalan shalih dan bermanfaat.

2. Waktu Mustajab Berdoa

Selama hari Jumat, terdapat dua waktu mustajabnya doa, yaitu:

Pertama, waktu duduknya imam sampai pelaksanaan shalat Jumat. Sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim: Dari Abu Burdah bin Abi Musa al-Asy’ar r.a., bahwa Abudllah bin Umar r.a. berkata padanya, “Apakah engkau telah mendengar ayahmu meriwayatkan hadits dari Rasulullah saw. sehubungan dengan waktu ijabah pada hari Jumat?” Lalu Abu Burdah mengatakan, “Ya, aku mendengar ayahku mengatakan bahwa, “Aku mendengat Rasulullah saw. bersabda, “Yaitu waktu antara duduknya imam sampai shalat dilaksanakan.””

Baca juga:
PELAJARAN DAN KEUTAMAAN AL KAHFI DI HARI JUMAT | YDSF
6 Keutamaan Sedekah dalam Janji Allah Swt. | YDSF

Kedua, hingga ba’da Ashar. Dari Jabir bin Abdillah r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Hari Jumat itu dua belas jam. Tidak ada seorang Muslim pun yang memohon sesuatu kepada Allah dalam waktu tersebut melainkan akan dikabulkan oleh Allah. Maka peganglah erat-erat (ingatlah bahwa) akhir dari waktu tersebut jatuh setelah Ashar.” (HR. Abu Daud dan an-Nasai).

3. Momen Mendapatkan Pahala Berlebih

Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat seperti mandi janabah lalu segera pergi ke masjid, maka seakan-akan berkurban dengan unta yang gemuk, dan barangsiapa yang pergi pada jam yang kedua, maka seakan-akan ia berkurban dengan sapi betina, dan barangsiapa pergi pada jam yang ketiga, maka seakanakan ia berkurban dengan domba yang bertanduk, dan barangsiapa yang pergi pada jam yang keempat seakan-akan ia berkurban dengan seekor ayam, dan barangsiapa yang pergi pada jam kelima, maka seakan-akan ia berkurban dengan sebutir telur. Dan apabila imam telah keluar (untuk berkhutbah), maka para Malaikat turut hadir sambil mendengarkan dzikir (nasihat/peringatan).” (HR. Bukhari).

 

Membaca Surah As Sajdah & Al Insan Setelah Subuh di Hari Jumat

Karena banyaknya keberkahan tersebut, maka sudah sepantasnya kita mengerjakan amalan wajib dengan sungguh-sungguh serta memperbanyak amalan sunah. Salah satunya adalah membaca surah As Sajdah dan Al Insan usai mengerjakan shalat Subuh di hari Jumat.

Sebagaimana dalam hadits, dari Abu Hurairah r.a., “Rasulullah saw. biasa membaca pada shalat Shubuh di hari Jum’at “Alif Lamim Tanzil …” (surah As Sajdah) pada raka’at pertama dan “Hal ataa ‘alal insaani hiinum minad dahri lam yakun syai-am madzkuro” (surah Al Insan) pada raka’at kedua.” (HR. Muslim).

Yang perlu digarisbawahi pada hadits tersebut adalah surah As Sajdah, bukan ayat Sajdah. Karena ada beberapa pendapat yang keliru dalam menafsirkannya. Terlebih, keduanya jelas berbeda.

Syeikh Ibnu Taimiyyah rahimahullah berpendapat bahwa faedah mengamalkan kedua surah ini adalah sebagai pengingat umat tentang apa-apa yang telah dan akan terjadi pada hari Jumat. Seperti, penciptaan Nabi Adam a.s. hingga kelak terjadinya hari kiamat.

Amalan ini merupakan sunah yang cukup sering dilakukan oleh Rasulullah saw. Di rakaat pertama membaca surah As Sajdah lengkap. Dilanjut pada rakaat kedua dengan membaca surah Al Insan dengan lengkap. Namun, bukan berarti kedua surah ini selalu dibaca saat usai shalat Subuh hari Jumat yang mengakibatkan orang awam beranggapan bahwa ini wajib. Boleh, sesekali diganti dengan surah-surah lain dalam Al-Qur’an. (berbagai sumber)

 

 

Sedekah Mudah di YDSF

 

 

Artikel Terkait:

CARA MENGHITUNG ZAKAT PENGHASILAN | YDSF
Batasan Air untuk Wudhu | YDSF
KONSULTASI ZAKAT DARI TABUNGAN GAJI DI BANK | YDSF
Menikah Tapi Tidak Cinta Suami | YDSF
MENGELUARKAN SEDEKAH DARI BUNGA BANK | YDSF
Tips Awal Memilih Pasangan Untuk Menumbuhkan Generasi Shalih | YDSF
APA ITU WAKAF? PENGERTIAN, DALIL, DAN HUKUM WAKAF | YDSF

 

 

Riyadhus Shalihin Bab Taubat (BAGIAN 3) | Ustadz Isa Saleh Kuddeh


Tags: Surah As Sajdah & Al Insan Tiap Usai Shalat Subuh Jumat, amalan surah as sajdah jumat, amalan surah al insan jumat, ydsf, membaca surat as sajdah dan al insan di subuh jumat

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: