Fitrah Perempuan dalam Islam | YDSF

Fitrah Perempuan dalam Islam | YDSF

8 Maret 2023

Dalam budaya patriarki yang ada di kalangan masyarakat, perempuan selalu disandingkan dengan fitrah/kodratnya yang selalu berada di dapur, sumur, dan kasur.  Pernyataan inilah yang akhirnya memunculkan berbagai hal seputar kesetaraan gender atau di Indonesia disebut sebagai emansipasi wanita. Bahkan terdapat Hari Perempuan Internasional, yang diperingati setiap tanggal 8 Maret.

Memang, pada zaman dahulu kedudukan perempuan dipandang sebelah mata. Termasuk pada zaman jahiliyah sebelum Islam datang. Saking dianggap tidak berguna, zaman dulu ada kebiasaan mengubur hidup-hidup bayi-bayi perempuan. Hal ini, diabadikan dalam Al-Qur’an surah An-Nahl ayat 58.

PascaIslam datang, kedudukan perempuan berubah menjadi sosok yang dimuliakan. Bahkan, dalam Al-Qur’an terdapat surah-surah khusus tentang wanita. Di antaranya surah An-Nisa, surah Maryam, dan surah Mumtahanah. Masya Allah...

Fitrah Perempuan dalam Islam

Fitrah atau dalam bahasa Arab فطرة berarti sifat asal, kesucian, dan pembawaan. Secara istilah, fitrah merupakan suatu sifat atau kondisi yang dibawa sejak awal penciptaan. Setiap manusia pasti memiliki fitrahnya masing-masing, termasuk bagi perempuan.

Pada dasarnya, terdapat tiga kondisi yang menjadi fitrah perempuan, di antaranya haid, mengandung, dan melahirkan. Meski terkadang ada wanita yang diuji Allah Swt. tidak merasakan tiga hal tersebut, namun pada umumnya mayoritas wanita pasti akan merasakannya.

Sebagaimana Allah Swt. berfirman,

وَٱلَّٰٓـِٔى يَئِسْنَ مِنَ ٱلْمَحِيضِ مِن نِّسَآئِكُمْ إِنِ ٱرْتَبْتُمْ فَعِدَّتُهُنَّ ثَلَٰثَةُ أَشْهُرٍ وَٱلَّٰٓـِٔى لَمْ يَحِضْنَ ۚ وَأُو۟لَٰتُ ٱلْأَحْمَالِ أَجَلُهُنَّ أَن يَضَعْنَ حَمْلَهُنَّ ۚ وَمَن يَتَّقِ ٱللَّهَ يَجْعَل لَّهُۥ مِنْ أَمْرِهِۦ يُسْرًا

Dan perempuan-perempuan yang tidak haid lagi (monopause) di antara perempuan-perempuanmu jika kamu ragu-ragu (tentang masa iddahnya), maka masa iddah mereka adalah tiga bulan; dan begitu (pula) perempuan-perempuan yang tidak haid. Dan perempuan-perempuan yang hamil, waktu iddah mereka itu ialah sampai mereka melahirkan kandungannya. Dan barang -siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” (QS. At-Talaq: 4).

Baca juga: Wanita Mulia, Yang Makamnya Harum Semerbak | YDSF

Ada yang lebih istimewa dari fitrah yang dimiliki oleh perempuan. Dalam Islam, posisi perempuan sangatlah mulia, bahkan menjadi kunci penentu kebahagiaan bagi dirinya sendiri dan orang lain. Sedikitnya, terdapat tiga fitrah perempuan dalam Islam. Di antaranya,

Pertama, ketika anak perempuan masih dalam asuhan, ia menjadi perisai bagi kedua orang tuanya dari api neraka. Sebagaimana dalam hadits dari Uqbah bin Amir r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Siapa yang memiliki 3 anak perempuan, lalu dia bersabar, memberinya makan, minum, dan pakaian dari hasil usahanya, maka semuanya akan menjadi tameng dari neraka pada hari kiamat.” (HR. Ahmad).

Kedua, ketika perempuan telah menikah, ia akan masuk surga bila ikhlas dan taat LillahiTa’ala  terhadap suaminya. Hal ini disebutkan dalam hadits dari Abdurrahman bin Auf r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Apabila wanita shalat 5 waktu, puasa di bulan ramadhan, menjaga kehormatannya, dan mentaati suaminya, maka disampaikan kepadanya: Silahkan masuk surga dari pintu manapun yang kamu inginkan.” (HR. Ahmad).

Ketiga, setelah dikaruniai anak oleh Allah Swt., perempuan menjadi pintu surga bagi anak-anaknya. Dari Jahimah as-Salami r.a., ia pernah mendatangi Rasulullah saw. dan bertanya, “Ya Rasulullah, saya ingin ikut berjihad. Saya datang untuk meminta pendapat kepadamu.” Rasul bertanya balik, “Apakah kamu punya ibu?” Jahimah menjawab, “Ya, masih ada.” Lantas, Nabi saw. bersabda, “Selalu dampingilah ibumu, karena surga di bawah telapak kaki ibumu.” (HR. Nasa’i).

Baca juga: Begini Islam Memuliakan Perempuan | YDSF

Hak-hak Perempuan dalam Islam

Terdapat beberapa hak yang dimiliki oleh setiap perempuan dalam Islam, di antaranya:

1.    Dalam hal pahala atas setiap amal dan perbuatan, posisi kaum perempuan sepadan dengan kaum laki-laki. Allah Swt. berfirman, “Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik..” (QS. An-Nahl: 97).

 

2.    Islam memerintahkan untuk memuliakan setiap perempuan, baik anak perempuan, istri, ibu, saudara perempuan, maupun kaum hawa lainnya. Allah Swt. berfirman, “Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula)…” (QS: Al-Ahqaf: 15).

 

3.    Setiap perempuan berhak untuk menuntut ilmu dimana pun dan kapanpun, terlebih ilmu agama. Rasulullah saw. bersabda, “Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap orang Islam.” (HR. Ibnu Majah).

 

4.    Rasulullah saw. mewasiatkan umatnya untuk senantiasa berbuat baik kepada para perempuan. Sebagaimana dalam hadits, “Aku berwasiat pada kalian agar bersikap baiklah terhadap wanita.” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

5.    Islam memberikan hak waris untuk setiap perempuan. Allah Swt. berfirman, “..dan bagi perempuan ada hak bagian (pula) dari harta peninggalan kedua orang tua dan kerabatnya,..” (QS. An-Nisa: 7)

 

Sungguh indah agama Islam dalam mengatur segala sesuatu yang ada di dunia maupun di akhirat. Dalam hal perempuan pun juga diatur sedemikian rupa. Lebih indahnya lagi, Islam memuliakan kedudukan setiap perempuan tanpa merendahkan atau menjatuhkan posisi laki-laki. Tak ada yang lebih tinggi dan tak ada yang lebih rendah. MasyaAllah... (berbagai sumber)

 

Mudah Berbagi Kebaikan:



Artikel Terkait:

Persiapan Nikah Untuk Anak Perempuan | YDSF
Menyambut Kelahiran Anak Perempuan | YDSF
Zakat Penghasilan Suami-Istri Bekerja | YDSF
Siapa yang Harus Membayar Fidyah Istri? | YDSF
Hukum Istri Minta Cerai dalam Islam | YDSF
Menyikapi Suami Selingkuh | YDSF
Mencari Suami Lewat Internet Dalam Islam | YDSF
Menikah Tapi Tidak Cinta Suami | YDSF

Tags: hari perempuan internasional, women march day, fitrah perempuan dalam Islam, perempuan dalam Islam

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: