Penyaluran Program YDSF September 2022

Penyaluran Program YDSF September 2022

27 September 2022

Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) telah mendistribusikan beberapa penyaluran bantuan program untuk periode September 2022. Berikut ringkasan distribusi program YDSF selama periode September 2022:

Muslim Fest ’22, Peringati Tahun Baru Islam 1444 H

Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah, Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) berkolaborasi dengan Radio Suara Muslim 93.8 Fm Surabaya menggelar Muslim Fest ’22. Acara ini diselenggarakan pada Ahad, 31 Juli 2022 di Masjid Baiturrozaq Rungkut Industri (SIER), Surabaya.

Pada acara tersebut terdapat talk show bertema “Harmoni Keluarga Indonesia”. Yang disampaikan oleh beberapa narasumber yaitu Ustadz Falah Burhani, Ustadz Rifhan Halili, Kak Ria Enes & Suzan, Aqeela (Juara Hadifz Indonesia RCTI 2021) dan Abuya Fadhli.

Selain itu, juga ada klinik Al-Qur'an, pemeriksaan kesehatan gratis, konsultasi psikologi, bazaar, game & door prize, live nasyid, serta lomba berkisah Islami untuk tingkat SD.

Di kesempatan yang baik ini, YDSF mengajak Sahabat Donatur dan para peserta untuk berpartisipasi dalam program Wakaf Tanah untuk Kompleks Dakwah di Cangkringan, Yogyakarta. Yang mana, saat ini sedang berlangsung pembangunan asrama dan penyelesaian kompleks masjid. Dan, akan dilanjutkan dengan bangunan pondok tahfidz beserta peternakan produktif yang dikelola santri kelak.  

 

Beasiswa OTA dan Non-OTA

YDSF merealisasikan beasiswa OTA (Orang Tua Asuh) sebesar Rp22.090.000 untuk 77 anak asuh yang terdiri dari 54 siswa SD, 21 siswa SMP, dan 2 siswa SMA di Banyuwangi.

Selain itu, YDSF juga memberikan beasiswa non-OTA untuk 4 anak dari satu keluarga dhuafa senilai Rp2 juta di Lumajang. Mereka merupakan murid dari SD Negeri Citrodiwangsan 03. Kedua orang tuanya yang bekerja sebagai kuli panggul serabutan di pasar, hanya berpenghasilan kurang dari Rp200 ribu per bulan.

 

Lagi, Berbagi Kebaikan untuk Disabilitas

Pada periode Juli hingga awal Agustus 2022, YDSF banyak memberikan bantuan untuk beberapa dhuafa disabilitas. Di Kelurahan Kertajaya, Surabaya, sebanyak 7 kursi roda dibagikan untuk penderita stroke dan folio. Berikutnya, bantuan biaya hidup senilai Rp5,5 juta untuk pasangan disabilitas di Waru, Sidoarjo.

Selain itu, juga ada dua dhuafa disabilitas di Madiun yang mendapatkan bantuan dari YDSF. Pertama, paket sembako dan perlengkapan toko kelontong untuk Bu Hastin. Kedua, bantuan kaki palsu untuk Bu Sulasmi dengan nilai total bantuan sebesar Rp6 juta.

 

Rp42,45 juta Zakat untuk Mustahik & 72 Paket Sembako

Pada periode Juli 2022, YDSF merealisasikan zakat untuk mustahik (ZUM) di beberapa titik yang dirupakan dalam berbagai bentuk bantuan.

Di Sidoarjo, YDSF memberikan bantuan biaya hidup senilai Rp4,2 juta untuk tiga orang mustahik. Juga ada 72 paket sembako untuk fakir miskin di pelosok Sidoarjo dan Mojokerto. Selanjutnya, realisasi bantuan biaya hidup juga diberikan untuk janda yang tersebar di Lumajang sejumlah Rp4,75 juta.

Sedangkan, dana ZUM yang terkumpul dari platform donasi online diberikan dalam bentuk tunai yang sudah disepakati akadnya antara pihak YDSF dan mustahik.


Pertama, bantuan sebesar Rp11 juta yang digunakan untuk melunasi hutang-hutang dari almarhum Mbah Supatijah, lansia Desa Sukorejo, Kec. Gurah, Kab. Kediri. Sisanya disalurkan kepada lansia dhuafa setempat.

Kedua, bantuan senilai Rp12 juta untuk Mbah Sutosari, warga Dusun Krajan, Desa Sindetlami, Kec. Besuk, Kab. Probolinggo yang berprofesi sebagai tukang pijat kerok. Bantuan dirupakan dalam bentuk paket kebutuhan sehari-hari dan sisanya untuk biaya pengobatan cucunya yang difabel.

Ketiga, santunan sejumlah Rp2 juta diberikan kepada keluarga almarhum Zahra untuk melunasi hutang biaya selama pengobatan. Anak berusia 6 tahun dari Dusun Nampurejo, Desa Sugihwaras, Kec. Saradan, Madiun ini meninggal setelah berjuang menghadapi penyakit tumor jaringat ikat di otot tubuhnya sejak kecil.

Berikutnya, bantuan berupa paket sembako dan uang untuk Bu Marni (Madiun), Pak Anwar (Kediri), dan Pak Hadi (Madiun) dengan total masing-masing senilai Rp2 juta. Bantuan tunai tersebut diberikan untuk biaya pengobatan suami Bu Marni yang menderita stroke, Pak Anwar yang lumpuh pascakecelakaan, dan Pak Hadi yang tersengat listrik.

Di wilayah Bojonegoro, YDSF memberikan bantuan biaya pengobatan untuk Naufal sebesar Rp 3 juta. Balita berusia tiga tahun ini menderita kolostomi sejak ia dilahirkan.  

Terakhir, bantuan ZUM rutin untuk Kenzi (balita penderita hidrosefalus) di Ngawi sebesar Rp3 juta.

 

Beasiswa & Bantuan untuk Yatim

Sebagai bentuk kepedulian terhadap yatim, YDSF memberikan bantuan renovasi rumah dan beasiswa kepada dua orang yatim piatu di Babadan, Surabaya. Selama ini, mereka tinggal bersama neneknya di rumah milik almarhum bibi. Sayangnya, rumah tersebut diambil dan akan dijual. Sehingga, YDSF berinisiatif membangunkan rumah di dekat lokasi tersebut.

Selain itu, YDSF menyalurkan bantuan senilai Rp1,75 juta berupa beras 100 kg dan dana beasiswa untuk yatim Pondok Pesantren Binakarya, Kec. Muntilan, Kab. Magelang, Jawa Tengah. 

 

Wisuda Sahabat Asuh YDSF


Alhamdulillah, sebanyak 12 anak yatim dhuafa yang menjadi tahfidz untuk juz 1-8 dan juz 30 telah mengikuti Wisuda Sahabat Asuh YDSF di Desa Pandanwangi, Lumajang. Pada kegiatan tersebut, juga mereka juga mendapatkan beasiswa senilai Rp6 juta.

 

Halte Sedekah Jumat Berkah

Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) bekerja sama dengan Fatayat NU Banyuwangi membagikan paket sembako untuk 225 orang. InsyaAllah, kegiatan ini akan berlanjut di setiap Jumat pada delapan titik yang berbeda-beda dan tersebar di Banyuwangi.

 

Kolaborasi dengan Komunitas, YDSF Bagikan Sembako di Tuban

Bersama Komunitas Blakrakan Yuk, Permata Outbond Tuban, Sedekah Rombongan, dan Forum Difabel Tuban, YDSF bagikan 100 paket sembako di Grabagan, Tuban. Yang berisikan beras, mie instan, minyak goreng, dan beberapa kebutuhan pokok lainnya. Dari total tersebut, YDSF berkontribusi 50 paket senilai Ro10 juta. Penerima paket sembako terdiri dari dhuafa, janda, dan disabilitas.

 

Peduli Griya Lansia Malang

YDSF bekerja sama dengan Radio Suara Muslim 93.8 Fm Surabaya menyalurkan bantuan biaya hidup dan sembako untuk 76 orang di Griya Lansia Husnul kHotimah, Kec. Wajak, Malang. Sembako yang diberikan senilai Rp200 ribu, sedangkan biaya hidupnya sebesar Rp300 ribu.

Griya lansia yang baru beroperasi selama dua tahun tersebut menjadi tempat penampungan bagi lansia yang benar-benar terlantar dan hidup sangat kekurangan. Namun, tidak hanya sekadar merawat, mereka juga memberikan pendidikan agama yang baik untuk para lansia.

 

Bersama Majelis Taklim Al Kautsar, YDSF Distribusikan Sembako di Pelosok Probolinggo

Pada akhir Juli 2022, YDSF kembali merealisasikan bantuan untuk dhuafa di pelosok desa. Bekerja sama dengan Majelis Taklim Al Kaustar, titik salur kali ini berada di Desa Tigasan Kulon, Leces, Probolinggo. Sebanyak 45 KK menerima paket sembako yang berisikan beras, mie instan dan uang tunai.

Desa ini kondisinya cukup memprihatikan. Salah satunya di bidang pendidikan, yang mana rata-rata penduduk desa hanya sampai menyelesaikan bangku Sekolah Dasar (SD). Bahkan, tak sedikit anak perempuan yang baru lulus SD sudah dinikahkan. Karena pendidikan yang minim itulah, mayoritas penduduknya pun hanya bekerja sebagai petani atau buruh tani. Sehingga berdampak pada ekonomi wilayah tersebut yang juga kekurangan.


Sedekah Mudah di YDSF:


Artikel Terkait:

Menegur Anak dan Menantu Tidak Shalat | YDSF
BAYAR ZAKAT UNTUK ORANG YANG MENINGGAL | YDSF
Menjadi Hamba yang Pandai Bersyukur | YDSF
BOLEHKAH UMRAH TAPI BELUM ZAKAT MAAL? | YDSF
Amalan yang Merusak Amalan Lainnya | YDSF
WAKAF DALAM PERSPEKTIF MIKRO EKONOMI ISLAM | YDSF


Donor Darah YDSF


Tags: penyaluran ydsf, penyaluran program ydsf, penyaluran ydsf september 2022

Share:


Baca Juga

Berinfaq/Bersedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: