Doa Memohon Petunjuk | YDSF

Doa Memohon Petunjuk | YDSF

8 Mei 2023

Saat ini, kita hidup di dunia yang penuh fana. Banyak hal yang masih tak jelas benar dan salahnya. Terkadang yang salah dibenarkan dan yang benar disalahkan. Kebohongan dan fitnah masih sering terjadi di sekitar kita. Bahkan, tak jarang pula hal tersebut menimpa diri kita secara langsung. Tak ada manusia yang benar-benar mengetahui kebenaran kecuali Allah Swt.

Maka, sebagai seorang muslim, sudah seharusnya untuk selalu melibatkan Allah Swt. tatkala menghadapi segala urusan. Termasuk ketika ingin mendapatkan petunjuk terhadap sesuatu yang belum tentu benar dan salahnya. Disamping melakukan ikhtiar, hendaklah dibarengi dengan berdoa memohon pertolongan kepada Allah Swt. agar diberi petunjuk.

Memohon Petunjuk Hanya Kepada Allah Swt.

Sebagaimana yang kita tahu, Allah Swt. memiliki nama-nama terbaik berjumlah 99 atau dikenal dengan istilah Asmaul Husna. Salah satu sifat Allah Swt. dalam Asmaul Husna yaitu Al-Hadi atau Maha Pemberi Petunjuk seluruh makhluk ciptaan-Nya terhadap sesuatu yang bermanfaat baginya serta memberi petunjuk atas perkara yang benar dan salah.

Dalam Al-Qur’an Allah Swt. berfirman,

وَكَذَٰلِكَ جَعَلْنَا لِكُلِّ نَبِىٍّ عَدُوًّا مِّنَ ٱلْمُجْرِمِينَ ۗ وَكَفَىٰ بِرَبِّكَ هَادِيًا وَنَصِيرًا

Dan seperti itulah, telah Kami adakan bagi tiap-tiap nabi, musuh dari orang-orang yang berdosa. Dan cukuplah Tuhanmu menjadi Pemberi petunjuk dan Penolong.” (QS. Al-Furqan: 31).

Baca juga: Al-Qur’an Sebagai Petunjuk Hidup yang Benar | YDSF

Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk memohon petunjuk kepada Allah Swt. Namun, tak semua orang bisa mendapatkan petunjuk dari-Nya. Hanya orang-orang yang dikehendaki Allah-lah yang akan mendapatkannya. Sebagaimana firman Allah Swt.,

Sesungguhnya engkau (Muhammad) tidak akan dapat memberi hidayah (petunjuk) kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi hidayah kepada orang yang Dia kehendaki, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk.” (QS. Al-Qasas: 56).

Ayat di atas menceritakan tentang paman Rasulullah saw., Abu Thalib, tatkala mengalami sakaratul maut. Saat itu, Nabi saw. datang untuk menuntunnya mengucap Lailahailallah agar dapat dijadikan sebagai pembelaan ketika menghadap Allah Swt. Namun sayang, hingga akhir hayatnya, Abu Thalib enggan mengucapkannya dan tetap teguh dengan agama Abdul Muthalib.

Lantas Rasulullah saw. bersabda, “Sungguh, akan aku mintakan petunjuk ampunan untukmu (kepada Allah), selama aku tidak dilarang.” (HR. Bukhari dan Muslim). Kemudian turunlah ayat tersebut.

Dari riwayat di atas, kita bisa mengambil hikmah bahwa Allah Swt. akan tetap memberi petunjuk bagi siapapun yang beriman kepada-Nya. Namun, kita tak akan pernah mendapatkannya apabila hingga akhir hidup kita masih dalam kondisi musyrik.

Beruntunglah bagi kita umat muslim, masih bisa memperoleh petunjuk-Nya. Maka, jangan sampai kita menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Hendaklah selalu berikhtiar dan berdoa memohon petunjuk yang haq, hanya kepada Allah Swt.

Baca juga: Berdoa Juga Ada Adabnya | YDSF

Doa Memohon Petunjuk

Rasulullah saw., ketika memohon petunjuk kepada Allah Swt., beliau berdoa,

اللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ، وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلًا وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ، وَلَا تَجْعَلْهُ مُلْتَبِسًا عَلَيْنَا فَنَضِلَّ، وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Allahumma arinal haqqo haqqon warzuqnat tibaa'ahu, wa arinal bathila bathilan warzuqnaj tinaabahu. Wa laa taj'alhu multabisan 'alayna fanadlilla, waj'al a lilmuttaqiina imaama.

“Ya Allah tunjukkanlah kepada kami yang benar itu benar dan bantulah kami untuk mengikutinya, dan tunjukkanlah kepada kami yang batil itu batil dan bantulah kami untuk menjauhinya. Janganlah Engkau menjadikannya samar di hadapan kami sehingga kami tersesat. Dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.” (HR. Ahmad).

Semoga Allah selalu memberikan kita petunjuk yang haq, dan menjauhkan kita dari yang bathil. Aamiin. (berbagai sumber)

 

Saatnya Qurban Lebih Awal:

 

Artikel Terkait:

Doa Pagi Hari Ajaran Nabi Muhammad saw. | YDSF
Berdoa Juga Ada Adabnya | YDSF
Orang-Orang Yang Didoakan Malaikat | YDSF
Melangitkan Doa untuk Menjemput Harapan | YDSF
Doa Memohon Ketakwaan & Kesucian Jiwa | YDSF
Empat Cara Menjemput Rezeki | YDSF
Tips Menjaga Hati | YDSF
Tips Shalat Khyusuk | YDSF
Makna Qurban dalam Islam | YDSF

Tags: Doa, doa islam, doa memohon petunjuk, memohon petunjuk

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: