Waktu Menunaikan Zakat Fitrah | YDSF

Waktu Menunaikan Zakat Fitrah | YDSF

25 April 2022

Dalam sepuluh hari terakhir Ramadhan, ajakan menunaikan zakat fitrah menjadi sangat dimasifkan. Namun, sebenarnya kapan waktu untuk menunaikan zakat fitrah? Apakah harus menunggu masa-masa akhir Ramadhan dulu baru bisa menunaikannya?

Rasulullah saw. mewajibkan zakat fitrah kepada kaum muslim, sebagaimana yang disebutkan beliau dalam hadits berikut: Dari Ibnu ‘Umar r.a., ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fithri dengan satu sho’ kurma atau satu sho’ gandum bagi hamba dan yang merdeka, bagi laki-laki dan perempuan, bagi anak-anak dan orang dewasa dari kaum muslimin. Beliau memerintahkan agar zakat tersebut ditunaikan sebelum manusia berangkat menuju shalat ‘ied.” (Muttafaq ‘alaih).

Maka, tidak ada alasan untuk tidak menunaikan zakat fitrah. Bahkan, anak-anak muslim pun juga wajib ditunaikan zakat fitrahnya. Oleh siapa? Tentunya oleh orang tuanya yang menjadi tulang punggung keluarga.

Utamanya, karena zakat fitrah menjadi salah satu sarana penting untuk dapat menyucikan. Baik hal-hal yang bersifat fisik maupun ruhiyah dari yang menunaikannya.

Besaran takar penunaian zakat fitrah ini pun beragam. Hal ini dikarenakan, pada masa lampau satuan ukuran yang digunakan oleh Rasulullah saw. adalah sha’ (empat kali cakupan penuh dua telapak tangan normal yang digabungkan). Oleh karenanya, saat dikonversikan ke satuan berat masa kini pun terdapat selisih. Untuk mengamankannya (agar tidak terjadi kekurangan), maka dianjurkan melakukan pembulatan bilangan (ukuran) ke angka di atasnya.

Dalam hadits Rasulullah saw. zakat fitrah ditunaikan sebanyak satu sha’. Bila dikonversikan ke kilogram (kg) maka antara 2,176 – 3,0 kg. Beberapa ulama ada yang berpendapat memakai 2,5 kg, tetapi juga ada yang berpendapat baiknya dibulatkan menjadi 3 kg.


Cara menunaikannya pun beragam. Dapat ditunaikan dalam bentuk beras (karena beras merupakan makanan pokok Indonesia) dan dapat ditunaikan dalam bentuk uang. Keduanya sama-sama bisa diterima. Insyaa Allah dapat menjadi penyuci terbaik diri kita.

Baca juga: Zakat Fitrah | YDSF

Sedangkan waktu menunaikan zakat fitrah, sebenarnya dapat dilakukan sejak awal Ramadhan. Berikut penjelasannya.

Waktu Membayar Zakat Fitrah

Terdapat salah satu hadits yang menjadi penguat sebagian besar umat muslim untuk menunaikan zakat fitrah menjelang hari raya Idulfitri. Yaitu: Rasulullah saw. bersabda, “Dan Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma memberikan zakat fithri kepada orang-orang yang berhak menerimanya dan dia mengeluarkan zakatnya itu sehari atau dua hari sebelum hari Raya ‘Idul Fithri.” (HR. Bukhari).

Namun, bila kita menilik kembali lebih detail tentang hal tersebut, maka kita akan menemukan waktu pembagian penunaian (membayar) zakat fitrah selama bulan Ramadhan. Meliputi:

1.       Waktu mubah (boleh), yaitu pada awal bulan hingga hari terakhir Ramadhan;

2.       Waktu wajib, yaitu mulai terbenamnya matahari di akhir bulan Ramadhan (pada malam terakhir bulan Ramadhan menjelang shalat Idulfitri);

3.       Waktu sunnah, yatiu ditunaikan pada usai shalat subuh menjelang shalat Idul Fitri;

4.       Waktu makruh, yaitu pada sesudah shalat Idulfitri hingga sebelum terbenamnya matahari pada hari tersebut;

5.       Waktu haram, yaitu sesudah terbenamnya matahari pada hari raya Idulfitri.

Pada poin lima disebutkan tentang waktu haram penunaian zakat fitrah. Namun, juga ada yang berpendapat bahwa penunaian zakat fitrah setelah shalat Idulfitri hanya akan dicatat sebagai bentuk sedekah, bukan zakat. Pendapat ini sesuai dengan hadits Rasulullah saw. berikut: “Barangsiapa yang menunaikan zakat fithri sebelum shalat maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah.” (HR. Abu Daud)

Nah, Sahabat, sudahkah menunaikan zakat fitrah di Ramadhan tahun ini?

 

Bayar Zakat di Bulan Ramadhan:

 

Tonton Juga:



Artikel Terkait:
Tata Cara Shalat Tarawih dan Witir | YDSF
PERBANYAK SEDEKAH SAAT RAMADHAN | YDSF
Batas Penghasilan Wajib Zakat | YDSF
APA SAJA YANG HARUS DISIAPKAN SEBELUM MENUNAIKAN WAKAF? | YDSF
Siapa yang Harus Membayar Fidyah Istri? | YDSF
WAKTU MEMBAYAR ZAKAT MAAL | YDSF

Tags: Waktu Menunaikan Zakat Fitrah, Waktu Membayar Zakat Fitrah, zakat Fitrah, zakat ydsf, zakat fitrah ydsf

Share:


Baca Juga

Berbagi kebaikan lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: