Penyaluran Program YDSF Juni 2023

Penyaluran Program YDSF Juni 2023

27 Juni 2023

Alhamdulillah, berkat amanah dari Sahabat Donatur, Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) dapat mendistribusikan beberapa penyaluran bantuan program periode Juni 2023. Berikut ringkasan distribusi program YDSF selama periode Juni 2023:

Warga Turki dan Suriah Nikmati Iftar dan Bingkisan Ramadhan YDSF

Tidak hanya berkontribusi menyalurkan Ramadhan ke pelosok negeri, YDSF bersinergi dengan Al Khair Foundation realisasikan ratusan paket iftar dan bingkisan Ramadhan ke Turki. Bertempat di Adana, Gazianteb, Turki, sebanyak 750 paket Iftar dan 60 paket Bingkisan Lebaran disalurkan untuk 810 penyintas gempa yang masih tinggal di tenda pengungsian. Paket dengan total nilai Rp61,3 juta itu disalurkan dalam jangka waktu sepekan pada pertengahan April lalu.

Beragam Fasilitas Gratis Dinikmati Pemudik di Masjid Rest Area 725 A Tol Sumo

Momen mudik lebaran lalu, YDSF menyediakan beragam fasilitas yang dapat dimanfaatkan di Masjid Rest Area 725 A Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo). Pemudik yang berhenti di rest area untuk istirahat dan ibadah, sekaligus dapat menikmati berbagai layanan gratis yang disediakan YDSF. Layanan seperti ruang istirahat, ruang laktasi, pijat refleksi, playground, minuman hangat, dan charging station turut serta melengkapi tenda YDSF Corner yang disediakan bagi pemudik yang singgah. Selama Ramadhan YDSF juga rutin membagikan takjil dan buka puasa gratis untuk musafir dan jamaah masjid yang datang. Sebanyak 150 hingga 200 paket buka puasa disediakan setiap harinya.

Pesantren Ramadhan bagi Warga Ruperbaya

Mendukung fungsi rutan sebagai lembaga restorasi kepribadian warga binaannya, YDSF turut memberikan sumbangsih kepada Rutan Perempuan Kelas II A Surabaya dalam bentuk kegiatan Pesantren Ramadhan. Dilaksanakan di penghujung Ramadhan 1444 H, sebanyak 120 wanita warga binaan rutan ikuti rangkaian Pesantren Ramadhan. Digelar di Masjid Al-Insyiroh Rutan, kegiatan diawali dengan tausiah yang dibawakan oleh Ustadz Abu Wildan dengan membawakan tema ‘Tersenyum’. Selanjutnya kegiatan ditutup dengan lomba merangkai parsel. Terselenggaranya kegiatan ini sekaligus memberikan kehangatan momen lebaran bagi warga binaan rutan.

Puluhan Guru Sekolah Islam di Pelosok NTT Dapat THR dari YDSF

Berbagi kebaikan selama Ramadhan gencar dilakukan YDSF. Tak terkecuali juga dengan mendukung kesejahteraan tenaga pendidik. Pada pertengahan April lalu, YDSF merealisasikan santunan Rp24 juta untuk 49 guru di pelosok Provinsi Nusa Tenggara Timur. Berbagai guru sekolah Islam dan guru mengaji yang tersebar di Manggarai Barat dan Manggarai Timur mendapatkan THR senilai Rp500 ribu perorang itu. Iskandar Mala (45), salah satu guru Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Amin Rangke Desa Biting, Kecamatan Elar, Manggarai Timur mengaku hanya mendapatkan gaji Rp250 ribu setiap bulannya. Dengan adanya THR YDSF, ia mengaku senang mendapatkan tambahan pemasukan, apalagi saat mendekati momen lebaran.

Balita Penderita Luekimia Terima Bantuan YDSF

Mengidap luekimia (kanker darah) sejak 2021, Aira (5) kini terpaksa dirawat di rumah sakit. Ayahnya yang hanya berkerja sebagai buruh serabutan harus menanggung banyak biaya pengobatan. Pekerjaan sebagai buruh bangunan yang biasanya ia kerjakan, tidak mencukupi dan tersendat lantaran harus menemani Aira di Rumah sakit. Dalam kesempatan itu, YDSF menyalurkan bantuan dari dana zakat senilai Rp3,5 juta untuk biaya pengobatan Aira. Maradian, ayah Aira mengucapkan rasa terima kasih dan turut mendoakan agar zakat yang tersalurkan mendapat berkah dari Allah Swt.

Halal Bihalal Koordinator Donatur Mojokerto

Terlaksana pada pertengahan Mei, Forum Komunikasi Koordinator Donatur (FK2D) wilayah Mojokerto mengadakan kegiatan halal bihalal. Kegiatan yang masih dilaksanakan pada bulan Syawal ini, sekaligus sebagai upaya mempererat komunikasi dan koordinasi dalam memberikan layanan prima kepada donatur. Diikuti sekitar 26 koordinator donatur di berbagai titik di Mojokerto, diharapkan YDSF dapat berekspansi lebih luas dan solid, khususnya di wilayah Gerbangkertasusila.

Beragam Kegiatan dan Bantuan untuk Yatim dan dhuafa Lumajang

Menyatu dalam kebaikan selama Ramadhan lalu, YDSF telah menyalurkan kemanfaatan di berbagai titik di Lumajang. Tiga pekan selama Bulan Ramadhan, YDSF serempak menggelar kegiatan Buka Puasa & Takjil Bersama di beberapa tempat, seperti Dusun Bungkus dan Dusun Burno. Kegiatan dengan total penyaluran senilai Rp42,5 juta itu ikut dirasakan oleh anak yatim, dhuafa, dai, hingga donatur.

Masih diperuntukkan bagi anak yatim, janda, dan dhuafa. 108 karung beras senilai Rp6 juta dibagikan untuk warga Dusun Sukorejo Rambaan, Dusun Kertowono dan di Pesisir Lumajang. Beasiswa Tahfidz Tahap III juga direalisasikan untuk 16 anak asuh dengan total nilai Rp8 juta.

Sedangkan menjelang Hari Raya Idulfitri, YDSF turut menyalurkan Bingkisan Lebaran senilai total Rp15 juta untuk 75 orang. YDSF juga menyediakan layanan ceramah bagi santri di Cahaya Al-Quran, Jogoyudan, Lumajang.

Salurkan Zakat hingga Edukasi Ziswaf dan Layanan Psikologi di Banyuwangi

Bermitra dengan Lembaga Pelayanan Psikologi (LPP) Ekshafit, YDSF menggelar edukasi zakat, infak, shadaqah, wakaf (Ziswaf) dan layanan konsultasi psikologi di SMA Negeri 1 Banyuwangi. Dalam kegiatan yang dilangsungkan pada pertengahan April lalu, YDSF juga turut memberikan apresiasi kepada siswa berprestasi. Bantuan masing-masing senilai Rp200 ribu disalurkan untuk empat siswa sebagai bentuk kepedulian YDSF kepada pelajar kurang mampu.

Tidak turut ketinggalan, selama Ramadhan lalu 500 paket takjil dan 500 paket buka puasa senilai Rp15 juta disalurkan di berbagai lembaga pendidikan, pondok pesantren, hingga mushala di Banyuwangi. Penyaluran zakat maal juga direalisasikan bagi mustahik secara bertahap selama sepekan di penghujung Ramadhan. Salah satunya bantuan senilai Rp19,5 juta disalurkan untuk 78 mustahik yang masing-masing berhak menerima uang Rp250 ribu.

Bahagiakan Ratusan Anak Yatim, Dhuafa, dan Guru Ngaji di Gresik

Bertempat di Graha Zakat YDSF Gresik dan Gressmall, kolaborasi YDSF dan Lazis PLN Nusantara Power (sebelumnya Lazis PJB) salurkan kebahagiaan untuk 243 anak yatim dan dhuafa. Zakat biaya hidup dan beasiswa pendidikan senilai Rp629,7 juta ini direalisasikan pada pertengahan April lalu.

Masih dalam momen yang sama, YDSF juga realisasikan insentif 99 guru mengaji di Gresik dengan total nilai Rp49,5 juta. Selama Ramadhan 1444 H, YDSF juga berkolaborasi dengan PSHT Rayon Pesisir salurkan 200 paket takjil bagi pengguna Jalan Martadinata, Gresik.

Tebar Ribuan Berkah Ramadhan di Sidoarjo

Keberkahan selama Ramadhan lalu turut dirasakan langsung oleh masyarakat Sidoarjo. Sekitar 1.690 penerima manfaat bahagia mendapatkan bantuan YDSF di bulan penuh berkah itu. Dalam momen Ramadhan lalu, YDSF turut menebar berkah dengan menyalurkan 600 paket buka puasa, 1.200 paket takjil, 100 paket bingkisan lebaran, dan 60 paket santunan pendidikan dengan total Rp167 juta.

Di momen yang sama, YDSF juga realisasikan insentif untuk Guru A-Qur’an dan sekolah Islam senilai Rp90 juta untuk 180 penerima manfaat.

Bahagiakan Penyintas Gempa Cianjur, YDSF Adakan Buka Bersama dan Bagi-bagi Zakat

Tepat di penghujung Ramadhan lalu, sekitar 200 masyarakat penyintas gempa Cianjur di Kampung Kedung Girang, Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang melangsungkan buka puasa bersama di kompleks hunian sementara Kampung Harmoni YDSF. Warga turut bergotong-royong untuk semarakkan buka puasa bersama yang digelar di tanah lapang tersebut.

Selain itu, YDSF juga realisasikan bantuan zakat fitrah untuk 186 mustahik terdampak di Kampung Bojong Limus, Desa Cibadak, Kecamatan Cibeber. Kegiatan itu sekaligus menjadi pelipur lara bagi warga Cianjur pasca gempa tahun lalu.

 

Selengkapnya: Ragam Penyaluran YDSF Juni 2023

 

Kejar Berkah, Istiqamah Sedekah


 

Artikel Terkait

Berdoa dengan Menyebut Nama Perantara (Tawassul) Orang yang Sudah Meninggal | YDSF
ZAKAT MAAL BULANAN | YDSF
Perintah dan Manfaat Muhasabah | YDSF
ZAKAT UNTUK HARTA CICILAN | YDSF
Perbedaan Shalat Tahajud dan Shalat Lail | YDSF
BOLEHKAH ZAKAT MAAL DALAM BENTUK BARANG? | YDSF
Tidak Shalat Jumat Lebih dari Tiga Kali | YDSF
PERBEDAAN ZAKAT, SEDEKAH, DAN WAKAF | YDSF

 

Perjuangan Dion (Seorang Yatim yang Hanya Hidup dengan Neneknya) Wujudkan Asa



Tags: penyaluran ydsf, penyaluran program ydsf, penyaluran ydsf juni 2023

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: