Tata Cara Shalat Tarawih dan Witir | YDSF

Tata Cara Shalat Tarawih dan Witir | YDSF

7 April 2022

Shalat tarawih dan witir merupakan dua shalat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan selama bulan Ramadhan. Tentu saja ada tata cara dalam mengerjakan shalat sunnah tarawih dan witir ini. Agar, tidak asal dalam mengerjakan amalan.

Penjelasan dan Tata Cara Shalat Tawarih

Shalat tarawih merupakan shalat sunnah yang dilakukan setelah shalat isya’ selama bulan Ramadhan. Keutamaan dari shalat tarawih adalah dapat menjadi salah satu upaya seorang muslim agar dosa-dosa yang lalu dapat diampuni.

Rasulullah saw. bersabda,

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Kata tarawih merupakan bentuk jamak dari kata dalam bahasa Arab tarwihah, yang berarti duduk. Oleh karenanya, dalam mengerjakaan shalat tarawih, setiap selesai dari empat rakaat, maka dianjurkan duduk untuk istirahat.   

Sedangkan, dalam pelaksanaannya dapat dilakukan dalam dua metode. Yaitu dengan 8 rakaat atau pun 20 rakaat. Dalam Majmu’ Al Fatwa, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah menyebutkan bahwa kedua jenis jumlah rakaat dalam shalat tarawih tersebut diperbolehkan untuk dilakukan, serta memang harus mengutamakan kondisi dari yang menunaikannya. Bila, jamaah atau orang yang melakukannya lebih senang dengan 8 rakaat pun tidak menjadi masalah.

Perbanyak Sedekah Saat Ramadhan: bit.ly/runmadhan1443h

Lalu, apakah menunaikan harus dilakukan berjamaah? Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Para ulama sepakat bahwa shalat tarawih itu sunnah. Namun mereka berselisih pendapat apakah shalat tarawih itu afdhol dilaksanakan sendirian atau berjama’ah di masjid. Imam Syafi’i dan mayoritas ulama Syafi’iyah, juga Imam Abu Hanifah, Imam Ahmad dan sebagian ulama Malikiyah berpendapat bahwa yang afdhol adalah shalat tarawih dilakukan secara berjama’ah sebagaimana dilakukan oleh ‘Umar bin Al Khattab dan sahabat radhiyallahu ‘anhum. Kaum muslimin pun terus ikut melaksanakannya seperti itu.” (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 6:39).

Penjelasan dan Tata Cara Shalat Witir

Shalat witir merupakan shalat malam yang harus ditunaikan dengan jumlah rakaat ganjil. Karena, witir dalam bahasa Arab berarti ganjil. Sebagaimana Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya Allah Swt. itu witir dan Dia mencintai yang witir (ganjil),” (HR Bukhari dan Muslim).

Pelaksaan shalat witir dapat dilakukan pada malam hari setelah shalat isya’ dan sebelum shalat subuh (fajar). Sedangkan, jumlah rakaat minimalnya adalah satu.

Berapa jumlah pasti rakaat dari shalat witir?

Rasulullah saw. bersabda, “Witir adalah sebuah keharusan bagi setiap muslim, barang siapa yang hendak melakukan witir lima rakaat maka hendaknya ia melakukankannya dan barang siapa yang hendak melakukan witir tiga rakaat maka hendaknya ia melakukannya, dan barang siapa yang hendak melakukan witir satu rakaat maka hendaknya ia melakukannya.” (HR. Abu Daud no. 1422. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Dalam penunainnya pun dapat dilakukan setiap dua rakaat salam lalu ditutup dengan satu rakaat di akhir. Atau, juga diperbolehkan ditunaikan langsung tanpa ada jeda salam dengan jumlah yang ganjil.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk menunaikan shalat witir?

Aisyah r.a. mengatakan, “Kadang-kadang Rasulullah saw. melaksanakan witir di awal malam, pertengahannya dan akhir malam. Sedangkan kebiasaan akhir beliau adalah beliau mengakhirkan witir hingga tiba waktu sahur.” (HR. Muslim)

Shalat witir disebut juga sebagai shalat penutup di malam hari. Namun, apakah diperbolehkan melakukan shalat tahajud setelah shalat witir (saat usai shalat tarawih)? Boleh. Bahkan, juga diperbolehkan semisal ingin menunaikan kembali shalat witir setelah shalat tahajud (pendapat Ustadz Adi Hidayat). (asm, berbagai sumber)

 

Wakaf di Bulan Ramadhan

 

 

Artikel Terkait:
Hukum Shalat dan Puasa Bagi Orang Koma | YDSF
TIGA TINGKATAN PUASA | YDSF
Panduan Zakat Sedekah Ramadhan | YDSF
TIPS PUASA GADGET DI BULAN RAMADHAN | YDSF
Keistimewaan Puasa Ramadhan | YDSF

Tags: shalat witir, shalat tarawih, witir, tarawih

Share:


Baca Juga

Berinfaq/Bersedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: