Khatam Al-Qur’an di Bulan Ramadhan | YDSF

Khatam Al-Qur’an di Bulan Ramadhan | YDSF

29 Maret 2023

Salah satu amalan yang dapat dilakukan secara rutin dan diperbanyak selama Ramadhan adalah tadarus Al-Qur’an. Membacanya, mempelajarinya, dan memperbanyak khatam di bulan penuh keberkahan ini.

Terdapat banyak peristiwa penuh hikmah yang terjadi di bulan Ramadhan saat masa Rasulullah saw. hingga kejayaan Islam di era-era berikutnya. Begitu sayangnya Allah Swt. terhadap kaum muslim. Sedangkan, salah satu peristiwa penuh rahmat yang selalu menjadi momen paling dinantikan setiap Ramadhan adalah turunnya kitab suci Al-Qur’an.

Allah Swt. berfirman, “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). ...” (QS. Al-Baqarah: 185).

Dalam surah lain, tepatnya Al-Qadr, juga secara jelas Allah Swt. berfirman menyebutkan bahwa Al-Qur’an diturunkan pada malam penuh kemuliaan. Yaitu malam lailatul qadr yang hanya bisa kita jumpai saat Ramadhan.

Begitu mulianya Ramadhan, Allah Swt. juga menurunkan kitab-kitab sebelum Al-Qur’an pada bulan ini. Dari Watsilah bin Al-Asqa’, Rasulullah saw. bersabda, “Shuhuf Ibrahim diturunkan pada awal Ramadhan. Taurat diturunkan pada awal-awal Ramadhan. Injil turun pada 13 Ramadhan. Sedangkan Al-Qur’an diturunkan oleh Allah pada 24 Ramadhan.” (HR. Ahmad).

Dikutip dari laman Republika, terdapat tiga pendapat dari para ulama tentang kapan dan metode turunnya Al-Qur’an kepada Rasulullah saw., yaitu:

1.       Al-Qur’an diturunkan dengan ayat lengkap (semuanya) ketika lailatul qadr ke baitul izzah atau langit dunia dari Lauh al Mahfudz. Kemudian, barulah diturunkan secara berangsur-angsur kepada Rasulullah saw. melalui malaikat Jibril selama 20 -3 23 tahun. Yang mana dimulai dengan wahyu pertama beliau yaitu surah al-Alaq ayat 1-5;

2.       Al-Qur’an diturunkan secara berangsur-angsur ke langit dunia pada malam ke 20 atau 23 lailatul qadr selama 20-23 tahun. Barulah, setelah lengkap di langit dunia, malaikat Jibril diutus oleh Allah Swt. untuk menurunkannya melalui wahyu kepada Rasulullah saw. selama 20-23 tahun;

3.       Al-Qur’an diturunkan langsung kepada Rasulullah saw. secara berangsur-angsur selama lebih dari 20 tahuin dan dimulai saat lailatul qadr.

Perbanyak Khatam Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

Telah jelas, bahwa Ramadhan menjadi bulannya Al-Qur’an. Maka, alangkah indahnya bila kita memperbanyak membaca kitabullah itu. Justru, juga akan menjadi lebih sempurna saat kita mau dan mampu memperbanyak jumlah khatam Al-Qur’an di bulan Ramadhan.

Rasulullah saw. bersabda, “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan “alif lam mim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469).

Untuk mampu melakukannya, tentu ada kiat-kiat khusus yang perlu dilakukan agar tetap semangat dan istiqamah. Berikut, tips agar Sahabat dapat lebih mudah mengkhatamkan Al-Qur’an selama Ramadhan:


Bismillah, semoga tahun ini kita dapat menjadi insan yang lebih berkualitas. Mengerjakan amalan-amalan sunah Lillahi Ta’ala.

 

Menyatu dalam Kebaikan Ramadhan


 

Artikel Terkait

Waktu Terbaik Terkabulnya Doa | YDSF
ZAKAT DARI UANG PESANGON PENSIUN | YDSF
Mendahulukan Jamak-Qashar dalam Shalat Fardhu | YDSF
FIDYAH DALAM ISLAM DAN KETENTUANNYA | YDSF
Siapa yang Harus Membayar Fidyah Istri? | YDSF
WAKTU MEMBAYAR ZAKAT MAAL | YDSF
Sujud Setelah Shalat | YDSF
BONUS GAJI ATAU THR MASUK HITUNGAN ZAKAT PENGHASILAN | YDSF

 

Kejar Berkah, Rutin Bersedekah | Ustadz Taufiq AB



Tags: khatam al-qur'an, khatam al-qur'an ramadhan, ydsf

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: