5 Tips Belanja Hemat Saat Flash sale | YDSF

5 Tips Belanja Hemat Saat Flash sale | YDSF

8 Agustus 2023

Nampaknya, saat paling tepat untuk mengontrol diri agar dapat berhemat dan menerapkan tips belanja adalah ketika flash sale. Momen yang paling ditunggu oleh mayoritas kaum wanita ini memang sering menawarkan banyak pilihan barang untuk bisa kita beli dengan harga yang lebih murah. Sayangnya, jika kita tidak mampu menahan diri, tak jarang saat flash sale justru yang sering menjadi boros.

Flash sale merupakan momen yang biasa digunakan oleh para penggerak bisnis untuk dapat menarik perhatian para calon pembeli. Memang, banyak barang dengan kuantitas terbatas yang ditawarkan secara murah. Namun, kecerdikan mereka dalam menawarkan produk-produk lain dapat mempengaruhi calon pembeli sehingga muncul tindakan impulse buying (belanja secara berlebihan).

Sebagai seorang muslim, tentu hal yang berlebihan bukanlah sesuatu yang disukai oleh Allah Swt. dan Rasulullah saw. Termasuk soal berbelanja. Utamanya untuk para kaum wanita, karena mereka yang lebih cenderung mudah goyah untuk belanja saat promo, diskon, flash sale, dan semacamnya. Seperti dalam Indonesia Millenial Reports 2022 oleh IDN Times, data menunjukkan bahwa kegiatan berbelanja lebih dominan dilakukan oleh para perempuan (49%) dibandingkan dengan laki-laki (25%).

Allah Swt. telah mengingatkan umat Muslim agar tidak berlebih-lebihan dalam beberapa firman-Nya. Salah satunya, sebagaimana dalam surah Al-A’raf ayat 31 dengan terjemahan, “Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.”

Nah, menjelang flash sale berikut tips belanja agar tetap hemat dan tidak boncos.

Baca juga: Cara Menghitung Zakat Penghasilan | YDSF

5 Tips Belanja Hemat Saat Flash sale

1. Buat Daftar Barang Sesuai Urgensitas

Pastikan setiap akan berbelanja selalu membuat daftar kebutuhan sesuai dengan skala prioritas. Mana yang paling mendesak untuk segera bisa dimanfaatkan dan mana yang hanya sekadar keinginan memenuhi kepuasan batin. Meskipun, terkadang barang yang kita cari tidak ada saat flash sale, tetapi pastikan bahwa kebutuhan utama yang harus kita penuhi dapat terbeli dengan harga yang relatif lebih murah. 

2. Bandingkan Harga

Kini, flash sale bukan hanya ada di toko-toko online saja. Istilah promo dan diskon di toko offline pun sudah mulai bergeser. Mereka, mulai menggunakan istilah yang ada di online demi menggaet para calon pembeli.

Nah, sebelum berbelanja pastikan bahwa harga yang kita pilih sudah merupakan yang paling hemat. Baik itu nantinya akan berbelanja secara online maupun offline.

3. Tidak Membeli Produk Lain Sebelum Kebutuhan Terpenuhi

Ingat, kebutuhan dulu baru keinginan. Seringnya, saat promo atau flash sale, para penjual akan melakukan bundling dan cross selling pada produk yang ditawarkan. Inilah yang kemudian membuat calon pembeli tidak fokus pada tujuan utama barang mana yang akan dibeli.

Oleh karenanya, kita perlu menguatkan iman dan mengenyampingkan terlebih dahulu untuk bersenang-senang sebelum kebutuhan utama terpenuhi. Hal ini akan sangat membantu agar tidak terjadi pemborosan.

4. Pastikan Saldo Aman

Jangan belanja berlebihan. Ketika kebutuhan utama telah terpenuhi dan ingin membeli barang-barang lain yang disuka, periksa kembali apakah saldo di bulan tersebut dapat mencukupi. Jangan sampai karena ingin semua stok belanja aman, justru saldonya tidak cukup sampai akhir bulan.

5. Pilih Platform & Penjual yang Amanah

Saat ini ada banyak pilihan untuk bisa berbelanja. Menariknya, setelah pandemi Covid-19 yang kita alami selama hampir tiga tahun waktu itu, memberikan salah satu dampak positif pada pergerakan bisnis. Yakni, semakin banyak para pelaku bisnis atau penjual yang sudah mulai berbenah. Baik dari segi kualitas, harga, hingga layanan. Kemudahan pun dengan mudah didapatkan.

Pastikan, tempat yang dipilih untuk berbelanja adalah yang amanah. Cari tahu rating dan review dari calon tempat yang akan dipilih untuk berbelanja. Agar kita barang yang didapatkan cocok, baik dari segi harga hingga kualitas.  

 

Sedekah Mudah di YDSF

 

 

Artikel Terkait:

CARA MENGHITUNG ZAKAT PENGHASILAN | YDSF
Batasan Air untuk Wudhu | YDSF
KONSULTASI ZAKAT DARI TABUNGAN GAJI DI BANK | YDSF
Menikah Tapi Tidak Cinta Suami | YDSF
MENGELUARKAN SEDEKAH DARI BUNGA BANK | YDSF
Tips Awal Memilih Pasangan Untuk Menumbuhkan Generasi Shalih | YDSF
APA ITU WAKAF? PENGERTIAN, DALIL, DAN HUKUM WAKAF | YDSF

 

 

Riyadhus Shalihin Bab Taubat (BAGIAN 3) | Ustadz Isa Saleh Kuddeh


Tags: belanja hemat flash sale, flash sale, tips belanja hemat, 5 tips belanja hemat flash sale, 5 tips belanja hemat, tips belanja hemat flash sale, ydsf

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: