Doa Buka Puasa Ramadhan | YDSF

Doa Buka Puasa Ramadhan | YDSF

27 Maret 2023

Ada berbagai macam doa yang dapat diamalkan oleh seorang muslim. Saat Ramadhan, salah satu doa yang populer dicari dan dipelajari adalah doa buka puasa. Namun, ada berbagai macam versi terkait doa berbuka puasa ini. Bahkan, ada yang menyebutkan doa dengan hadits dhaif sehingga menjadi populer.

Berdoa, merupakan hal penting yang baiknya kita lakukan sebelum memulai amalan. Bukan hanya agar apa yang akan kita kerjakan menjadi dimudahkan, tetapi juga ridha dari Allah Swt. kita dapatkan. Bahkan, berdoa saat buka puasa merupakan salah satu waktu mustajab. Sebagaimana dalam hadits, Rasulullah saw. bersabda, “Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do’a orang yang terdzalimi.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Hibban).

Salah satu doa saat buka puasa yang populer di kalangan masyarakat kita adalah “Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthortu (Ya Allah, kepada-Mu aku berpuasa dan kepada-Mu aku berbuka).” Sayangnya, sanad dari hadits ini terputus dan menjadi hadits yang dhaif. Secara umum, hadits doa ini disebutkan berasal dari Abu Daud dalam sunannya, dari Mu’adz bin Zuhroh (seorang tabi’in). Tetapi, perawi di atasnya terputus.

Masih dengan doa yang sama, tetapi dari riwayat yang berbeda. Yaitu oleh Ath-Thabrani dari Anas bin Malik. Sayangnya, terdapat perawi dhaif yaitu Daud bin Az Zibriqon, yang terkenal sebagai perawi matruk (dituduh berdusta).

Maka, bagaimana doa buka puasa yang sesuai dengan ajaran Rasulullah saw. dan berasal dari hadits yang shahih?

Doa Buka Puasa Shahih

Dari Abdullah bin Umar r.a. berkata, “Jika Rasulullah saw. berbuka puasa, beliau mengucapkan “Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah (Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki).”” (HR. Abu Daud).

Dalam bahasa Arab dari hadits tersebut, berbuka puasa disebutkan dengan kata إِذَا أَفْطَرَ yang bermakna “telah berbuka”. Sedang maksud dari ‘telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan’ adalah untuk mengingatkan agar kita selalu bersyukur dan semangat untuk mengerjakan amal ibadah (dalam hal ini puasa).

Maka, urutan yang benar adalah saat hendak berbuka ucapkan bismillah. Kemudian, melakukan buka puasa (berupa iftar). Barulah berdoa sesuai hadits shahih tersebut. Di akhir buka puasa, jangan lupa untuk mengucap hamdalah.

Namun, juga ada ucapan lan berdasarkan atsar tentang doa buka puasa. Yaitu dari Abdullah bin ‘Amr bin al-‘Ash r.a., doa buka puasanya sebagai berikut, “Allahumma inni as-aluka bi rohmatikal latii wasi’at kulla syain an taghfirolii.” Artinya, “Ya Allah, aku memohon rahmatmu yang meliputi segala sesuatu, yang dengannya Engkau mengampuni aku.” Meski merupakan atsar, tetapi hadits ini diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan dinilai hasan.

Baca juga:
Tips Melatih Anak Berpuasa | YDSF
HADITS TENTANG PUASA DAPAT MEMBUAT SEHAT | YDSF

Adab Berbuka Puasa

Saat buka puasa, bukan hanya berdoa yang perlu menjadi perhatian. Namun, juga ada hal-hal lain yang termasuk dalam adab berbuka puasa sesuai dengan sunah Rasulullan saw. Meliputi:

1.      Menyegerakan berbuka

Tidak perlu menunggu adzan Maghrib selesai berkumandang, buka puasa dapat dilakukan pada saat kita telah mendengar kalimat pertama adzan (Allahuakbar, Allahuakbar). Sebagaimana diriwayatkan dalam salah satu hadist tentang hal ini, Rasulullah saw. bersabda, “Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari dan Muslim).

2.      Berbuka dengan kurma dan seteguk air

Bila berdasarkan hadits dari Anas bin Malik r.a., kita dapat mengetahui bahwa Rasulullah saw. sangat senang bila berbuka dengan kurma basah (rothb). Sayangnya, di negeri kita tidak selalu ada atau susah untuk menemukannya. Namun, jangan khawatir. Rasulullah saw. juga mencontohkan untuk tidak mengapa berbuka dengan kurma kering (tamr). (HR. Abu Daud).

3.      Mengucapkan basmalah sebelum buka

Setelah mendengar adzan, jangan keburu meneguk atau menyantap menu buka meski kita tahu adalah sunah untuk menyegerakan berbuka. Awalilah dengan mengucapkan basmalah terlebih dahulu.

Dari Aisyah r.a., Rasulullah saw. bersabda, "Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta'ala (yaitu membaca 'bismillah'). Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta'ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: “Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya).”” (HR. Abu Daud dan At Tirmidzi).

4.      Berdoa buka puasa

Selanjutnya, barulah kita mulai menyantap menu iftarnya. Meneguk air dan kurma, bila sesuai sunah. Barulah kita dapat memanjatkan doa buka puasa sesuai sunah. Seperti yang telah disebutkan di atas.

5.      Berdoa secara umum

Nah, ini yang menarik. Saat berbuka, kita tidak hanya bisa berdoa untuk buka puasa. Namun, juga bisa memanjatkan doa-doa lain, mengingat bahwa waktu berbuka puasa merupakan salah satu waktu mustajabnya doa.

6.      Berdoa setelah berbuka

Bila telah menikmati iftar, maka jangan lupa mengakhirinya dengan berdoa pula. Dari Mu’adz bin Anas, dari ayahnya ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, "Barang siapa yang makan makanan kemudian mengucapkan: “Alhamdulillaahilladzii ath'amanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghairi haulin minnii wa laa quwwatin,” (Segala puji bagi Allah yang telah memberiku makanan ini, dan merizkikan kepadaku tanpa daya serta kekuatan dariku), maka diampuni dosanya yang telah lalu."” (HR. Tirmidzi).

Atau, juga bisa cukup dengan mengucapkan alhamdulilllah.

 

 

Menyatu dalam Kebaikan Ramadhan


 

Artikel Terkait

Waktu Terbaik Terkabulnya Doa | YDSF 
ZAKAT DARI UANG PESANGON PENSIUN | YDSF
Mendahulukan Jamak-Qashar dalam Shalat Fardhu | YDSF
FIDYAH DALAM ISLAM DAN KETENTUANNYA | YDSF
Siapa yang Harus Membayar Fidyah Istri? | YDSF
WAKTU MEMBAYAR ZAKAT MAAL | YDSF
Sujud Setelah Shalat | YDSF
BONUS GAJI ATAU THR MASUK HITUNGAN ZAKAT PENGHASILAN | YDSF


Kejar Berkah, Istiqamah Sedekah | Ustadz Taufiq AB, Ketua Dewan Syariah YDSF


Tags: doa buka puasa, doa buka puasa ramadhan, doa buka puasa shahih, doa buka puasa ramadhan shahi, ydsf

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: