Ragam Penyaluran Program YDSF Periode November 2023

Ragam Penyaluran Program YDSF Periode November 2023

30 November 2023

Alhamdulillah, amanah dari para Sahabat Donatur dan mitra Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) telah didistribusikan dalam rangkaian program selama November 2023. Berikut telah kami rangkum beberapa agenda penyaluran program YDSF pada periode ini:

Bagikan Rp1,4 Miliar Beasiswa Pena Bangsa

Periode 2023, YDSF membagikan Rp1,4 miliar beasiswa Peduli Anak Bangsa (Pena Bangsa). Dana tersebut diberikan kepada 2.284 siswa dari jenjang SD hingga SMA. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Direktur Pelaksana YDSF Jauhari Sani, di ruang utama Masjid Baitussalam Ketintang, Kecamatan Gayungan, Surabaya akhir September lalu. 

Dalam proses realisasi beasiswa tersebut, YDSF bersinergi dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI). Untuk memudahkan distribusi, penyaluran beasiswa dikemas dengan adanya rekening tabungan. Beasiswa disalurkan sebagai biaya pendidikan selama dua semester. Secara rinci, sebanyak 1.474 siswa SD masing-masing menerima Rp210 ribu, 441 siswa SMP Rp420 ribu, dan 370 pelajar SMA Rp480 ribu.

Kembangkan Aksi Kemanusiaan Lintas Negara, YDSF Hadir dalam AGM ke-5 SEAHUM

Tergabung sekaligus menjadi insiator terbentuknya Southeast Asia Humanitarian Committee (SEAHUM), YDSF turut hadir dalam Annual General Meeting (AGM) ke-5 yang terselenggara di The Everly Hotel Putrajaya, Malaysia. Dalam kegiatan yang berlangsung selama dua hari di awal Oktober lalu, kegiatan ini turut membahas keterlibatan SEAHUM dalam menangani kasus kemanusiaan di tingkat Asia Tenggara.

Selain itu, pada pelaksanaan AGM kali ini digelar pemilihan pengurus baru SEAHUM untuk periode 2023-2025. YDSF yang diwakili Kepala Divisi Pendayagunaan Imron Wahyudi, menjadi anggota Divisi Program SEAHUM. Organisasi kemanusiaan ini diikuti berbagai negara dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam hingga Laos.

YDSF Berangkatkan 6 Tangki Air Bersih ke Lamongan

Berkolaborasi dalam Program Sejuta Liter Air Bersih, YDSF bersama 20 lembaga amil zakat yang tergabung dalam Forum Zakat (FOZ) Jatim mengirimkan dropping air di Kabupaten Lamongan. Dilaksanakan pada awal Oktober lalu, YDSF kerahkan 6 truk tangki berkapasitas total 30.000 liter air.

Dari keenam truk tangki tersebut, dapat memberikan manfaat bagi 572 jiwa. Penerima manfaat tersebar di beberapa desa di Kecamatan Sarirejo. Di antaranya Desa Kedungkumpul, Dermo Lemahbang, Sarirejo, dan Cangkring. Kegiatan ini akan terus berlangsung hingga mencapai target tepat 1 juta liter air bersih.

Usaha Kecil di Surabaya Terima Bantuan Modal KUM YDSF

13 pelaku usaha kecil yang tergabung dalam Komunitas Usaha Mandiri (KUM) YDSF di Tenggumung, Surabaya, menerima bantuan modal usaha. Bantuan senilai Rp26 juta direalisasikan di kediaman salah satu anggota komunitas di Jalan Tenggumung Karya Lor Tengah, Surabaya.

Modal usaha yang disalurkan pertengahan September tersebut, dibagikan kepada penerima manfaat dari beragam latar belakang usaha. Di antaranya ada warung kopi, berjualan jajanan, penjahit, penjual bunga, dan sebagainya. Salah satunya penerima bantuan modal adalah Sumiati (47). Setelah dinyatakan sembuh dari penyakit kanker tahun 2023 ini, ia lekas membuka usaha toko bunga.

Baca juga: YDSF SALURKAN BANTUAN 600 PAKET APD KITABISA FT. AGHNIA PUNJABI

Bertepatan Momen Maulid Nabi, YDSF Resmikan Program Pipanisasi di Jember

Untuk membantu daeah yang mengalami kelangkaan air bersih, YDSF resmikan program pipanisasi. Kali ini dilaksanakan di Dusun Krajan, Desa Jambearum, Kecamatan Sumberjambe, Jember. Program Pipanisasi yang telah diinisiasi sejak tahun 2021 ini mengalirkan air ke atas bukit menggunakan pompa hidrolik sejauh 2 kilometer.

Sebelumnya warga harus memikul air bersih dari sungai di dasar bukit. Tak jarang, risiko terjatuh hingga longsor sempat terjadi. Alhamdulillah, program pipanisasi diresmikan oleh Direktur Pelaksana YDSF Jauhari Sani tepat pada momen Maulid Nabi Muhammad saw. Program Pipanisasi YDSF senilai Rp46 juta tersebut telah dikelola warga setempat hingga dapat dirasakan manfaatnya oleh 55 keluarga.

Tanam Raya Pisang di Banyuwangi

Tanam Raya Pisang YDSF di Banyuwangi

Guna memberikan kesejahteraan bagi petani di Banyuwangi, YDSF menggandeng CV. Mahardika Putra Indonesia wujudkan Tanam Raya Pisang. Sebanyak 2000 bibit pisang jenis mas kirana ditanam di lahan seluas 1 hektare. Bantuan senilai Rp46 juta itu dialokasikan dalam bentuk subsidi bibit pisang dan biaya perawatan.

Tanam Raya Pisang merupakan wujud kepedulian YDSF terhadap petani yang trauma akibat tidak mampu menjual hasil panen program yang sama pada tahun lalu. Dengan wujud kerja sama YDSF dan segmen pasar layaknya CV. Mahardika Putra Indonesia, kini petani tidak perlu khawatir menjual pisang setelah panen nanti. 

Berkisah, Seminar, hingga Nobar Sahdu di Bioskop Bersama Santri & Yatim Madiun

Puluhan yatim, santri, hingga penghafal Al-Qur’an padati Studio CGV Cinemas Plaza Lawu Jl. Pahlawan No.47, Kartoharjo, Kota Madiun awal Oktober lalu. Dalam kesempatan itu, YDSF memberikan pengalaman dengan mengajak 188 peserta nonton bareng film Satu Hari dengan Ibu (Sahdu). Menggandeng berbagai mitra, YDSF sengaja booking satu studio bioskop sebagai sarana belajar baru nan menarik. Film besutan sutradara muda Muhammad Amrul Ummam tersebut menyajikan pesan inspiratif tentang sosok ibu.

Kegiatan lainnya, memperingati Maulid Nabi saw. YDSF melakukan kegiatan berkisah di dua sekolah, di TK Mujahidin dan SD Muhammadiyah Kota Madiun. Seminar Parenting pun turut menjadi gelaran program YDSF di Madiun yang dilakukan awal Oktober lalu dengan menghadirkan Ustadz Miftahul Jinan, dengan materi Kemandirian sebagai Pondasi Karakter Anak.

Bantuan Air Bersih dan Realisasi Beasiswa di Lumajang

Kondisi kekeringan yang terjadi pada musim kemarau tahun ini, YDSF distribusikan 156.000 liter air di 10 titik di Kabupaten Lumajang. 10 titik tersebut di antaranya Dusun Krajan, Jaburan, Clarak, Jabon, Baka Utara, dan Kebonan.

Baca juga: MILAD KE-36 YDSF, MENYATU UNTUK MAJU

Dalam kegiatan lain, beragam jenis beasiswa juga disalurkan YDSF sepanjang September lalu. Beasiswa Pena Bangsa senilai Rp29 juta direalisasikan bagi 56 pelajar SD hingga SMA. Tiga mahasiswa yang sedang berkuliah turut mendapat beasiswa senilai total Rp5 juta. Sedangkan bagi penghafal Al-Qur’an, YDSF wujudkan beasiswa bagi empat penghafal yatim dhuafa di Pondok Pesantren Tahfidz Quran SMPIT Darul Izzah.

Aksi Bersama Anggota FOZ Malang Raya, Distribusikan Air hingga Malang Selatan

YDSF bersama sembilan lembaga amil zakat yang tergabung dalam Forum Zakat (FOZ) Malang Raya distribusikan air bersih untuk wilayah kekeringan di Malang Selatan. Tergabung dalam aksi Gerak Bersama: Bantuan Air Kemanusiaan Malang Selatan, 10 unit mobil dikerahkan untuk mengangkut 2000 liter air. 

Dalam kesempatan itu, YDSF sendiri juga menyalurkan air bersih bagi warga Desa Tumpakrejo, Kecamatan Kalipare. Terdistribusi pada pertengahan September lalu, warga yang awalnya menempuh jarak hingga 1,5 kilometer untuk mengambil air kini lebih termudahkan.

Puluhan Ribu Liter Air Bersih untuk Kekeringan di Jateng

YDSF pada pertengahan September lalu gencar melakukan bantuan air bersih di berbagai titik di Jawa Tengah. Dilangsungkan selama dua pekan, realisasi air bersih bagi warga terdampak dilakukan di lereng Gunung Merbabu, tepatnya di Dusun Gemawang, Desa Jlarem, Kecamatan Gladagsari, Boyolali. Dalam kesempatan itu, 8.000 liter air bersih disalurkan untuk 33 kepala keluarga terdampak.

Masih di Boyolali, YDSF juga realisasikan air bersih bagi warga Desa Garangan dan Desa Jatilawang,  Kecamatan Wonosamudro. Turut menggandeng Relawan Komunitas Mahasiswa Boyolali (KMB), lima truk tangki dengan total kapasitas 45 ribu liter dikerahkan. Sedangkan di Semarang, 9.000 liter air disalurkan di Dusun Jagir, Desa Kedungringin, Kecamatan Suruh Kabu.

Latih Orang Tua di Semarang Berseni Komunikasi pada Anak

Guna memperkaya keahlian orang tua dalam seni berkomunikasi dengan anak, YDSF menggandeng Yayasan Abul Yatama adakan Seminar Parenting. Dilaksanakan di Lembaga Pendidikan Hidayatullah, Jalan Harapan Bangsa, Srondol Wetan, Banyumanik, Semarang, Adri Suyanto dihadirkan sebagai pemateri dalam kegiatan yang berlangsung akhir September lalu itu. Dihadiri sekitar 500 peserta, pemateri yang dikenal dengan Sarjana Humor Indonesia itu menyajikan kiat komunikasi orang tua dan anak agar harmonis. Para peserta pun turut antusias. "Penjelasannya sangat mudah dipahami karena diselingi dengan humor-humor yang jenaka," tutur Nasrul Arif, pengabdi dari Lembaga Pendidikan Hidayatullah.

Dikemas dalam Seminar Parenting, YDSF Realisasikan Beasiswa 230 Juta

Puluhan anak yatim dari Kabupaten Sidoarjo dan Pasuruan terima Beasiswa YDSF pertengahan September lalu. Bertempat di Fave Hotel Jalan Jenggolo, Sidoarjo, beasiswa Pena Yatim senilai Rp230,6 juta dibagikan untuk 51 anak yatim yang bersekolah di tingkat SMA. Selain beasiswa, peserta yang hadir juga turut menerima paket sembako senilai Rp150 ribu.

Penyaliuran bantuan itu dilakukan di sela-sela seminar motivasi parenting yang diisi oleh Ustadz Suhadi Fadjaray. Membawakan tema ‘Spirit of Excellence’, Suhadi menyebutkan tiga hal penting kesuksesan anak di dunia dan akhirat. Ketiganya adalah shalat, berbuat baik, dan bersungguh-sungguh.

Baca juga: KANG SAEP PREMAN PENSIUN TURUT RAMAIKAN FESTIVAL RAKYAT YDSF UNTUK PENYINTAS GEMPA CIANJUR

Wujudkan Kursi Roda untuk Lansia di Sidoarjo

Mariyam, seorang nenek di Sidoarjo terima bantuan kursi roda dari YDSF. Diserahkan pertengahan September lalu di kediamannya di Jalan Perdana No. 106 Entalsewu, Kecamatan Buduran, Sidoarjo, bantuan disalurkan setelah nenek 87 tahun ini jatuh dan mengalami dislokasi sendi. Kursi roda senilai Rp1,5 juta itu, diharapkan memberikan solusi bagi Mbah Mariyam yang kini tak lagi mampu berjalan. Dalam kesempatan yang sama, YDSF turut realisasikan Zakat untuk Mustahik (ZUM) senilai Rp4,5 juta untuk tiga orang di Sidoarjo.

Sedangkan tepat pada akhir September, Pelatihan Perawatan Jenazah dilangsungkan di Mushala Al Khairat Perum Jade Sudimoro, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo. Diikuti oelh belasan ibu rumah tangga, materi pelatihan disampaikan oleh dai YDSF Ustadzah Ratna Yuliati.

YDSF Ikuti Gelaran Jambore Relawan BPBD Jatim


YDSF ikut serta berpartisipasi dalam Jambore Relawan yang digelar Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Jatim. Kegiatan itu berlokasi di Lapangan Kecamatan Nguntoronadi, Magetan. YDSF hadir sebagai wujud aksi darma bhakti kemanusiaan. Jambore yang diikuti sekitar 2000 relawan se-Jatim ini turut mengadakan layanan sosial, edukasi, hiburan, hingga pertunjukan seni budaya. 

Kisahkan Teladan Nabi bagi Anak-Anak Jabodetabek

Memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad saw., YDSF menggelar program Berkisah di dua sekolah di Jabodetabek. Kedua sekolah tersebut adalah TK-MI Al Husainy Serpong, Kota Tanggerang dan MI Semplak Pilar, Bogor.

Dikemas menghibur oleh Kak Joo, puluhan siswa dari masing-masing sekolah turut antusias mendengarkan. Kegiatan yang dihelat akhir September hingga awal Oktober itu menjadi dasar menumbuhkan cinta pada Nabi Muhammad saw. sebagai sosok panutan. Di akhir kegiatan, siswa TK hingga SD ini diajak untuk belajar bersedekah.

Galakkan Tabligh Akbar Upaya Kokohkan Umat Muslim di Wilayah Minoritas

Di Gresik, tepatnya di Desa Balongtunjung, Kecamatan Benjeng, muslim menjadi minoritas. Demi memperkokoh keislaman masyarakat setempat, YDSF selenggarakan Tabligh Akbar awal Oktober lalu. Dengan mengangkat tema Satukan Ukhuwah Perkuat Aqidah, kegiatan itu juga diisi dengan pembagian 50 paket sembako.

Di lain kesempatan, pada awal Oktober, YDSF juga menggelar Pasar Bahagia di Masjid Roudhatul Jannah Desa Sidomukti, Kecamatan Kebomas, Gresik. Kegiatan yang masih terangkai dalam Gerakan Subuh Berjamaah (GSB) itu, sekaligus menggandeng KUA Kebomas. 75 Paket sayur segar gratis disediakan bagi jamaah yang datang.

 

Sumber Majalah Al Falah Edisi November 2023

 

Zakat di YDSF

 


Artikel Terkait

BEDA ZAKAT PENGHASILAN DAN ZAKAT MAAL | YDSF
YDSF Buat Warung Sedekah, Siapapun Bisa Mampir Makan Gratis
PERBEDAAN ZAKAT PROFESI DAN ZAKAT PERTANIAN | YDSF
Dahsyatnya Makna Kata “Insya Allah” | YDSF
BAYAR ZAKAT UNTUK ORANG YANG MENINGGAL | YDSF
Bolehkah Zakat Maal dalam Bentuk Barang? | YDSF
6 AMALAN PEMBUKA REZEKI | YDSF

 

Panen Raya Porang bersama Wakil Bupati Madiun


Tags: ragam penyaluran program ydsf, program penyaluran ydsf, penyaluran ydsf november 2023, program ydsf 2023

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: