6 Keutamaan Sedekah dalam Janji Allah Swt. | YDSF

6 Keutamaan Sedekah dalam Janji Allah Swt. | YDSF

18 Nov 2020

Sedekah, atau yang dalam bahasa Arab kita kenal dengan shadaqah, merupakan amalan yang diperintahkan oleh Allah untuk membuat kita bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan. Dalam mengimplementasikan sedekah, tidak hanya memberi harta dalam fisik uang tetapi juga bisa berbagi dengan hal lain. Namun, dalam sedekah kita juga bisa memberikan atau berbagi hal lain yang dapat menyenangkan orang lain.

Kata sedekah, berasa dari kada shidq, yang berarti kebenaran atau kejujuran. Maksudnya adalah setiap sedekah yang dilakukan dengan ikhlas lillahi ta’ala merupakan bukti dari keimanan.

Rasulullah saw. bersabda,

الصَّدَقَةُ بُرْهَانٌ

Sedekah itu adalah bukti (iman) yang nyata.”  (HR. Muslim).

Perintah Dalil Sedekah

Ada banyak dalil perintah tentang sedekah. Tak hanya dalam ayat suci Al-Qur’an, hadits Rasulullah pun juga banyak yang mengingatkan kita untuk memperbanyak berbagi dengan sedekah.

Rasulullah saw. bersabda,

"Jagalah diri kalian dari neraka meskipun hanya dengan sedekah setengah biji kurma. Barangsiapa yang tak mendapatkannya, maka ucapkanlah perkataan yang baik." (HR. Bukhari no. 1413, 3595 dan Muslim no. 1016)

Memang, sedekah ada berbagai macam bentuk dan hal yang bisa kita berikan. Namun, dalam Islam kita diajarkan untuk mengutamakan membantu mereka yang lebih membutuhkan. Begitulah cara Islam mempersatukan dan menguatkan ekonomi umat. Bahkan ketika ingin bersedekah kepada anak yatim pun, tidak bisa dipukul rata. Ada kriteria yang perlu kita perhatikan untuk adil dalam bersedekah pada anak yatim.

Allah Swt. berfirman dalam surah Al Baqarah ayat 245,

مَنْ ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَاللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْسُطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.”

Janji Allah untuk Orang Gemar Sedekah

Sedekah memiliki banyak sekali keutamaan. Bahkan Allah Swt. telah menyiapkan berbagai berkah dan naungan bagi mereka yang gemar bersedekah.

Nah, inilah enam keutamaan sedekah sesuai dengan janji Allah Swt.:

  1. Sedekah menghapuskan dosa-dosa

Rasulullah saw. bersabda,

“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.“ (HR. At-Tirmidzi)

 

  1. Mendapat naungan di hari kiamat

Dalam sebuah hadits Nabi Muhammad saw. bersabda,

“Naungan orang beriman di hari Kiamat adalah sedekahnya.” (HR Ahmad)

 

  1. Bertambahnya harta

Allah Swt. berfirman,

قُلْ إِنَّ رَبِّي يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ ۚ وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ ۖ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39)

 

  1. Terbebas dari siksa kubur

Selain membantu menghapuskan dosa-dosa, sedekah juga dapat meringankan kita dari api siksa kubur. Sebagaimana Rasulullah saw. bersabda,

“Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani)

 

  1. Jaminan pintu surga

"Orang yang berinfak fisabilillah akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga yang berseru, 'Wahai hamba Allah, kemarilah menuju kenikmatan'. Jika dari golongan yang suka mendirikan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat; yang dari kalangan mujahid, akan dipanggil dari pintu jihad; jika dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR Bukhari dan Muslim)

 

  1. Dijauhkan dari siksa api neraka

Bukan hanya siksa kubur, namun dengan rutin bersedekah meski hanya sedikit namun rutin dan lillahi ta’ala pun dapat mengurangi siksa neraka. Beginilah Rasulullah saw. bersabda,

"Jauhilah api neraka walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimat Thayyibah." (HR Bukhari dan Muslim)

 

Artikel Terkait:

Zakat Penghasilan, Syarat dan Nishab Zakat | YDSF

Definisi Rezeki Berkah dalam Islam | YDSF

MENGELUARKAN SEDEKAH DARI BUNGA BANK | YDSF

Zakat untuk Kendaraan Pribadi, Motor Ojol Perlu Dizakati? | YDSF

 

Sedekah dari Rumah

 

Share:


Baca Juga