Hari Amal Bhakti | YDSF

Hari Amal Bhakti | YDSF

1 Januari 2024

Hari Amal Bhakti merupakan peringatan yang ditetapkan untuk meryakan semangat pelayanan kepada masyarakat. Secara khusus, peringatan ini dikeluarkan oleh Kementrian Agama. Kita diingatkan akan pentingnya dedikasi, kepedulian, dan kontribusi terhadap kesejahteraan bersama. Peringatan ini bukan hanya sekadar euforia, tetapi panggilan untuk bersatu demi menciptakan perubahan positif dalam kehidupan sesama. Menjadikannya momen untuk kembali menguatkan tekad dan semangat dalam memberikan yang terbaik bagi lingkungan sekitar.

Pertama kali, penamaannya bukan Hari Amal Bhakti. Berawal dari penetapan Menteri Agama Nomor 6 Tahun 1956, yang menjadikan tanggal berdirinya Departemen Agama RI pada 3 Januari 1946 sebagai peringatan milad setiap tahunnya. Lalu, pada 3 Januari 1980, penamaannya berubah menjadi Hari Amal Bhakti Kementerian Agama RI.

Perubahan tersebut mengandung makna bahwa seluruh jajaran Kemenag harus meneruskan amal bakti dalam melayani dan membimbing kehidupan beragama di Indonesia. Sebutan Hari Amal Bhakti juga dimaksudkan agar peringatan hari jadi Kemenag membawa banyak dampak baik sekaligus manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Karena itu, Hari Amal Bhakti selalu dimeriahkan dengan kegiatan-kegiatan positif seperti donor darah, gerak jalan sehat, doa bersama, pentas seni, dan sebagainya.

Selain itu, perubahan makna ini juga mengandung makna bahwa Kementerian Agama merupakan salah satu rentetan konsesus nasional mengenai dasar dan ideologi negara, yakni Pancasila.

Baca juga: Amalan Ringan Berpahala Besar | YDSF

Tema dan Logo Hari Amal Bhakti Nasional 2024

Kementerian Agama (Kemenag) merilis tema dan logo Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag ke-78 tahun 2024 dengan mengambil tema “Indonesia Hebat Bersama Umat”. Tujuan pemilihan tema tersebut adalah menjadikan momentum peringatan ini sebagai titik kebangkitan umat dan bangsa.

Terlebih, tahun ini merupakan tahun politik. Yang mana akan berpotensi menimbulkan banyak dinamika dan gejolak di tengah masyarakat. Perkara sepele saja bisa menjadi besar dan berujung pada saling menyalahkan. Terlebih bila berkaitan dengan agama. Menjadi sangat sensitif di saat-saat seperti ini. Maka, dengan mengusung tema tersebut pada Hari Amal Bhakti 2024 ini, diharapkan dapat menjadi sebuah gerakan yang kembali mengingatkan masyarakat bahwa kesatuan dan persatuan umat adalah hal yang paling penting. Sehingga, bagaimana pun dan apa pun gejolak yang sedang terjadi di dalam negeri ini, kita memiliki haluan sebagai pengontrol diri dan tindakan.

Kemudian, untuk logo Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke-78 tahun 2024 menampilkan dominasi warna hijau dan ungu yang dipercaya mengandung makna begitu dalam. Warna hijau, melambangkan ketenangan, kedamaian, dan kesegaran, dipercaya memiliki pengaruh positif dalam mengurangi rasa cemas dan depresi serta membantu menciptakan keseimbangan emosi. Sehingga, keterbukaan komunikasi akan terjalin dan dapat berdampak pada saling percaya. Sementara warna ungu, menggambarkan kebijaksanaan dan spiritualitas, sering diasosiasikan dengan sifat artistik, bijaksana, serta pemikiran tentang hal-hal spiritual dan makna kehidupan.

Selain itu, juga ada berbagai macam simbolis yang melekat di logo. Mereka memiliki makna:

·         Terus melaju: mendorong progresifitas yang bermanfaat bagi sesama.

·         Batik kawung: simbol kehidupan manusia, mengingatkan untuk tidak melupakan asal-usul.

·         Bersatu berdampingan: konsep gotong royong dan saling menguatkan.

·         Pancasila: logo ini mengusung nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi utama.

Logo ini mencerminkan semangat dan komitmen Kementerian Agama untuk terus bergerak maju dengan prinsip kebersamaan, kebijaksanaan, dan spiritualitas agar tidak melupakan akan budaya dan nilai-nilai yang telah menjadi landasan bagi bangsa.

Kementerian Agama juga mengajak untuk memperkuat solidaritas dan kerukunan, dalam menjadikan momen Hari Amal Bhakti yang ke-78 sebagai panggung untuk memupuk kesatuan demi mewujudkan visi Indonesia yang lebih baik.

 

 

Ikhtiar Solidaritas Kemanusiaan Palestina


 

Artikel Terkait:

Pesan Rasulullah Saw. Untuk Umat Muslim Jelang Akhir Zaman | YDSF
ZAKAT DAN PAJAK | YDSF
Komite Sekolah Al-Hikmah berikan bantuan senilai RP. 127.111.999.- untuk Lombok
KEJAR BERKAH, RUTIN SEDEKAH | YDSF
Garage Sale, SD Al-Hikmah Tanamkan Rasa Empati dan Jiwa Wirausaha Kepada Siswa
PERBEDAAN ZAKAT, INFAQ, SEDEKAH, DAN WAKAF | YDSF

 

Paket Hangat untuk Palestina


Tags: hari amal bhakti, hari amal bhakti 2024, hari amal bhakti ydsf, ydsf

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: