15 Unit Huntara YDSF untuk Penyintas Semeru Telah Siap Huni

15 Unit Huntara YDSF untuk Penyintas Semeru Telah Siap Huni

9 Juni 2022

Pascaerupsi Semeru 2021, banyak rumah warga di beberapa desa yang terdampak rusak bahkan lenyap. Setelah penanganan tanggap darurat dan pemulihan psikologi para penyintas erupsi Semeru, Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) mulai membangun hunian sementara (huntara).

Berlokasi di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, kini 15 unit Huntara telah siap dihuni. Masing-masing huntara dibangun dengan ukuran 6 x 4,8 meter di atas tanah seluas 10 x 14 meter.

“Huntara ini merupakan kontribusi Sahabat Donatur YDSF dan #orangbaik dari Kitabisa.com serta Al Hikmah. (Sebanyak) 15 unit huntara kami kini sudah siap huni yang diperuntukkan pada penyintas Semeru,” kata Dwi Wahyudi, Marketing Online YDSF, saat meninjau huntara tersebut, Selasa (31/05).

Pada bagian depan bangunan huntara, telah dilengkapi dengan bangunan huntap (hunian tetap) dari Pemkab Lumajang. Proses pembangunan huntara dari 13 lembaga amil zakat anggota Forum Zakat Jatim hampir juga sepenuhnya selesai dengan total keseluruhan berjumlah 639 unit.

Tim mengajak beberapa penyintas dari Dusun Curah Kobokan dan Dusun Kebondeli Utara, Suberwuluh, Candipuro untuk meninjau langsung huntara yang akan mereka tempati.

“Terima kasih bantuan huntaranya, sebentar lagi saya akan pindah ke sini,” kata Bu Painten (52), salah satu warga Curah Koboan yang rumahnya hancur akibat erupsi Semeru 2021 lalu.

Selain itu, Yayasan Dana Sosial al-Falah pun telah mendistribusikan alat kerja Huntara yang meliputi sekop, sepatu boot, sarung tangan, serta kebutuhan rumah tangga seperti rice cooker untuk penyintas Semeru pada Kamis, (9/2) lalu.

Total penerima bantuan sebanyak 95 KK yang berada di kawasan zona merah (dekat dengan aliran lahar Semeru), tepatnya di Dusun Kabondeli, kampung Renteng, Lumajang. Hampir seluruh tempat tinggal warga yang berada di kawasan tersebut tertimbun bekas aliran lahar, bahkan ada yang rata dengan tanah.

Para penyintas erupsi Semeru yang menerima bantuan dari YDSF merasa sangat senang dan berterima kasih kepada seluruh Sahabat Donatur atas bantuan huntara yang diberikan. Kini, mereka tak perlu kesusahan lagi karena harus menumpang di rumah orang lain.

 

Qurban di YDSF


#EkspedisiQurban


Artikel Terkait:
MAKSIMALKAN PENDAYAGUNAAN DANA, YDSF BUKA KANTOR DI SEMARANG, JATENG
Doa Minta Rezeki Halal dan Berlimpah Sesuai Sunnah | YDSF
SAFARI DAKWAH DAN BAKTI SOSIAL YDSF DI LERENG MERBABU, SEMARANG | YDSF
Perbedaan Zakat, Sedekah, dan Wakaf | YDSF
YLPI DAN KOMITE AL HIKMAH BERI RP100 JUTA HUNTARA SEMERU YDSF
Wakaf dalam Perspektif Mikro Ekonomi Islam | YDSF

Tags: Huntara Semeru YDSF siap huni

Share:


Baca Juga

Berinfaq/Bersedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: