Hukum Istri Minta Cerai dalam Islam | YDSF

Hukum Istri Minta Cerai dalam Islam | YDSF

4 Agustus 2022

Perceraian, merupakan sesuatu hal yang halal namun sangat dibenci oleh Allah Swt. Tetapi, dewasa ini justru banyak kasus di mana istri meminta cerai kepada suaminya. Saat tak dikabulkan, tidak sedikit pula yang langsung mengambil ranah hukum dengan ‘melangkah’ ke pengadilan agama.

Pada awal 2022, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data kasus perceraian di Indonesia selama tahun 2021. Faktanya, cukup memprihatinkan. Kasus perceraian di negeri kita justru meningkat 53% dibandingkan dengan tahun 2020.

Memang, tentu ada banyak faktor yang mempengaruhi tingginya kasus perceraian ini. Mulai dari adanya perselisihan, kondisi ekonomi, hingga terjadinya poligami dan kekerasan. Sayangnya, melanjutkan hasil analisa dari data tersebut, diketahui bahwa banyak istri yang melakukan gugatan cerai kepada suaminya.

Lalu, bagaimana sebenarnya dalam Islam saat istri meminta cerai? Apakah diperbolehkan? Kondisi seperti apa yang mendesak agar hal ini boleh?

Tips Membangun Keluarga Sakinah

Sebelum membahas hal tersebut, alangkah baiknya kita Kembali mendalami bagaimana untuk dapat membangun keluarga yang sakinah, mawadah, dan wa rahmah. Yakni keluarga yang tenang, penuh cinta kasih, dan selalu dirahmati Allah Swt.

Hal pertama yang dilakukan adalah mencari pasangan terbaik. Utamanya, yang sama frekuensinya, sehingga visi dan misi menuju keluarga sakinah dapat terwujud. Lalu, bagaimana bila kondisi sudah menikah? Percayalah, pasangan yang telah diberikan Allah Swt. saat ini adalah pasangan terbaik untuk Anda.

Untuk dapat membangun keluarga sakinah, tentu tidak dapat dilakukan oleh satu pihak saja. Suami dan istri harus bekerja sama dalam mewujudkannya. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pernikahan.

Untuk suami, perlu selalu memiliki rasa tanggung jawab dan berusaha menjadi teladan yang baik. Untuk istri, selalu menjaga kehormatan diri dan taat (pada suami dan ajaran Islam). Sedangkan untuk suami dan istri, diperlukan sikap ihsan, niatkan untuk raih pahala, dan rajin upgrade diri agar menjadi lebih baik.

Baca juga:

Tips Komunikasi Keluarga Milenial | YDSF

Generasi Visioner Berbasis Pendidikan Keluarga | YDSF

Jika tiap keluarga telah menciptakan samawa, insyaAllah terbentuk anak-anak yang lebih baik kualitas kepribadiannya. Lahirlah generasi yang beriman kepada Allah dan mereka saling mengingatkan dalam kebenaran dan kesabaran.

Saat Istri Meminta Cerai

Dalam sighat ta’liq yang menjadi acuan pernikahan muslim di Indonesia disebutkan jika suami tidak memberinya nafkah, maka pihak istri dapat mengajukan khulu’ (permohonan istri untuk dicerai di hadapan hakim). Jika permohonan istri telah terbukti melanggar sighat ta’liq-nya, maka semestinya akan jatuh talak satu. Dan begitu seterusnya sehingga masih memungkinkan suami rujuk kembali.

Jika tidak mau rujuk, maka tidak mungkin istri mendapatkan hak waris dari harta mantan suaminya. (Bila ada) Rumah warisan mantan suami akan dibagi sepeninggalnya. Karena anak-anak mantan suami istri tersebut ikut ibunya, maka bapaknya berkewajiban memberi nafkah anakanaknya, sedangkan wanita mantan istrinya hanya mempunyai hak “nafkah asuh” dari mantan suaminya.

Seandainya nanti, mantan suaminya meninggal, maka anak-anak yang diasuhnya menjadi ahli waris dan karenanya mendapatkan hak waris.

Perlu diketahui hak waris itu disebabkan hubungan nasab atau hubungan pernikahan. Maka putusnya hubungan perikahan (cerai hidup) berdampak tidak memiliki hak saling mewarisi, baik yang wafat terlebih dahulu mantan istri maupun mantan suami.

 

Disadur dari:

·         Majalah Al Falah Edisi Februari 2020

·         Majalah Al Falah Edisi Juni 2022

 

Sedekah Mudah di YDSF:

Allah Lebih Melihat Keikhlasan | YDSF
ZAKAT DARI UANG PESANGON PENSIUN | YDSF
Berbakti Kepada Orang Tua yang Meninggal | YDSF
PERHITUNGAN ZAKAT RUMAH KONTRAKAN | YDSF
Larangan LGBT dalam Islam dan Kisah Kaum Luth | YDSF
PERBEDAAN ZAKAT, SEDEKAH, DAN WAKAF | YDSF
MENUMBUHKAN KEBIASAAN BERBAGI MENJADI SEBUAH KEBUTUHAN HIDUP | YDSF


Tags: istri minta cerai, hukum istri minta cerai dalam islam, ydsf

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: