YDSF Lakukan Dropping Air Bersih di Tuban dan Semarang

YDSF Lakukan Dropping Air Bersih di Tuban dan Semarang

19 September 2023

Dalam rangka siaga kekeringan di tahun 2023, YDSF mulai bergerak melakukan dropping air bersih khususnya untuk wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Upaya ini merupakan langkah cepat dalam memberikan bantuan kepada masyarakat pelosok yang telah mengalami kekeringan air bersih. Rata-rata justru mereka telah menghadapi kekeringan sejak tiga bulan lalu.

Dropping Air Bersih YDSF di Tuban

Salah satunya, di Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban. Kekeringan yang dirasakan sejak pascaramadhan ini, membuat warga harus mengambil air cukup jauh di mata air pemandian Beti, Tuban. Bagi warga yang tak punya tenaga cukup pun terpaksa harus membeli air untuk sehari-hari.

Fauzi Prayitno, Dai YDSF di Tuban menyampaikan dampak kekeringan yang dirasakan cukup berat. “Di sisi lain ketika kemarau semacam ini, lahan tidak bisa ditanami sehingga memang tidak ada tambahan penghasilan untuk warga,” terangnya.

Ani Ambarwati (42), salah satu warga menuturkan dia harus membeli air setiap harinya. Biasanya untuk 10 hari mencapai 3.000 liter dengan harga Rp. 110 ribu. Itupun ditampung dulu dan dipakai bersama dengan warga lain.


Tanggap akan hal tersebut, YDSF distribusikan air bersih untuk 1.233 KK di 6 desa di Kecamatan Grabagan, Jumat (15/9).Desa-desa tersebut di antaranya Desa Gesikan, Ngandong, Ngenol, Dahor, dan Grabagan. Setiap desa dipasok 8 tangki air dengan kapasitas 5.000 liter per tangki. Rencananya, dropping air bersih akan dilakukan secara bertahap selama 4 pekan kedepan.

Bantuan ini pun disambut baik oleh perangkat desa setempat. “Harapan ada bantuan dari pihak manapun untuk mengupayakan bantuan pengeboran. Karena di sini titik mata airnya sudah ada, jadi tinggal menunggu bantuan untuk yang pengeborannya,” kata Sri Asmiya Tiningsih, perangkat desa bagian Kasi Pelayanan.

Dropping Air Bersih YDSF di Semarang

YDSF terus berupaya memberikan kontribusi untuk daerah terdampak kekeringan serta krisis air bersih. Melalui program Sedekah Air Bersih, kali ini YDSF salurkan bantuan berupa dropping air bersih untuk Dusun Gemawang, Desa Jlarem, Kecamatan Gladagsari, Kebupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (15/9).

Tim YDSF Semarang dibantu Ketua RT dan warga Dusun Gemawang, salurkan 8.000 liter air bersih ke beberapa penampungan milik warga yang terdampak krisis air bersih. Meski sempat mengalami kendala karena medan jalan yang sangat ekstrem di bawah lereng Gunung Merbabu, namun dropping air bersih berjalan lancar dan selesai pada pukul 4 sore.


"Saya selama kemarau panjang ini mas tepatnya awal Agustus sangat kesulitan untuk mendapatkan air bersih, harus naik ke puncak gunung dulu berjalan berkilo-kilo untuk mendapatkan air. Alhamdulillah adanya Bantuan Air Bersih dari YDSF, kebutuhan air bersih untuk sekarang ini bisa teratasi,” tutur Rahayu (40), salah satu warga terdampak.

Tak hanya di Kecamatan Gladagsari, YDSF juga menyalurkan air bersih sebanyak 5 mobil tangki dengan kapasitas 45 ribu liter air untuk warga Dusun Ngasinan, Desa Garangan, dan Desa Jatilawang, Kecamatan Wonosamudro, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (16/9). Kedua desa tersebut, tengah mengalami krisis air bersih sejak empat bulan terakhir.

Dibantu warga sekitar dan para relawan dari Komunitas Mahasiswa Boyolali (KMB), YDSF melakukan dropping air bersih ke penampungan di depan Masjid. "Alhamdulillah terimakasih mas telah memberikan bantuan ke desa kami, selama ini kami selalu kesulitan untuk mendapatkan air bersih," ujar Ifah (28), warga desa setempat.

 

Zakat di YDSF


Artikel Terkait:

PERBEDAAN ZAKAT PROFESI DAN ZAKAT PERTANIAN | YDSF
Keutamaan Puasa Senin Kamis | YDSF
ZAKAT DALAM ISLAM | YDSF
Tips Mendidik Anak Berkarakter | YDSF
ZAKAT SEBAGAI PENGURANG PAJAK | YDSF
Peresmian Pesantren Wakaf Ihya Ul Qur’an Wosossalam, Jombang
APA ITU WAKAF? PENGERTIAN, DALIL, DAN HUKUM WAKAF | YDSF

 

Belanja Bersama Yatim


Tags: dropping air bersih, dropping air bersih ydsf, air bersih ydsf, dropping air ydsf

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: