Amalan dan Keutamaan Bulan Sya’ban | YDSF

Amalan dan Keutamaan Bulan Sya’ban | YDSF

4 Maret 2022

Bulan Sya’ban menjadi salah satu bulan dalam islam yang penuh dengan kebaikan. Banyak amalan, keutamaan, juga keistimewaan yang ada dalam bulan Sya’ban. Salah satu keistimewaan bulan ini yaitu terletak di antara  bulan Rajab dan bulan Ramadhan yang merupakan bulan yang dimuliakan oleh Allah Swt. Bahkan, ada sebuah doa khusus yang diriwayatkan dalam sebuah hadits tentang bulan Rajab, Sya’ban, dan Ramadhan,

Allâhumma bârik lanâ fî rajaba wasya‘bâna waballighnâ ramadlânâ

Yaa Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan.” (HR. Imam Ahmad, dari Anas bin Malik)

Istilah bulan Sya’ban sendiri diambil dari lafaz sya’bun yang berarti golongan atau kelompok. Hal ini diambil dari peristiwa masyarakat Arab dahulu pada bulan tersebut berpencar-pencar (yatasya’ab) dalam mencari sumber air, juga terpisah-pisah di gua-gua pada masa itu. Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah dalam Lisanul ‘Arab dan Fat-hul Baari (IV/251) berkata,

Dinamakan Sya’ban karena sibuknya mereka mencari air atau sumur setelah berlalunya bulan Rajab yang mulia. Dan ada juga yang berpendapat selain itu.

Lalu, apa saja amalan dan keutamaan dalam bulan Sya’ban? Simak penjelasannya berikut!

Baca juga: 5 Hal yang Sebaiknya Dilakukan untuk Menyambut Bulan Ramadhan

Amalan Bulan Sya’ban

Mayoritas umat muslim banyak yang lalai dalam menunaikan amalan Sya’ban, karena yang sangat dinantikan adalah bulan Ramadhan. Padahal, banyak kebaikan yang ada di bulan ini. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Bulan Sya’ban adalah bulan di mana manusia mulai lalai yaitu di antara bulan Rajab dan Ramadhan. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan.” (HR. An Nasa’i. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Sejalan dengan hadits tersebut, salah satu amalan bulan Sya’ban yang diperbolehkan dan disunnahkan oleh Rasulullah saw. yaitu memperbanyak puasa. Karena bulan ini sangat dekat dengan bulan suci Ramadhan, maka bagi setiap muslim yang memiliki utang puasa diwajibkan segera mengqadha puasa tersebut. Selain itu, memperbanyak puasa sunnah di bulan Sya’ban juga dapat menjadi salah satu persiapan terbaik jelang Ramadhan dalam rangka melatih diri.

‘Aisyah radhiyallahu ‘anha pernah berkata, “Aku tidak pernah sama sekali melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain pada bulan Ramadhan. Aku pun tidak pernah melihat beliau berpuasa yang lebih banyak daripada berpuasa di bulan Sya’ban.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca juga: Hukum Menggabungkan Qadha Puasa dan Puasa Sunnah | YDSF

Keutamaan Bulan Sya’ban

Bulan Sya’ban menjadi bulan yang memiliki banyak keutamaan, sebab keberadaannya yang mendekati dengan bulan Ramadhan. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam meningkatkan amal ibadah di bulan ini, sebagai bentuk mempersiapkan diri menuju bulan suci Ramadhan.

Di bulan Ramadhan setiap muslim disunnahkan memperbanyak amal ibadah seperti shalat sunnah tahajud, shalat witir, shalat dhuha, berdzikir, membaca Al-Qur’an, dan sedekah. Karena, Allah akan memberikan pahala yang berlipat ganda di bulan Ramadhan, terutama di malam Lailatul Qadar (QS. Al-Qadr: 3). Untuk dapat istiqomah dalam melakukan amalan-amalan tersebut, tentu diperlukan latihan agar ketika memasuki bulan Ramadhan menjadi ringan dan mudah dikerjakan.

Bulan Sya’ban menjadi waktu yang tepat untuk berlatih dan membiasakan diri mengerjakan amalan-amalan yang disunnahkan Rasulullah saw. agar dapat istiqomah saat menunaikannya di bulan Ramadhan kelak. Selain itu, bentuk “latihan” ini pun juga akan tetap dicatat sebagai amalan baik yang dapat menghasilkan buah takwa yang sesungguhnya.

Abu Bakr Al-Balkhi rahimahullah berkata, “Bulan Rajab adalah bulan menanam, bulan Sya’ban adalah bulan menyirami tanaman, dan bulan Ramadhan adalah bulan memanen tanaman.” Beliau juga mengatakan, “Perumpamaan bulan Rajab adalah seperti angin, bulan Sya’ban seperti awan yang membawa hujan dan bulan Ramadhan seperti hujan. Barang siapa yang tidak menanam di bulan Rajab dan tidak menyiraminya di bulan Sya’ban bagaimana mungkin dia memanen hasilnya di bulan Ramadhan.” (dijelaskan dalam Lathaiful-Ma’arif libni Rajab Al-Hanbali halaman 130)

 

Featured Image by Pexels.

 

Artikel Terkait:
BERDOA JUGA ADA ADABNYA
Contoh Istiqomah dalam Beribadah | YDSF
Adab Terhadap Alquran | YDSF
Hukum Shalat dan Puasa Bagi Orang Koma | YDSF
Hukum Puasa Weton dalam Islam | YDSF
MENJADI BULAN HARAM, BENARKAH RAJAB ADALAH BULAN ALLAH? | YDSF
KEUTAMAAN BULAN SYAWAL | YDSF

Tags: bulan sya'ban, amalan bulan sya'ban, keutamaan bulan sya'ban

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: