Ragam Penyaluran Program YDSF Januari 2023

Ragam Penyaluran Program YDSF Januari 2023

31 Januari 2023

Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) telah mendistribusikan beberapa penyaluran bantuan program untuk periode Januari 2023. Berikut ringkasan distribusi program YDSF selama periode Januari 2023:

YDSF Buka Warung Sedekah, Siapapun Bisa Makan Gratis

Berbagi dengan sesama, YDSF menyediakan makan gratis untuk seluruh kalangan masyarakat yang melintasi Rumah Singgah Terpadu YDSF di Jalan Karet No. 12, Kecamatan Pabean Cantikan, Surabaya. Dikonsep dalam bentuk Warung Sedekah, berbagai kalangan masyarakat termasuk tukang kebersihan, tukang becak, tukang parkir, driver ojol dan pengguna jalan yang melintas, bisa mampir untuk makan gratis. Tidak hanya itu, penjual makanan di sekitar lokasi juga turut terbantu dengan hadirnya program itu lantaran makanan dibeli dari mereka. Program yang dibuka sejak akhir November itu menyediakan 200 porsi makan setiap harinya dengan menu berbeda.

Penyintas Gempa Cianjur Terima Bantuan Logistik, Masjid Darurat Hingga Trauma Healing

Sebagai bentuk cipta rasa kemanusiaan, YDSF bergerak cepat untuk membantu korban penyintas gempa Cianjur pada pertengahan November lalu. Berlokasi di Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, YDSF memberikan bantuan logistik dan bahan pangan. Tidak hanya itu, sebagai upaya pemulihan psikososial warga terdampak, YDSF juga turut mendirikan masjid sementara, dapur umum serta trauma healing bagi anak-anak. Selain itu, donatur YDSF juga membantu pembuatan sumur bor untuk kebutuhan MCK.

Beasiswa Pendidikan Bagi Siswa Sekolah Dasar Manggarai Timur, NTT

Sebanyak 18 siswa Sekolah Dasar MIS Al-Qolam, Desa Haju Wangi, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur, NTT menerima Beasiswa Pendidikan dari YDSF pada pertengahan November. Beasiswa senilai Rp 14 juta itu disalurkan di madrasah yang memiliki akses jalan yang cukup minim, salah satunya harus menerabas sungai deras. Bantuan itu merupakan kelanjutan program setelah pada tahun 2021, YDSF juga turut membantu mendirikan gedung sekolah yang sama.

Tingkatkan Kualitas Layanan Donatur, YDSF Gelar pelatihan Tim Fundraising

Menambah kualitas layanan donatur, YDSF mengadakan pelatihan amil tim fundraising di Vila Keluarga, Sumberejo, Kota Batu. Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut dari kantor perwakilan YDSF Malang, Jember, Sidoarjo, Gresik, Lumajang, Banyuwangi, Semarang dan Yogyakarta. Sebanyak 70 Fundraiser mengikuti pelatihan yang mengangkat tema Optimalisasi Teamwork Amil di Era Digital. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari itu, sekaligus menjadi momen untuk memompa kembali semangat para amil YDSF untuk lebih baik lagi.

Grebek Masjid, Jaminan Shalat Aman dan Nyaman

Grebek Masjid (Gerakan Bersama Memakmurkan Masjid) kembali digelar YDSF. Pada akhir November lalu, Grebek Masjid melalui agenda program Gerakan Masjid Bersih (GMB) mengerahkan tiga personil kebersihan untuk melakukan bersih-bersih masjid Bahagia, Jl. Makam Peneleh 37, Genteng, Surabaya. Grebek Masjid kali ini dirasa sangat membantu, apalagi hingga saat ini, masjid Bahagia belum memiliki petugas kebersihan. Wedy (55), Ketua takmir masjid mengaku tak menyangka masjid yang ia kelola menjadi sasaran Grebek Masjid YDSF.

Pemberdayaan Ternak Domba Bagi Penyintas Erupsi Semeru

Setelah terkena imbas erupsi Gunung Semeru sepanjang 2022, awal Desember YDSF kembali hadir membantu masyarakat terdampak untuk bangkit dalam Program Pemberdayaan Ternak Domba di komplek Huntara Kelompok Ternak Semeru Bangkit, Dusun Kamarkajang, Desa Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang. Bantuan senilai Rp 297 juta digelontorkan dalam bentuk pelatihan, perbaikan kandang, penyediaan 825 bibit pakan hijauan Indigofera, hingga pengadaan 120 ekor domba dan 4 unit mesin cacah pakan. Kegiatan ini nantinya akan dilakukan setahun ke depan dengan didampingi oleh tenaga ahli dari PT Agro Great Indoberkah (AGI) selaku mitra YDSF yang kompeten dalam bidang peternakan.

Dai YDSF Kembangkan Limbah Panen Jadi Media Tanam dan Pakan Ternak

Sunardi, Dai Pemberdaya YDSF di Blitar mengembangkan kreativitas dengan mengolah limbah panen hingga menjadi media tanam dan pakan ternak. Bantuan dana dari YDSF senilai Rp 25 juta dikembangkan untuk pengadaan mesin penggiling. Adanya mesin penggiling membuat kebutuhan pengelolaan limbah lebih mudah dan terpenuhi. Dari sisa dana, Sunardi juga mengembangkan ternak domba. Sejak awal 2022, YDSF telah menyalurkan Rp 100 juta melalui program yang sama untuk dai yang tersebar di Blitar, Bojonegoro, Tuban dan Bali.

Mahasiswa Ekonomi UNIDA Belajar Tata Kelola Laznas di YDSF

Pada awal Desember, YDSF kedatangan 12 Mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam Universitas Darussalam Gontor (UNIDA) guna menimba ilmu dalam kegiatan Studi Akademik. Dilaksanakan di Graha Zakat YDSF di Jalan Kertajaya No.17, kegiatan ini dikemas dalam diskusi ringan tentang konsep tata kelola keuangan zakat, infaq dan shadaqah dalam melayani umat. Pada kesempatan itu, mahasiswa dapat belajar cara YDSF menghimpun dana hingga beragam penyaluran agar bermanfaat dan tepat sasaran.

Melalang Buana di Berbagai Kota di Jatim, Kini Program Guru Pelopor YDSF hadir di Mojokerto


Setelah targetkan 10 titik di berbagai kabupaten dan kota di Jawa Timur, Program Guru Pelopor berkolaborasi dengan Kualita Pendidikan Indonesia (KPI) kini hadir membersamai guru di Mojokerto, Pada awal Desember lalu sebanyak 48 guru dari 15 sekolah hadir di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Mojokerto untuk mengikuti pelatihan yang mengusung Program P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Sepanjang 2022, telah dialokasikan anggaran Rp 350 juta untuk menguatkan sekolah dan guru dengan kegiatan yang serupa di berbagai kota, seperti Bojonegoro, Probolinggo, Tulungagung, Sumenep, Madiun, Jombang, Gresik, Lumajang, Mojokerto dan Kediri.

Membersamai Pelajar, YDSF Bantu Penyintas Gempa Cianjur

Merespon bencana gempa Cianjur, YDSF langsung bergerak mengumpulkan donasi dari berbagai pihak. Salah satunya adalah bekerjasama dengan sekolah. Dari aksi sosial itu, terkumpul donasi Rp 58,8 juta. Donasi itu berhasil dihimpun dari lima sekolah di Sidoarjo, antara lain PG-TK Islam Permata Hati, TK Ar Rahmah Pepelegi, SD Kreatif Insan Robani, serta SD dan OSIS SMP Al Falah As-Salam Tropodo. Dalam Kesempatan lain, YDSF telah merealisasikan beasiswa yatim senilai Rp 9,2 juta untuk enam pelajar. Sementara melalui program Layanan Mustahik Masjid, YDSF juga memberikan bantuan material bahan bangunan untuk dua masjid di Sidoarjo senilai Rp 17 juta.

567 Guru Ngaji di Gresik Terima Bantuan YDSF

Pada pertengahan Desember, bantuan insentif untuk guru mengaji kembali direalisasikan YDSF Gresik. Total bantuan Rp 283,5 juta disalurkan untuk 567 Guru Ngaji. Sedangkan pada awal Desember sebelumnya, YDSF bersama pelajar SD-SMP di Gresik berhasil kumpulkan Rp 8.7 juta untuk penyintas gempa Cianjur. Dana dihimpun dari SD IT Irada dan SMP Negeri 15 Gresik.

Beasiswa Pena Bangsa untuk Pelajar Banyuwangi

Beasiswa Pena Bangsa kembali disalurkan YDSF di Kabupaten Banyuwangi. Bantuan berupa uang senilai RP 18,6 juta disalurkan untuk 68 siswa dari jenjang pendidikan SD, SMP & SMA. Sebanyak 48 siswa setingkat SD masing-masing mendapatkan Rp 210 ribu, 18 siswa setingkat SMP menerima Rp 420 ribu, dan siswa SMA senilai Rp 480 ribu. Penyaluran beasiswa disalurkan langsung ke masing-masing sekolah maupun langsung kepada siswa.

 

Terus Berbagi mulai dari Sembako, Karpet, Seminar Parenting hingga Pelatihan Diferensiasi Bagi Guru

Sebanyak 617 paket sembako dengan total bantuan Rp 68 juta kembali disalurkan YDSF bersama PT Mustikatama Group secara door to door di berbagai pelosok desa di Lumajang, di awal Desember lalu. YDSF juga menyalurkan beasiswa Pena Bangsa bagi pelajar tingkat SD, SMP, SMA & pondok pesantren di beberapa sekolah di Lumajang dan Probolinggo senilai Rp 12.5 juta. Di tempat lain, YDSF memberikan bantuan karpet masjid senilai Rp 5 juta untuk masjid Baitul Mukminin di pelosok Desa Baung, Kecamatan Sinar Agung, Banyuwangi.

Pada kesempatan lainnya, YDSF juga mengadakan Seminar Parenting bersama Ustadz Yosi Al Muzanni dengan tema Stop Thinking, Start Doing yang diikuti sekitar 85 peserta dari kalangan donatur, pemuda hingga dewasa. YDSF juga berkolaborasi dengan Kualita Pendidikan Indonesia (KPI) mengadakan Program Pembelajaran Diferensiasi pada akhir November. Sebanyak 55 guru ikut serta dalam kegiatan yang dilaksanakan di Yayasan SD Al Ikhlash, Lumajang.

 

 

Artikel Terkait:

YDSF Salurkan Rp134 juta untuk Masjid & Mushala

HUTANG, BISAKAH MENJADI FAKTOR PENGURANG ZAKAT? | YDSF

Wakil Bupati Halmahera Selatan Hadiri Khitanan Massal YDSF

BOLEHKAH UMRAH TAPI BELUM ZAKAT MAAL? | YDSF

Ragam Penyaluran Program YDSF Desember 2022

WAKTU MEMBAYAR ZAKAT MAAL | YDSF

 

Zakat di YDSF


 

Zakat dari Hasil Panen

Tags: ragam penyaluran ydsf, penyaluran ydsf, program ydsf, penyaluran program ydsf, program ydsf januari 2023

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: