Bersedekah Agar Terhindar Dari Musibah | YDSF

Bersedekah Agar Terhindar Dari Musibah | YDSF

27 Mei 2022

Jangan pernah khawatir kekurangan harta karena bersedekah. Apapun yang kita  sedekahkan pasti akan diganti dengan yang lebih baik. Selain itu, dengan bersedekah kita juga akan terhindar dari marabahaya dan musibah. Demikian janji Allah dalam ayat. Marilah kita meyakini ayat-ayat Allah. Dengan pondasi keimanan dan keyakinan dengan janji-janji Allah, akan mudah bagi kita untuk menjalankan segala perintah Allah.

Bersyukurlah bagi seorang muslim yang diberi kemudahan untuk bersedekah. Dalam sebuah riwayat disebutkan setiap pagi ada dua orang malaikat yang turun ke bumi. Malaikat pertama mendokan orang yang bersedekah agar memperoleh balasan kebaikan. Sedangkan malaikat satunya mendoakan kecelakaan bagi orang yang tidak mau bersedekah atau bakhil.

Sifat bakhil inilah yang menghalangi untuk bersedekah. Bakhil artinya menahan harta, tidak mau bersedekah karena kecintaannya pada harta. Padahal dalam harta kita juga terdapat hak milik orang lain yang Allah titipkan kepada kita.

Dalam Surat Al-Adiyat Ayat 8, Allah menyifati orang yang ingkar dengan sifat bakhil yang mencintai harta secara berlebihan. Ibnu katsir menafsirkan kecintaan kepada harta yang berlebihan hanya membuatnya materialistis serta menjadikannya tamak dan bakhil.

Bersedekah adalah taubatnya orang yang bakhil. Belajar menyisihkan harta untuk orang lain untuk mengurangi rasa kecintaan pada harta. Karekter manusia tidak akan pernah merasa cukup dengan harta yang dimiliki. Rasul menyebut, tidak akan pernah cukup harta yang diberikan kepada manusia walaupun sudah diberi ladang emas hingga mulutnya dipenuhi dengan tanah.

Artinya hingga ia wafat dengan keserakahan. Ini adalah teguran bagi kita agar gemar bersedekah dan menjauhi sifat bakhil. Tidak harus menunggu kaya untuk bersedekah. Justru sedekah yang diberikan saat kita sendiri juga masih kekurangan, pahalanya lebih besar. Sama halnya dengan sedekah yang diberikan saat masih muda, saat masih banyak keinginan yang belum tercapai, tentu lebih utama daripada sedekah yang diberikan saat sudah sukses dan sudah mapan.

Baca juga: 6Keutamaan Sedekah dalam Janji Allah Swt. | YDSF

Wahai Rasulullah, sedekah yang mana yang lebih besar pahalanya?” Beliau menjawab, “Engkau bersedekah pada saat kamu masih sehat disertai pelit (sulit mengeluarkan harta), saat kamu takut menjadi fakir, dan saat kamu berangan-angan menjadi kaya. Dan janganlah engkau menunda-nunda sedekah itu hingga apabila nyawamu telah sampai di tenggorokan, kamu baru berkata, ‘Untuk si fulan sekian dan untuk fulan sekian, dan harta itu sudah menjadi hak si fulan.’” (Muttafaqun ‘alaih).

Harta yang disedekahkan adalah harta yang abadi. Harta tidak dibawa mati. Setelah mati harta yang dikumpulkan selama hidup akan menjadi hak ahli waris yang masih hidup. Harta yang dimiliki seseorang hanya ada tiga macam. Pertama, apa yang dimakan sampai habis dan akan menjadi kotoran. Kedua, apa yang dipakai sehingga rusak. Ketiga, apa yang disedekahkan dan tetap kekal dengan mendapat pahala di sisi Allah Swt.

 

Manfaat Sedekah

Sedekah merupakan perbuatan yang mulia dan dicintai Allah dan Rasul-Nya. Dalam setiap syariat Islam, pasti terdapat hikmah kebaikan. Begitu pula dengan sedekah. Banyak manfaat yang didapat bagi orang yang bersedekah. Di antaranya menolak bala’ atau musibah dan memanjangkan umur. Rasul bersabda : “Sedekah itu menolak bala dan memanjangkan umur”.

Ibnu Qayyim mengatakan bahwa sedekah bisa mencegah kematian yang buruk (su’ul khatimah), mencegah bala’ (musibah), dan mencegah dari orang-orang dhalim. Sedekah juga bisa melipatgandakan pahala dan rizki. Firman Allah dalam surat  Al-Baqarah 261: 

“Perumpamaan (infak yg dikeluarkan oleh) orang-orang yg menginfakan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yg Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui”.

 

Sumber: Majalah Al Falah Edisi Bulan Juni 2021

Featured Image by Pexels

 

Sedekah Online:



Artikel Terkait:

Waktu Sedekah Terbaik | YDSF
Sasaran Distribusi Penerima Sedekah | YDSF
Memahami Kembali Keutamaan & Manfaat Sedekah
Balasan Menolong dan Membantu Orang lain | YDSF
Belajar Dermawan Dari Kisah Imam Syafi’i | YDSF
Menjadi Hamba yang Pandai Bersyukur | YDSF

Tags: Sedekah, Sedekah Penghalang Musibah

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: