Waktu Sedekah Terbaik | YDSF

Waktu Sedekah Terbaik | YDSF

4 Februari 2022

Mungkin, kita sering mendengar beberapa pendapat tentang waktu terbaik untuk sedekah. Agar lebih berkah atau diijabah keinginannya dalam menunaikan sedekah. Namun, benarkah hal demikian itu memang diajarkan oleh Rasulullah saw.? Lantas, bagaimana pencatatan amal sedekah yang kita tunaikan di luar waktu terbaik yang menurut beberapa pendapat itu?

Ajaran Sedekah dalam Islam

Sedekah berasal dari bahasa Arab yaitu kata “shadaqah” dengan kata dasar “sidq” atau sidiq yang memiliki arti kebenaran. Oleh karena itu, sedekah bukan hanya sekadar memberi. Sedekah diartikan dengan menafkahkan rezeki terbaik di jalan Allah Swt. Dan, inilah yang menjadi sebuah kebenaran bukti iman kita kepada Allah Swt. Sebagaimana Rasulullah saw. bersabda, “Sedekah itu adalah bukti (iman) yang nyata.”  (HR. Muslim).

Begitu banyaknya keutamaan sedekah bagi kemaslahatan dan kebaikan umat, maka tak heran bila perintah untuk berbagi dan bersedekah disebutkan bahkan lebih dari tiga puluh kali dalam Al-Qur’an. Islam pun juga menyebutkan bahwa menunaikan sedekah itu tidak hanya untuk mereka yang meminta (pertolongan). Bagi orang lain yang tidak meminta pun, kita juga dianjurkan untuk bersedekah dan berbagi.

Baca juga: 6 Keutamaan Sedekah dalam Janji Allah Swt. | YDSF

Salah satu keutamaan sedekah yang membuat banyak orang berlomba-lomba dalam menunaikannya adalah akan dilipatgandakannya pahala bagi yang menunaikan. Allah Swt. berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 245, “Siapakah yang memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya kamu dikembalikan.”

Dalam peraturan BAZNAS No. 2 tahun 2016, sedekah dijabarkan sebagai harta atau non harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum.

Tak hanya disebutkan dalam regulasi pemerintah saja, dalam Islam pun, sedekah juga tak hanya seputar tentang memberi materi (harta). Tersenyum, bertasbih, hingga takbir pun juga tercatat sebagai amalan sedekah.

Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa bertasbih sebanyak tiga puluh tiga kali, bertakbir tiga puluh tiga kali, dan bertahmid tiga puluh tiga kali, kemudian mengucapkan: Laa ilaaha illa Allah wahdahu laa syarikalah lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ’ala kulli sya’in qadir, setiap selesai shalat, maka akan diampuni dosanya meski sebanyak buih di lautan.”(HR Imam Ahmad, Darimi, dan Malik).

Waktu Sedekah Terbaik

Begitu beragamnya kebaikan yang dapat tercatat sebagai pahala sedekah dalam Islam. Lantas, bagaimana waktu penunaian terbaik untuk sedekah? Belum lagi, ada istilah sedekah subuh, sedekah Jum’at, dan sebaginya.

Baca juga: AMALAN IBADAH PEMBUKA PINTU REZEKI | YDSF

Ustadz Zainuddin MZ, Lc., M.A., Dewan Syariah Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF), menjabarkan bahwa dalam menunaikan sedekah, perlu kita lihat bagaimana bentuknya. Apaila berupa bacaan dzikir, maka waktu terbaiknya adalah seusai shalat, seperti dalam hadits yang disebutkan sebelumnya. Sedangkan, bila sedekah yang ditunaikan dalam bentuk harta, maka waktu terbaik dalam sedekah adalah saat melihat orang sangat membutuhkan.

Apa maksudnya? Dalam menunaikan sedekah, hal yang paling penting adalah apa yang kita berikan dapat benar-benar bermanfaat dan menolong mereka dalam keadaan yang sulit. Waktu sulit dari mereka pun tentu beragam. Maka, diperkenankan bersedekah baik pada pagi, siang, atau kapan saja. Awal bulan, tengah bulan, atau akhir bulan, juga boleh. Mulai hari Senin atau Jum’at, juga tetap akan diterima amalan sedekahnya.

Maka dari itu, untuk menjaga perasaan orang lain, pada hari Jum’at janganlah meniatkan sedekah untuk semua golongan, yang menyebabkan salah sasaran. Karena pada dasarnya, sedekah memang untuk orang yang membutuhkan. Akan menjadi lebih mulia jika diniati untuk fi sabilillah (orang-orang yang berjuang di jalan Allah). Sehingga, semua umat kaya dan miskin sama-sama layak menerimanya. (asm)

 

Disadur dari Majalah Al Falah Edisi Desember 2020, Rubrik Konsultasi Agama

 

Featured Image by Pexels.

 

Sedekah Mudah, Klik:

 

Artikel Terkait:
APA ITU WAKAF? PENGERTIAN, DALIL, DAN HUKUM WAKAF | YDSF
Kriteria Yatim yang Berhak Menerima Santunan | YDSF
SASARAN DISTRIBUSI PENERIMA SEDEKAH | YDSF
Huntara untuk Korban Bencana | YDSF
DOA MINTA REZEKI HALAL DAN BERLIMPAH SESUAI SUNNAH | YDSF
ZAKAT PENGHASILAN SUAMI-ISTRI BEKERJA | YDSF

Tags: waktu terbaik sedekah, waktu sedekah terbaik, waktu sedekah dalam islam, sedekah dalam islam, waktu sedekah terbaik dalam islam

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: