5 Keistimewaan Hari Senin dalam Islam | YDSF

5 Keistimewaan Hari Senin dalam Islam | YDSF

26 Februari 2024

Hari Senin dalam Islam sejatinya memiliki banyak keistimewaan. Meski hari yang terhitung sebagai hari kedua dalam kalender Hijriah ini identik dengan penuh keluhan. Ia muncul setelah libur akhir perkan berakhir. Sehingga, mau tidak mau setiap orang harus kembali menjalani rutinitasnya, mulai dari yang sekolah serta mereka yang telah bekerja.

Istilah I Hate Monday atau Monday Blues menjadi bentuk ungkapan ekspresi keenggangan diri untuk memulai kembali aktivitas pada hari Senin. Padahal dalam Islam sendiri, hari Senin merupakan hari yang penuh dengan keistimewaan. Hari Senin merupakan hari di mana pintu-pintu surga terbuka lebar, sehingga kita bisa melakukan beragam kebaikan sebagai ladang pahala.

Keistimewaan hari Senin sangat beragam, jadi kita sebagai hamba Allah yang beriman, harus selalu berfikir optimis dan menjadikan hari Senin sebagai hari awal pengiringnya amal kebaikan bagi tiap muslim.

Keistimewaan Hari Senin dalam Islam

Berikut kami rangkum lima keistimewaan hari Senin dalam Islam:

1.       Diberkahi dengan kelahiran Rasulullah saw.

Hari Senin memiliki nilai sejarah yang luar biasa dalam Islam, karena pada hari itu Nabi Muhammad saw. dilahirkan, diangkat menjadi nabi dan hari Senin pula beliau wafat. Kedatangan baginda sebagai Rahmat bagi seluruh alam sangat memberikan inspirasi dan petunjuk bagi umat Islam.

 

Dari hadits yang dinarasikan oleh Abu Qatadah al-Anshari r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Hari tersebut merupakan hari aku dilahirkan, dan hari aku diutus atau diturunkannya Al-Qur’an kepadaku pada hari tersebut.” (HR. Imam Muslim).

 

 

2.       Dosa-dosa akan diampuni

Keistimewaan hari Senin dalam Islam yang kedua adalah diampuni dosa-dosa kita. Pada hari minggu malam kita seringkali mengeluh karena sebentar lagi akan bertemu dengan hari Senin. Padahal seharusnya kita lebih semangat ketika mengingatnya, hari Senin dosa-dosa tiap makhluk akan diampuni oleh Allah Swt, sehingga kita harus bersyukur ketika Senin tiba.

 

Rasulullah saw. bersabda, “Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan kamis, maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu, dikatakan, Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Imam Muslim dan Abu Hurairah).

Baca juga: Keutamaan Puasa Senin Kamis| YDSF

3.       Dianjurkan Rasulullah saw. untuk berpuasa

Hari Senin merupakan hari yang special bagi kita sebagai umat muslim karena kita bisa berpuasa sunnah sebagaimana yang dianjurkan oleh Rasulullah saw.

Sebagaimana yang terdapat dalam sebagian hadits dari Aisyah r.a. ia mengatakan, “Rasulullah saw. sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis.”

Dari Abu Hurairah r.a. Rasulullah saw. menyampaikan alasan puasanya pada kedua hari tersebut, “Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari Senin dan kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.”

Pada riwayat lain, Aisyah r.a. berkata, “Rasulullah saw. biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan kamis.” (HR. An-Nasai dan Ibnu Majah).

 

Dengan berpuasa di hari Senin dan Kamis, kita dapat mendapatkan berbagai manfaat yang bisa kita dapat mulai dari menambah amalan, menghindarkan diri dari godaan hawa nafsu hingga sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang sudah kita dapatkan.

 

4.       Kesempatan baru untuk memulai

Meski menjadi hari kedua dalam kalender Islam, Senin justru menjadi hari pertama dalam kalender Masehi. Oleh karenanya, ia dianggap sebagai “awal” dalam kalender mingguan. Rasulullah saw. mengajarkan bahwa setiap amal perbuatan dimulai dengan niat, dan hari Senin memberikan kesempatan ideal untuk merencanakan kebaikan dan memberdayakan diri untuk mencapai tujuan.

 

5.       Hari yang baik untuk berbagi kepada sesama

Sebagaimana hari di mana pintu-pintu terbuka lebar, hari Senin adalah kesempatan baik untuk kita dalam melakukan kebaikan. Ada banyak kebaikan yang bisa kita lakukan, salah satu amal baik yang mendatangkan banyak pahala yakni dengan berbagi kepada sesama. Dengan berbagi, kita dapat memberikan banyak manfaat kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Setelah mengatahui betapa istimewanya hari Senin, mari jadikan menjadikannya sebagai sumber inspirasi dan motivasi baru, amalkan sunah, renungkan ajaran Nabi Muhammad saw., dan manfaatkan kesempatan untuk memulai sesuatu yang baik. (berbagai sumber)

 

 

Zakat Mudah


 

Artikel Terkait:

Pesan Rasulullah Saw. Untuk Umat Muslim Jelang Akhir Zaman | YDSF
ZAKAT DAN PAJAK | YDSF
Mendahulukan Qadha Puasa, Lalu Puasa Syawal | YDSF
KEJAR BERKAH, RUTIN SEDEKAH | YDSF
Garage Sale, SD Al-Hikmah Tanamkan Rasa Empati dan Jiwa Wirausaha Kepada Siswa
PERBEDAAN ZAKAT, INFAQ, SEDEKAH, DAN WAKAF | YDSF

 

Paket Hangat untuk Palestina



Tags: keistimewaan hari senin, keutamaan hari senin, senin istimewa, hari senin, ydsf, hari senin keutamaan

Share:


Baca Juga

Sedekah di YDSF lebih mudah, melalui: