Doa Memohon Kesabaran, Keteguhan, dan Ketaatan | YDSF

Doa Memohon Kesabaran, Keteguhan, dan Ketaatan | YDSF

24 Oktober 2022

Untuk dapat menjadi pribadi yang penuh dengan kesabaran, keteguhan, dan ketaatan, maka perlu kita iringi setiap langkah hidup dengan rajin berdoa. Sebagaimana kita ketahui bahwa menjadi demikian bukanlah hal yang mudah. Tantangan dalam menahan emosi dan keteguhan hati sering kali hadir. Maka, bersandar kepada Allah merupakan salah satu ikhtiar terbaiknya. 

Kehidupan manusia di dunia ini bagaikan roda yang berputar, kadang berada di posisi atas, kadang juga di bawah. Boleh jadi hari ini seseorang merasakan kebahagiaan, esok lusa bisa jadi merasakan kesedihan. Sebab, tidak akan mungkin manusia merasakan salah satu dari kedua hal tersebut. Sebagaimana Allah Swt. berfirman,

وَأَنَّهُ هُوَ أَضْحَكَ وَأَبْكَىٰ

Dialah Allah yang menjadikan seorang tertawa dan menangis.” (QS. An-Najm: 43).

Allah menciptakan suka dan duka untuk hambaNya, tak lain untuk menguji keimanan kita. Terlebih saat kita merasakan duka dan kesedihan. Beberapa dari kita jika mengalami hal tersebut pasti mengeluh, berlarut dalam kesedihan, hingga merasa hidup ini tidak adil.

Padahal, kesedihan dari Allah menandakan sayangnya Allah kepada kita, rindunya Allah kepada sujud kita, curhatan kita, juga doa kita. Maka, jika kita sedang mengalami kesedihan, kesulitan, kesempitan, bersimpuhlah di hadapan Allah seraya bersabar. Seperti ketika Nabi Ya’qub a.s. mengadu saat lama berpisah dengan putranya Nabi Yusuf a.s.,

إِنَّمَا أَشْكُو بَثِّي وَحُزْنِي إِلَى اللَّهِ

Sesungguhnya hanya kepada Allah aku mengadukan penderitaan dan kesedihanku.” (QS. Yusuf: 86)

Baca juga: Menyikapi Ujian Sebagai Peningkat Kualitas Iman | YDSF

Menjaga Kesabaran dan Keteguhan Iman

Secara bahasa, sabar berarti menahan diri dari sesuatu. Secara istilah, kesabaran dapat diartikan sebagai sikap tidak mudah menyerah, menahan diri (dari hal yang buruk), serta tidak lemah dan tetap semangat dalam menghadapi setiap takdir yang diberikan Allah Swt. Dalam Islam, sabar terbagi menjadi tiga macam. Di antaranya:

1.   Sabar dalam ketaatan kepada Allah

Yaitu sabar melaksanakan setiap perintah yang Allah berikan kepada kita. Seperti perintah shalat 5 waktu, puasa ramadhan, zakat, dan ibadah lainnya. Ada masa saat kita akan melaksanakan ibadah merasa berat, malas, bahkan terlena sebab urusan duniawi. Oleh karenanya, Allah memerintahkan hambaNya untuk senantiasa menjaga kesabarannya dalam menjaga ketaatan. Dalam Al-Qur’an, Allah berfirman,

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اصْبِرُوا وَصَابِرُوا وَرَابِطُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

 

Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.” (QS. Ali Imran: 200)

 

2.   Sabar Menjauhi Hal-hal yang Dilarang Allah

Yaitu sabar dalam menghindari hal apapun yang dilarang oleh Allah Swt. Menahan diri dari perbuatan yang haram, seperti berbohong, mencuri, riba, zina, minuman keras, dan yang lainnya. Tentu, membutuhkan kesabaran yang ekstra untuk bisa melawan hawa nafsu yang ada dalam diri kita.

 

3.   Sabar Menghadapi Ujian/Cobaan dari Allah

Yaitu sabar dalam menerima ujian atau cobaan yang diberikan oleh Allah Swt. kepada kita. Seperti saat mendapat musibah bencana alam, kehilangan harta, kehilangan keluarga, atau saat diuji sakit badannya. Tak hanya bersabar saja, saat-saat seperti ini seseorang perlu memotivasi diri sendiri dan mengusahakan yang terbaik agar tidak berlarut dalam kesedihan. Selain itu, juga menyerahkan diri kepada Allah Yang Maha Segalanya.

Memang bersabar tak semudah sekedar berucap. Butuh latihan dan keteguhan iman untuk bisa terus bersabar dalam segala hal. Oleh karenanya, Allah memberikan pahala yang besar bagi siapapun yang bersabar. Seperti dalam firmanNya, “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS. Az-Zumar: 10)

Baca juga: Belajar Sabar dari Kisah Nabi Ayyub as. | YDSF

Doa Memohon Kesabaran, Keteguhan, dan Ketaatan

Bagaimana jika kita susah untuk bersabar? susah menjaga keteguhan hati dan ketaatan kepada Allah? Maka, salah satu yang bisa selalu kita lakukan yaitu berdoa kepada Allah Swt. Jangan hanya sekali dua kali, namun teruslah berdoa kepada Allah. Pasti Allah akan memberikan yang terbaik bagi hambaNya.

Berikut doa memohon kesabaran, keteguhan, dan ketaatan:

رَبَّنَآ اَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَّثَبِّتْ اَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Rabbanā afrig ‘alainā ṣabraw wa ṡabbit aqdāmanā wanṣurnā ‘alal-qaumil-kāfirīn

Artinya: “Ya Tuhan kami, tuangkanlah kesabaran atas diri kami, dan teguhkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir.” (QS. Al Baqarah: 250)

Semoga Allah Swt. menjadikan kita sebagai golongan orang-orang yang memiliki kesabaran, keteguhan, dan ketaatan kepadaNya. Aamiin.

 

Disadur dari Majalah Al Falah Edisi 388 Bulan Juli 2020

 

Sedekah Online:


 

Artikel Terkait:

Sabar Menghadapi Ujian Sakit | YDSF
Doa Pagi Hari Ajaran Nabi Muhammad saw. | YDSF
Orang-Orang Yang Didoakan Malaikat | YDSF
Melangitkan Doa untuk Menjemput Harapan | YDSF
Bagaimana Seorang Muslim Menyikapi Musibah | YDSF
4 Perkara yang Merusak Iman | YDSF
Bukti dari Keimanan | YDSF

Tags: doa, doa memohon kesabaran, doa memohon ketaatan, ydsf

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: