Allah adalah Sebaik-baiknya Pelindung | YDSF

Allah adalah Sebaik-baiknya Pelindung | YDSF

20 September 2023

Allah adalah sebaik-baiknya pelindung. Begitulah inti dari surah Al-Imran ayat 173 yang sudah seharusnya diyakini oleh setiap Muslim. Apa pun masalahnya, bagaimana pun kondisinya tetaplah percaya dengan adanya pertolongan dari Allah Swt. Bukan justru mengutuk keadaan dan memaki Sang Khalik.

Berbaik sangka pada Allah Swt. merupakan cara terbaik untuk bisa lebih kuat menghadapi setiap hal yang datang dalam hidup. Masalah itu datang bukan tanpa sebab. Anggaplah itu sebagai ujian, bentuk sayang Allah Swt. kepada kita. Kelak, saat kita dapat merampungkannya dengan apik tanpa menyimpang dari syariat, maka level dan ganjaran terbaik telah Allah siapkan.

Setiap ujian yang dihadapi oleh para Nabi dan Rasul serta kaum terdahulu, pasti telah disebutkan pula bahwa Allah akan selalu memberikan pertolongan bagi setiap hamba-Nya. Bagi mereka yang sabar dan tidak keluar dari ajaran-Nya. Berbeda bila mereka membangkang, menolak ajaran Allah dan merasa paling benar. Bukan pertolongan yang datang, justru adzab yang lebih pedih telah menanti.

Allah Swt. berfirman, “Dan Dia telah memberikan kepadamu segala apa yang kamu mohonkan kepada-Nya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak dapat menghitungnya. Sungguh, manusia itu sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).” (QS. Ibrahim: 34).

Mungkin sebagian besar dari kita mengira bahwa ujian itu hanya seputar hal-hal yang tidak mengenakkan hati serta hidup, seperti masalah, dipecat dari pekerjaan, dan lain-lain. Padahal, nikmat yang sedang kita miliki pun dapat menjadi ujian.

Sebagaimana Allah berfirman dalam potongan surah Al-Anbiya ayat 35, yang artinya, “... Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan.”

Ikhtiar dan Percaya Adanya Pertolongan Allah Swt.

Ketika seorang hamba tenang bahwa apa yang terjadi itu baik baginya, dan ia menggantungkan setiap permasalahannya hanya kepada Rabb-nya, maka ia akan mendapatkan pengawasan, perlindungan, pencukupan serta pertolongan dari Allah.

Ketika Nabi Ibrahim AS dilempar ke dalam kobaran api, ia mengucapkan: Hasbunallah wa ni’mal wakil, maka Allah pun menjadikan api yang panas itu dingin seketika, dan Ibrahim pun tidak terbakar.

Demikian halnya dengan Rasulullah dan para sahabatnya. Tatkala mendapat ancaman dari pasukan kafir dan penyembah berhala, mereka juga mengucapkan: Hasbunallah wa ni’mal wakil.

“Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung. Maka mereka kembali dengan nikmat dan karunia (yang besar dari) Allah, mereka tidak mendapat bencana apa-apa, mereka mengikuti keridhaan Allah. Dan, Allah mempunyai karunia yang besar.” (QS. Ali ‘Imran: 173-174)

Manusia tidak akan pernah mampu melawan setiap bencana, menaklukan setiap derita, dan mencegah setiap malapetaka dengan kekuatannya sendiri. Sebab, manusia adalah makhluk yang sangat lemah. Mereka akan mampu menghadapi semua itu dengan baik hanya bila bertawakal pada Rabb-nya, percaya sepenuhnya kepada pelindungnya, dan menyerahkan semua perkara kepada-Nya.

Untuk dapat meraih pertolongan Allah Swt., tentu ada beberapa sikap dan perbuatan yang harus kita jaga. Membuat diri lebih baik sehingga pantas mendnapatkan pertolongan tersebut. Bukan merasa, “ah nanti kan ditolong Allah”, jadi seolah menggampangkan.

Baca juga: Zakat untuk Kendaraan Pribadi, Motor Ojol Perlu Dizakati? | YDSF

4 Tips Agar Semakin Mudah Mendapatkan Pertolongan Allah

1.      Tanggung jawab atas apa yang telah dimiliki saat ini

Tanggung jawab merupakan salah satu bentuk sederhana kita untuk bersyukur kepada Allah Swt. atas nikmat, amanah, dan segala bentuk yang dimiliki saat ini. Sikap ini juga diajarkan dalam Al-Qur’an dan dibahas dalam beberapa surah. Salah satunya, firman Allah Swt. dalam surah Al-Mudatsir ayat 18 dengan arti, “Setiap jiwa bertanggung jawab atas segala perbuatan yang dilakukannya, bisa jadi amal perbuatan itu menjerumuskannya dan bisa jadi amal perbuatan itu menyelamatkannya dari kehancuran.”

2.      Berusaha untuk selalu sabar dan mengendalikan emosi

Sabar ada batasan? Insya Allah, selama terus mengingat Allah kita akan dimudahkan dalam menahan emosi dan diri. Sehingga upaya menjadi sabar dapat dijalankan dengan baik. Terlebih, orang-orang yang sabar akan mendapatkan balasan yang istimewa dari Allah Swt.

Sebagaimana firman Allah Swt., “Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. bertakwalah kepada Tuhanmu". Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas." (QS. Az-Zumar: 10).

3.      Pantang menyerah, bukan berarti menghalalkan segala cara

Memberikan ikhtiar terbaik adalah salah satu cara untuk mendapatkan pertolongan dan hasil yang diridhai Allah Swt. Gigih dan pantang menyerah menjadi kunci. Namun, jangan sampai kemudian justru menghalalkan segala cara. Allah Swt. berfirman dalam surah Al-A’raf ayat 56 yang artinya, “Dan janganlah kamu melakukan kerusakkan di permukaan bumi setelah adanya kebaikan.”

4.      Menjaga ibadah dan selalu dekat dengan Allah

Sebelum menuju ke tawakkal atau berserah diri atas segala hasil yang diberikan Allah Swt., alangkah baiknya bila kita menyempurnakan ikhtiar yang telah dilakukan dengan iringan doa dan dizikir. Semakin rajin dan istiqamah menjaga ibadah serta mendekatkan diri kepada-Nya.

Bismillah, kita diberikan kemudahan untuk mendapatkan pertolongan dari Sang Khalik dalam berbagai urusan.

 

Disadur dari Majalah Al Falah Edisi Oktober 2015

 

Wujudkan Wakaf Perahu Berikutnya


 

Artikel Terkait:

PERBEDAAN ZAKAT PROFESI DAN ZAKAT PERTANIAN | YDSF
Keutamaan Puasa Senin Kamis | YDSF
ZAKAT DALAM ISLAM | YDSF
Tips Mendidik Anak Berkarakter | YDSF
ZAKAT SEBAGAI PENGURANG PAJAK | YDSF
Peresmian Pesantren Wakaf Ihya Ul Qur’an Wosossalam, Jombang
APA ITU WAKAF? PENGERTIAN, DALIL, DAN HUKUM WAKAF | YDSF

 

Belanja Bersama Yatim


Tags: allah sebaik-baiknya pelindung, Allah sebaik-baiknya penolong, ydsf

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: