Meraih Qurban Terbaik | YDSF

Meraih Qurban Terbaik | YDSF

30 Juni 2022

Jelang Iduladha, kita pasti ingin mempersiapkan penunaian qurban yang terbaik. Sehingga, untuk meraihnya, kita perlu memilih tempat penunaian yang benar-benar amanah dan profesional. Salah satunya, Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF). 

Secara bahasa, qurban berasal dari kata (qaruba) yang berarti mendekat. Qurban disebut juga dengan udhiyahyang berarti hewan sembelihan. Secara umum ibadah qurban diartikan sebagai penyembelihan hewan ternak dengan niat untuk mendekatkan diri kepada Allah. Qurban adalah salah satu syiar Allah. Qurban merupakan salah satu sarana untuk mengingat kebesaran Allah pada saat Idul Adha dan hari tasyrik.

“Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan syiar-syiar Allah, maka sesungguhnya hal itu timbul dari ketakwaan hati.” (QS Al Hajj ayat 32)

Para ahli tafsir menyebut, mengagungkan syariat Allah dalam hal qurban adalah dengan memilih qurban terbaik. Memilih qurban yang paling sehat, paling gemuk dan banyak dagingnya, serta paling sehat.

Qurban berbeda dengan haji yang cukup sekali dan seumur hidup. Setiap tahun jika kita mampu dan menjumpai bulan qurban, maka kita disunnahkan untuk berqurban. Ketentuan minimal hewan qurban adalah satu kambing untuk satu orang serta satu sapi boleh patungan untuk tujuh orang. Perlu diperhatikan perhitungan ini adalah standar minimal. Jika mampu berqurban lebih, akan lebih baik. Misalnya satu sapi untuk satu orang atau satu orang berqurban lebih dari satu kambing.

Pertanyaan selanjutnya, lebih utama mana qurban satu kambing atau patungan sapi? Imam Sya­fi’i mengatakan, “Kambing (sendirian) lebih baik dari pada urunan sapi tujuh orang. Karena orang yang berqurban bisa menumpahkan darah (menyembelih) sendirian,” (Al Muhadzab 1:74). Imam Abu Hanifah mengatakan kambing lebih baik dari pada sapi.

Ada perbedaan di antara para ulama’. Pada zaman nabi dan kebanyakan masyarakat Arab, mereka menyembelih hewan qurbannya sendiri. Hal ini yang mendasari pendapat Imam Syafi’i. Kemudian yang perlu diperhatikan adalah masyarakat Indonesia belum banyak yang mampu menyembelih qurbannya sendiri, sehingga sapi patungan bisa menjadi salah satu solusi agar tidak banyak hewan yang disembelih.

Dari perbedaan pendapat tentang hewan qurban ada satu kesamaan, yaitu qurban terbaik adalah yang paling bermanfaat untuk umat. Kambing besar untuk satu orang tentu lebih baik daripada satu sapi sederhana untuk tujuh orang.

Hal ini pula lah yang mendasari YDSF untuk selalu memberikan hewan qurban terbaik untuk umat sebagai salah satu usaha untuk mengagungkan syiar Allah.

Qurban untuk Keluarga

Imam Khatib Syarbini dalam kitab Mughni Al Muhtaj menjelaskan bahwa sunnah qurban dibagi menjadi dua. Sunnah ainiyah dan sunnah kifayah. Sunnah kiniyah disebut juga sunnah perorangan, artinya setiap muslim yang mampu disunnahkan untuk melaksanakan qurban. Satu orang satu qurban, baik kambing atau patungan sapi.

Sedangkan sunnah kifayah maksudnya adalah sunnah untuk sebagian orang (keluarga), artinya jika satu keluarga sudah ada yang melaksanakan qurban, maka kesunnahan yang lain sudah gugur. Namun, jika salah satu anggota keluarga mau berqurban lagi tetap mendapat keutamaan sunnah qurban. Sunnah Kifayah ini berdasarkan riwayat bahwa Nabi Muhammad menyembelih qurban seraya berkata, “(pahala) hewan sembelihan ini adalah untukku dan ahli baitku.”

Untuk masalah pahala, yang mendapatkan pahala hanya yang diniatkan untuk berqurban. Misalnya seorang kepala keluarga berqurban dengan niat untuk dirinya sendiri, pahalanya hanya untuk dirinya sendiri. Menurut pendapat sunnah kifayah keluarganya sudah tidak diminta untuk berqurban. Namun jika ia berniat untuk satu keluarga seperti yang dicontohkan nabi, maka semua anggota keluarganya mendapat pahala.

Kedua pendapat ini tentu merupakan kabar baik bagi setiap muslim. Bagi yang hanya mampu berqurban satu kambing tidak perlu bingung menentukan qurban ini atas nama siapa. Selanjutnya bagi yang mempu berqurban lebih dari satu tentu lebih utama.

 

Sumber Majalah Al Falah Edisi Juli 2021


Qurban di YDSF:


Artikel Terkait:

Qurban pada Masa Nabi Muhammad | YDSF
HUKUM BAYAR AQIQAH UNTUK DIRI SENDIRI | YDSF
QURBAN, REFLEKSI PENGORBANAN HAQIQI | YDSF
QURBAN UNTUK ORANG MENINGGAL | YDSF
Perbedaan Zakat, Sedekah, dan Wakaf | YDSF


#EkspedisiQurbanYDSF

Tags: qurban, qurban terbaik ydsf

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: