Perbanyak Sedekah Saat Ramadhan | YDSF

Perbanyak Sedekah Saat Ramadhan | YDSF

13 April 2022

Salah satu amalan yang dianjurkan untuk diperbanyak selama Ramadhan adalah melakukan infaq atau sedekah. Meski, berinfaq atau bersedekah dapat juga ditunaikan di bulan-bulan selain Ramadhan.

Infaq atau sedekah menjadi salah satu sarana kita untuk bisa mendekatkan diri pula kepada Allah Swt. dengan cara yang paling mudah. Yakni melalui harta yang kita miliki. Definisi harta yang diberikan pun beragam, tidak harus dalam bentuk uang, barang-barang lain pun juga dapat disedekahkan.

Bahkan, menariknya lagi dalam Islam, sedekah atau infaq pun juga tidak terbatas hanya dengan harta saja. Bersedekah ilmu, waktu pun juga dapat dilakukan.

Dalam Lathaif Al-Ma’arif, Ibnu Rajab menyebutkan, “Pada diri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam terkumpul berbagai macam sifat dermawan. Beliau gemar berderma dengan ilmu dan harta beliau. Beliau juga mengorbankan jiwa untuk memperjuangkan agamanya. Beliau juga memberikan manfaat pada umat dengan menempuh berbagai macam cara. Bentuk kemanfaatan yang beliau berikan adalah dengan memberi makan pada orang yang lapar, menasihati orang yang bodoh, memenuhi hajat dan mengangkat kesulitan orang yang butuh.”

Salah Satu Waktu Terbaik untuk Infaq atau Sedekah

Dari Ibnu ‘Abbas r.a., ia berkata, “Nabi saw. adalah orang yang paling gemar bersedekah. Semangat beliau dalam bersedekah lebih membara lagi ketika bulan Ramadhan tatkala itu Jibril menemui beliau. Jibril menemui beliau setiap malamnya di bulan Ramadhan. Jibril mengajarkan Al-Qur’an kala itu. Dan Rasul saw.  adalah yang paling semangat dalam melakukan kebaikan bagai angin yang bertiup.”

Melakukan infaq atau sedekah di bulan lain saja sudah akan mendapatkan ganjaran dari Allah Swt. Utamanya, bila kita memperbanyak infaq atau sedekah tersebut di bulan Ramadhan, insyaa Allah akan semakin berlipat ganda ganjaran yang didapatkan.

Sedangkan, sedekah yang paling mudah diperbanyak di bulan Ramadhan adalah memberi makan untuk orang-orang yang berpuasa. Konteks makan yang dimaksud adalah sahur dan berbuka puasa. Bahkan, hal ini juga dapat dan sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh para muslimah yang sedang haid. Karena, inilah cara Allah Swt. mempermudah mereka untuk tetap mendapatkan ganjaran meski sedang tidak dapat menunaikan puasa Ramadhan.

Baca juga: Tiga Tingkatan Puasa | YDSF

Rasulullah saw. bersabda,

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi)

Mendapatkan Banyak Keutamaan

Ramadhan menjadi bulan yang penuh berkah. Maka, Ramadhan pun menjadi bulan yang penuh dengan keutamaan. Oleh karenanya, hal-hal baik yang dilakukan oleh seorang muslim selama Ramadhan pun juga akan meraih ganjaran yang berlipat ganda.

Sama halnya dengan perbanyak sedekah saat Ramadhan. Akan ada banyak keutamaan yang dapat kita raih saat rutin melakukannya selain janji Allah untuk memberikan ganjaran berlipat ganda.

Pertama, mempermudah sesama muslim yang sedang berpuasa, melakukan shalat malam, dan berdzikir. Mengapa demikian? Ilustrasinya sebagai berikut, Ali bersedekah dengan memberikan makanan buka puasa kepada Budi. Maka, Ali secara tidak langsung telah mempermudah Budi dalam menunaikan ibadah puasa. Ganjaran yang dijanjikan Allah Swt. salah satunya adalah mendapatkan pahala yang sama seperti orang berpuasa (Budi dalam contoh kasus ini).

Kedua, dimudahkan untuk masuk surga bagi siapa saja yang menggabungkan antara puasa dan sedekah. Dari ‘Ali bin Abi Thalib r.a., ia berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya di surga ada kamar yang luarnya bisa dilihat dari dalamnya dan dalamnya bisa dilihat dari luarnya.” Lantas orang Arab Badui ketika mendengar hal itu langsung berdiri dan berkata, “Untuk siapa keistimewaan-keistimewaan tersebut, wahai Rasulullah?” Beliau bersabda, “Itu disediakan bagi orang yang berkata yang baik, memberi makan (kepada orang yang butuh), rajin berpuasa, dan melakukan shalat di malam hari ketika manusia terlelap tidur.” (HR. Tirmidzi)

Ketiga, meraih ampunan dosa dan selamat dari api neraka. Rasulullah saw. bersabda, “Sedekah itu memadamkan dosa sebagaimana api dapat dipadamkan dengan air, begitu pula shalat seseorang selepas tengah malam.” (HR. Tirmidzi)

Selain dari tiga hal yang disebutkan di atas tentang keutamaan memperbanyak sedekah saat bulan Ramadhan, tentu masih banyak lagi lainnya. Semoga kita menjadi orang-orang yang beruntung yang meraih keutamaan karena rajib bersedekah selama bulan Ramadhan. Aamiin. (asm)

 

Sedekah Ramadhan:

 

 

Artikel Terkait:
Tata Cara Shalat Tarawih dan Witir | YDSF
WAKTU MEMBAYAR ZAKAT MAAL | YDSF
Batas Penghasilan Wajib Zakat | YDSF
APA SAJA YANG HARUS DISIAPKAN SEBELUM MENUNAIKAN WAKAF? | YDSF
Siapa yang Harus Membayar Fidyah Istri? | YDSF

Tags: sedekah ramadhan, ramadhan, sedekah

Share:


Baca Juga

Berinfaq/Bersedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: