Ragam Penyaluran Program YDSF Maret 2023

Ragam Penyaluran Program YDSF Maret 2023

31 Maret 2023

Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) telah mendistribusikan amanah Sahabat Donatur selama periode Maret 2023 untuk beberapa penyaluran bantuan program, di antaranya:

Hingga Akhir Januari, Pembangunan Masjid Rest Area 725 A Tol Sumo Capai 37 Persen

Setelah melaksanakan prosesi peletakan batu pertama pembangunan masjid di Rest Area 725 A Tol Surabaya-Mojokerto pada akhir tahun lalu, hingga akhir Januari 2023 progresnya sudah mencapai 37 persen. Saat ini, progres pengerjaan masjid sudah mencapai tahap pengerjaan tembok, setelah pada awal Januari lalu selesai merampungkan pondasi. Selain pengerjaan pondasi yang seluruhnya sudah rampung, tahap pengerjaan sanitasi juga sudah berhasil mencapai 100 persen. Sedangkan untuk pengerjaan baja masih terus berlanjut hingga 65 persen. Rencananya, masjid yang mampu menampung sekitar 500 jamaah ini sudah bisa digunakan untuk shalat Tarawih saat Ramadhan.

 

YDSF Siagakan Ambulans dan Tim Medis di Puncak Harlah Satu Abad NU

Turut semarakkan Resepsi Puncak Hari Lahir Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU), YDSF siagakan dua unit ambulans dan dua tim medis di lokasi kegiatan yang dilaksanakan di kawasan Gelanggang Olah Raga (GOR) Delta Sidoarjo, awal Februari lalu. Posko Medis YDSF itu kerja sama dengan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) dan relawan kesehatan lainnya. Posko melayanai tes kesehatan, konsultasi kesehatan hingga upaya pertolongan pertama. Siaga medis turut dilaksanakan YDSF guna memberikan layanan kesehatan kepada warga Nahdliyin yang hadir. Selain itu, YDSF juga membagikan makanan ringan dan air minum.

 

Distribusikan Sembako bagi Anak Yatim Situbondo

Sebanyak 73 anak yatim dan yatim piatu di Situbondo mendapatkan paket sembako dari YDSF. Penyaluran paket sembako masing-masing senilai Rp150 ribu itu disalurkan di Masjid Al Furqon dan Yayasan Yatama. Paket sembako berisi beras, kecap, makanan ringan, mentega, mie instan, minyak, pasta gigi, sabun mandi, sabun cuci, sampo, susu, dan telur. Kegiatan yang dilaksanan pada awal tahun 2023 itu bertujuan untuk memberi motivasi yatim dan yatim piatu.

 

YDSF Wujudkan Rumah Baru Mbah Marsini

Pada awal Januari lalu, musibah kebakaran menghanguskan rumah Mbah Marsini (71), warga Dukuh Dempok, Dusun Mangerejo, Wonosalam, Jombang yang hanya berdinding bambu hingga tak bersisa. Membantu musibah itu, YDSF merealisasikan bantuan Rp5 juta untuk mewujudkan kembali rumah lansia sebatang kara itu. Rumah baru dibangun menggunakan kalsiboard dan berlantai semen berukuran 4x8 meter. Mbah Marsini juga diberi sembako untuk kebutuhan makan sehari-hari.

 

Cegah Stunting, YDSF-UINSA Gelar Baksos di Jombang

Bekerjasama dengan mahasiswa jurusan Matematika UIN Sunan Ampel Surabaya, YDSF salurkan paket sembako dalam acara bakti sosial yang digelar di Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. Kegiatan yang berlangsung pada pertengahan Januari lalu itu bertujuan untuk mencegah stunting. Sekitar 20 balita mendapatkan layanan kesehatan gratis tersebut. Paket sembako senilai Rp200 ribu berisi kebutuhan dapur dan tambahan gizi balita.

 

Bersama YBM PLN, YDSF Realisasikan Beasiswa Pendidikan Siswa Panti

YDSF bersinergi dengan YBM PLN realisasikan perlengkapan sekolah bagi 53 anak yatim di dua panti asuhan di Surabaya, akhir Januari. Kedua panti tersebut adalah Panti asuhan Aisyahtong Maryam di Perak Timur, Kecamatan Pabean Cantikan dan Panti Asuhan Rodhiyatul Jannah di Tanah Kali Kedinding, Kecamatan Kenjeran. Bantuan senilai Rp35,2 juta itu dirupakan dalam bentuk perlengkapan alat tulis dan mewarnai, buku, sepatu, meja lipat dan lemari. Selain itu, masing-masing anak yatim panti juga berhak mendapatkan uang saku senilai Rp200 ribu.

 

Bagi-bagi Sembako untuk Lansia Penjual Kayu Keliling dan Yatim Bondowoso

Bantuan sembako senilai Rp250 ribu disalurkan YDSF untuk beberapa dhuafa di Situbondo dan Bondowoso. Di antaranya, bantuan disalurkan untuk Mbah Asmin (78), warga Desa Sumber Kokap, Kecamatan Taman Krocok. Bantuan juga disalurkan bagi Mbah Buse (77) yang tinggal sebatang kara warga Desa Mandiro, Kecamatan Tegalampel. Dalam kesehariannya, kedua lansia ini berkeliling menjual kayu bakar. Dalam kesempatan yang lainnya, YDSF juga merealisasikan paket sembako untuk Awan (5), anak yatim warga di Desa Paowan, Kecamatan Panarukan.

 

Ratusan Donatur YDSF Ikuti Pelatihan Bekam

YDSF bekerjasama dengan FK2D dan Natural ID menggelar pelatihan bekam di aula Graha Zakat 2 YDSF, Jl. Kertajaya 8C No. 11, Surabaya. Ratusan donatur memadati ruang acara. Selain mendapatkan teori dan modul pelatihan tingkat dasar, peserta juga langsung praktek dari materi yang didapat. Peserta yang hadir cukup antusias, beberapa peserta bahkan sudah pernah melakukan praktik bekam sebelumnya.  

 

Baca juga: 
Penyaluran Program YDSF September 2022
Ragam Penyaluran Program YDSF Januari 2023

 

Gelar Gerakan Subuh Berjamaah Sekaligus Aksi GMB

Program Grebek Masjid kembali diadakan YDSF di tujuh masjid di Surabaya dan Sidoarjo pada awal tahun 2023. Dua program Grebek Masjid yang digelar YDSF meliputi GSB (Gerakan Subuh Berjamaah) dan GMB (Gerakan Masjid Bersih). Shalat Subuh berjamaah dan kajian bersama program GSB dilaksanakan di lima masjid. Agenda GSB juga dilanjutkan dengan sarapan bersama, bazar produk makanan, dan pembagian beras gratis bagi masyarakat yang membutuhkan. Sedangkan untuk GMB terlaksana di dua masjid, yakni Masjid Mujahidin Jl. Taman Pondok Indah, Wiyung, Surabaya dan Masjid Al Ikhlas Jl. Makarya Binangun, Waru, Sidoarjo.

 

LPF Surabaya Ground Breaking Gedung Dakwah dan Launching Logo Baru

Pada akhir tahun lalu, Lembaga Pendidikan Al-Falah (LPF) Surabaya melaksanakan prosesi peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan gedung dakwah pendidikan. Gedung ini nantinya akan dibangun sembilan lantai. Selain difungsikan untuk berbagai kegiatan lembaga, gedung yang sudah direncanakan secara administratif sejak dua tahun lalu juga digunakan sebagai sarana belajar mengajar. Gedung ini juga dilengkapi fasilitas guna menunjang siswa, seperti kolam renang. Dalam momen yang bersamaan, LPF juga meresmikan logo baru.

 

Realisasikan Bantuan Fisik Sekolah Hingga Mushala


YDSF berkolaborasi dengan jajaran guru SMKN 1 Lumajang realisasikan bantuan fisik berupa material bangunan untuk untuk Mushala Al-Maghfiroh di Desa Candipuro, Kecamatan Jarit, Lumajang senilai Rp11 juta. Dalam kesempatan lain, Bantuan sarana pendidikan juga disalurkan untuk MI Nurul Huda Bagusari, Kelurahan Jogotrunan. Uang tunai sejumlah Rp12 juta direalisasikan dalam bentuk meja dan kursi. YDSF juga turut menyalurkan beras senilai Rp6 juta untuk petani teh di pesisir Gucialit dan santri Pondok Pesantren Darul Muhajirin pada pertengahan Januari lalu.

 

Gelar Layanan Kesehatan, Bagikan Sembako, dan Santunan Anak Yatim

Pada akhir tahun lalu, YDSF Banyuwangi bekerjasama dengan Klinik Shinta adakan layanan kesehatan gratis. Selain melakukan layanan kesehatan, pada kegiatan tersebut juga diadakan pembagian sembako. Sebanyak 60 paket sembako disiapkan bagi peserta yang mayoritas sebagai tukang becak dan ojek online. YDSF juga memberikan santunan kepada anak yatim di Desa Kalipuro, Banyuwangi. Sebanyak 20 anak yatim yang hadir masing-masing mendapatkan Rp100 ribu.

 

Beasiswa Pendidikan untuk Ratusan Anak Kurang Mampu di Sidoarjo

Sebanyak 444 siswa dari tingkat SD hingga SMA di Sidoarjo mendapatkan beasiswa Pena Bangsa. Beasiswa ini diperuntukkan bagi kalangan siswa yang kurang mampu. Penyaluran program Pena Bangsa dengan total nilai Rp136,5 juta itu disalurkan di beberapa sekolah. Kegiatan yang berlangsung pada awal Februari itu bertujuan untuk memberikan dukungan agar para siswa dapat melanjutkan sekolah.

 

Sambut Ramadhan, Gelar Kajian Strategi Memakmurkan Masjid

Menyambut Ramadhan tahun ini, YDSF bersama dengan Takmir Masjid Agung Maulana Malik Ibrahim Gresik menggelar kajian buku yang bertajuk "Strategi Memakmurkan Masjid". Kegiatan yang berlangsung pada awal Februari itu dihadiri Ustadz Kusnadi Ikhwani, Ketua Masjid Raya Al-Falah Sragen, sebagai pembicara utama. Diadakannya kegiatan ini bertujuan memberikan kajian sekaligus pelatihan kepada takmir masjid, tokoh masyarakat, dan jamaah untuk memahami konsep memakmurkan masjid, khususnya saat bulan Ramadhan nanti.

 

 

Menyatu dalam Kebaikan Ramadhan


 

Artikel Terkait

Waktu Terbaik Terkabulnya Doa | YDSF
ZAKAT DARI UANG PESANGON PENSIUN | YDSF
Mendahulukan Jamak-Qashar dalam Shalat Fardhu | YDSF
FIDYAH DALAM ISLAM DAN KETENTUANNYA | YDSF
Siapa yang Harus Membayar Fidyah Istri? | YDSF
WAKTU MEMBAYAR ZAKAT MAAL | YDSF
Sujud Setelah Shalat | YDSF
BONUS GAJI ATAU THR MASUK HITUNGAN ZAKAT PENGHASILAN | YDSF


Tarhib Ramadhan 1444 H YDSF


Tags: penyaluran ydsf, penyaluran program ydsf, penyaluran ydsf maret 2023

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: