5 Hal yang Sebaiknya Dilakukan untuk Menyambut Bulan Ramadhan

5 Hal yang Sebaiknya Dilakukan untuk Menyambut Bulan Ramadhan

6 Apr 2021

Sahabat, bulan Sya’ban tersisa beberapa hari lagi, artinya insyaAllah sebentar lagi kita akan menyambut bulan suci Ramadhan. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh kemuliaan di mana Allah Subhanallahu wa Ta’ala memerintahkan kita untuk berpuasa sebulan penuh, di bulan Ramadhan pula Al-Quran diturunkan-Nya sebagai pedoman hidup manusia.

Agar kita bisa maksimal beribadah di bulan Ramadhan, mari persiapkan sebaik-baiknya mulai sekarang. Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya kita lakukan untuk menyambut Ramadhan.

 

  • Bertaubat kepada Allah Swt.

 

Sebagai manusia, kita tak akan pernah luput dari dosa. Maka bertaubat kepada Allah Swt. adalah hal yang harus kita lakukan.

 

إِنَّمَا ٱلتَّوْبَةُ عَلَى ٱللَّهِ لِلَّذِينَ يَعْمَلُونَ ٱلسُّوٓءَ بِجَهَٰلَةٍ ثُمَّ يَتُوبُونَ مِن قَرِيبٍ فَأُو۟لَٰٓئِكَ يَتُوبُ ٱللَّهُ عَلَيْهِمْ ۗ وَكَانَ ٱللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا 

 

“Sesungguhnya taubat di sisi Allah hanyalah taubat bagi orang-orang yang mengerjakan kejahatan lantaran kejahilan, yang kemudian mereka bertaubat dengan segera, maka mereka itulah yang diterima Allah taubatnya; dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (QS. An-Nisa 17)

 

  • Perbanyak zikir kepada Allah Swt dan membaca Al-Qur’an

 

Mengingat Allah Swt. tak hanya di saat shalat, namun juga di setiap aktivitas yang kita lakukan. Terus latih diri kita agar senantiasa berzikir kepada-Nya, tak hanya lisan, melainkan juga hati, serta membaca Al-Qur’an setiap hari.

 

  • Membiasakan diri dengan pola makan di bulan Ramadhan

 

Agar di bulan Ramadhan nanti kita terbiasa makan saat sahur dan berbuka, kita bisa melatih pola ini dengan rajin berpuasa sunnah sebelum Ramadhan tiba. Manfaatkan akhir-akhir Sya’ban dengan memperbanyak puasa kepada Allah Swt.

 

  • Memperbaiki pola tidur agar terbiasa bangun sahur

 

Jangan sampai pola tidur yang tidak teratur mengganggu ibadah kita. Jaga komitmen untuk tidur di jam yang telah ditentukan agar bisa bangun untuk shalat malam dan sahur. Jangan lupa untuk meminta pertolongan Allah Swt. agar dimudahkan-Nya untuk bangun di waktu yang tepat.

 

  • Menata niat dan membuat perencanaan ibadah di bulan Ramadhan

 

Agar ibadah Ramadhan kita bisa maksimal, luruskan lagi niat kita dan buat perencanaan setiap harinya apa saja ibadah yang harus dilakukan. Semoga Allah sampaikan kita di bulan suci dan menerima segala amal kebaikan sebagai bekal di akhirat nanti. Aamiin.

 

Demikian 5 hal yang bisa dilakukan untuk menyambut Ramadhan. Semoga Allah sampaikan kita di bulan penuh kemuliaan untuk mengerjakan amal kebaikan. Jangan lupa untuk memperbanyak sedekah juga ya, Sahabat. Yuk, #InvestasiPahala dengan Sedekah Al-Qur’an untuk para santri di pelosok desa.

Share:


Baca Juga