Penyaluran Program YDSF Oktober 2023

Penyaluran Program YDSF Oktober 2023

31 Oktober 2023

Hingga Oktober 2023, Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) dapat terus istiqamah menebarkan kebaikan berkat amanah dari Sahabat Donatur. Berikut kami rangkum beberapa penyaluran program YDSF yang dipublikasikan pula melalui Majalah Al Falah Edisi Oktober 2023:

Ketua BWI Resmikan Masjid YDSF di Rest Area 725A Tol Sumo

Alhamdulillah, Masjid Asy Syamsu Al Abadiyah telah diresmikan pada pertengahan Agustus 2023 lalu. Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Prof. Dr. Ir. H. Mohammad Nuh, DEA meresmikannya secara langsung bersama jajaran pembina, pengawas, dan pengurus YDSF. Hadir pula donatur dan perwakilan dari PT Jasamarga Related Business (JMRB) serta para mitra program YDSF.

Masjid yang berada di Rest Area Travoy KM 725A Tol Surabaya-Mojokerto itu dibangun oleh donatur YDSF berkapasitas 500 jamaah. Peresmian tersebut merupakan simbolisasi setelah masjid yang dilengkapi dengan 23 toilet dan ruang istirahat ini difungsikan sejak Ramadhan 1444 H/2023.

Peringati HUT RI Ke-78, YDSF Gelar Bhakti Veteran di Bandung

Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI, Yayasan Dana Sosial al Falah (YDSF) berkomitmen untuk memberikan dukungan kepada para mantan pejuang kemerdekaan yang telah berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Bhakti Veteran YDSF di Gedung Bale Juang, Bandung

Acara yang bekerjasama dengan MTT Telkomsel dan Bumida Syariah itu diadakan di Gedung Juang Graha Purna Laga Jaya Baleendah, Bandung, Jawa Barat pada Kamis (31/8/2023) menjadi panggung penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan yang telah mengabdikan diri mereka demi negara. Sebanyak 100 mantan pejuang kemerdekaan menerima santunan dan paket sembako dari YDSF sebagai bentuk penghargaan dan rasa peduli kepada mereka. 

Mahasiswa PENS Buat Dashboard untuk Integrasikan Layanan Donatur YDSF

Awal September lalu, YDSF mendapatkan sokongan fitur dashboard dari mahasiswa Program Studi Sains Data Terapan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Dashboard yang dilengkapi dengan monitor touchscreen ini, merupakan bentuk dukungan PENS dalam mewujudkan pelayanan YDSF yang terintegrasi.

Sajian data antar muka yang dikembangkan delapan mahasiswa PENS tersebut, menyajikan beragam aktivitas lini garap YDSF dalam bentuk grafik. Di dalamnya, terdapat informasi sebaran data penerima manfaat hingga grafik keuangan. Semuanya dapat diakses donatur saat mengunjungi kantor YDSF.

Safari Dakwah Syeikh Anas Jaber Bersama YDSF

Sepanjang akhir Agustus, YDSF menggelar Safari Dakwah bersama Syekh Anas Jaber. Rangkaian dakwah adik kandung almarhum Syekh Ali Jaber itu mengangkat tema Menjaga Generasi Qur’ani. Safari dilakukan empat hari untuk memperkuat merupakan buah kolaborasi dengan Sahabat Pro.

Kegiatan tersebut terlaksana di Surabaya, Sidoarjo, dan Malang yang berlokasi di Masjid Bukit Palma Citraland Surabaya, Masjid Al-Magfiroh Sawojajar Malang, SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo, dan SMP Al Falah Assalam Tropodo Sidoarjo.

Ternak Domba YDSF bagi Penyintas Semeru Perlahan Bangkit

Program ternak domba yang diinisiasi YDSF di Lereng Semeru pada tahun 2022 lalu kini perlahan bangkit. Setelah dilanda erupsi, pemberdayaan domba YDSF yang dikelola Komunitas Semeru Bangkit di Dusun Kamarkajang, Desa Sumberwuluh, Candipuro telah membuahkan hasil.

Dari 17 anggota komunitas ternak yang mendapat bantuan, mayoritas berkembang sesuai rencana. Dari jumlah awal 60 ekor indukan, kini sudah menjadi 146 ekor plus 60 ekor di antaranya bunting. Kepala Dusun Kamarkajang, Bustamil Arifin optimis program YDSF dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Selain itu, YDSF juga telah merealisasikan 825 bibit tanaman indigofera. Dalam kurun waktu delapan bulan, tanaman indigofera telah berhasil dipanen dua kali.

Dukung Dai YDSF Sejahterakan Jemaah Lewat Modal Dakwah

Dalam memberikan dukungan kepada dai-dainya, YDSF memberikan bantuan modal dakwah kepada para dai. Modal berbasis pemberdayaan ekonomi ini, nantinya dapat berguna untuk menunjang dakwah dan kesejahteraan jemaahnya. Seperti yang dilakoni Ustadz Hadi Sukarisi. Akhir Agustus lalu YDSF memberikan modal ternak berupa mesin pakan dan bibit kelinci. Tidak hanya itu, Dai wilayah Kabupaten Nganjuk ini juga mendapatkan bantuan satu unit sepeda motor.

YDSF juga turut melakukan supervisi usaha yang dikembangkan dai lainnya. Di Jombang, Ustadz Dhofar dan Ustadz Imam Wahyudi masing-masing mengembangkan pertanian sawi dan pembuatan batako. Sedangkan di Desa Pecuk, Kecamatan Patianrowo, Kabupaten Nganjuk, Ustadz Suparni mengembangkan peternakan domba.

Hangus Terbakar, YDSF-JNE Wujudkan Rombong Baru Penjual Cilok

Beberapa waktu silam, Jumaroh, penjual cilok mengalami nasib pilu. Satu-satunya rombong sumber usaha miliknya ludes terbakar. Akibatnya, seluruh perlengkapan jualan yang ia miliki pun hangus tak tersisa.

Prihatin melihat kondisi Jumaroh, YDSF bersama PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) wujudkan rombong baru ibu 43 tahun itu. Rombong senilai Rp5 juta diserahkan langsung ke rumah ibu tiga anak pada akhir Agustus lalu. Kolaborasi kebaikan bersama Ekspedisi JNE masih akan terus berlanjut hingga dua rombong lagi.

Kuatkan Jaringan Dakwah, YDSF Utus Dai ke Rutan Ponorogo

Bertempat di Ponorogo, YDSF utus Dai ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Ponogoro di Jalan HOS Cokroaminoto, Banyudono. Terdapat lima dai yang akan memperkuat jaringan dakwah di rumah tahanan milik negara kelas IIB itu. Kelima dai yang ditugaskan, di antaranya tiga dai laki-laki dan dua dai perempuan.

Dengan ditugaskannya dai-dai itu, YDSF berharap nantinya akan adanya suntikan moral kepada para penghuni rutan selama menjalani proses hukum. Dalam kegiatan akhir Agustus lalu, sekaligus dilangsungkan pemberian surat tugas bagi kelima dai YDSF.

Ibu Kantin Tuai Hasil Setelah Gabung KUM YDSF

Kisah baik terdengar dari Anita penjual di kantin SMP Wachid Hasyim Surabaya. Semenjak bergabung dengan Komunitas Usaha Mandiri (KUM) YDSF, omset usaha ibu 48 tahun itu terus beranjak naik. Saat pandemi Covid-19 lalu, usaha miliknya sepi. Ia terus memutar otak berdagang demi memompa penghasilan usahanya.

Bergabung dengan KUM YDSF, Anita kembali memiliki harapan. Bantuan modal usaha dari YDSF dijadikan sebagai modal awal berjualan di kantin sekolah. Setelah pandemi usai, kebijakan sekolah tatap muka kembali berlaku. Alhamdulillah, kini Anita menuai hasil usahanya. 

Beasiswa Pena Bangsa untuk Siswa Cilik Situbondo

Tiga siswa sekolah dasar di Situbondo mendapatkan Beasiswa Pena Bangsa YDSF awal bulan September kemarin. Diserahkan langsung ke sekolah masing-masing, ketiga pelajar dhuafa mendapatkan beasiswa senilai Rp2,75 juta.

Mereka adalah Randi dan Hardi dari SD Negeri 9 Patokan Situbondo dan Rafa, siswa SD Negeri Dabasah Situbondo. Rafa, merupakan pelajar dhuafa yang dilepas tanggung jawab oleh ayahnya. Kini ia hidup bersama kakek dan neneknya yang sudah renta.

Bahagiakan Anak Jalanan Kota Semarang, YDSF Bagikan Paket Pintar

Digelar di Gedung Monod Kota Semarang, YDSF bersama Rumah Pintar (Rumpin) Bangjo kembali bahagiakan anak jalanan. Bagi-bagi Paket Pintar di akhir bulan kemerdekaan lalu. 15 Paket Pintar berupa perlengkapan sekolah dibagikan turut menghadirkan 15 anak-anak tunawisma. Mereka mulai dari anak usia sekolah dasar hingga SMA.

YDSF juga turut bagikan Paket Pintar bagi anak jalanan yang tidak hadir untuk bagikan langsung ke rumah masing-masing.

MI di Gresik Terima Bantuan Komputer

Sebagai upaya menunjang pengembangan teknologi dalam sarana pendidikan, YDSF salurkan perangkat komputer untuk sekolah di Gresik. Empat perangkat komputer dibagikan YDSF untuk dua madrasah ibtidaiyah. Terealisasi pada akhir Agustus lalu, dua sekolah penerima adalah MI Darul Najah Karangan, Cerme dan MI Miftahul Huda, Dahanrejo, Kebomas.

Serah terima perangkat komputer meliputi CPU, keyboard, monitor, sound system, hingga printer dilaksanakan di Kantor YDSF Jalan Panglima Sudirman No. 8 Sumberrejo, Pulopancikan, Gresik.

Dakwah Bersama Astri Ivo, hingga Salurkan Beasiswa dan Sembako di Lumajang

Aktris sekaligus pendakwah Astri Ivo bersama YDSF menggelar Safari Dakwah di Lumajang dan sekitarnya. Mengangkat tema Generasi Pewaris Nabi, kegiatan terselenggara di Masjid Al Ikhlas, Jalan Bengawan Solo dan Masjid Al Kautsar Leces, Probolinggo.

Kajian YDSF bersama Astri Ivo

Pada kesempatan lain, YDSF juga melakukan pembinaan 36 Bunda Yatim, lansia dan dhuafa akhir Agustus di Griya Al-Qur’an Jalan Klojen, Lumajang. Dalam momen ini YDSF turut membagikan paket sembako. Paket sembako lainnya juga dibagikan YDSF untuk masyarakat Dusun Wonorejo, Desa Kandangtepus Senduro, Lumajang. Buah kolaborasi dengan Mahasiswa STAI Hasan Jufri Bawean, Gresik, turut bagikan 75 kilogram beras.

Sedangkan pada pertengahan Agustus lalu, YDSF realisasikan Beasiswa Tahfidz bagi 16 santri penghafal Qur’an binaan YDSF.

Pelatihan Pendamping Bunda Yatim

Sebagai bentuk kepedulian terhadap keluarga yatim, YDSF adakan pelatihan Pendamping Bunda Yatim. 23 Peserta yang ikut dilatih agar dapat membantu meningkatkan taraf ekonomi bunda yatim sebagai tulang punggung keluarga.

Dilaksanakan di Aula Graha Zakat 2 YDSF Jl. Kertajaya VIII C No. 11, kegiatan dilaksanakan dua hari pekan pertama September lalu. Menurut  Nining Sholikhah, trainer dalam pelatihan itu, materi yang disampaikan pada pelatihan ini bertujuan untuk mengenali dan menggali potensi bunda yatim.

Sehat Ala Rasulullah, YDSF Galakkan Pelatihan Topung

Pelatihan totok punggung (Topung) kembali digelar YDSF selama dua hari pada pertengahan September lalu. Diselenggarakan di Gedung Wisma Guru PGRI Jatim, Jalan Ahmad Yani No. 6-8, Surabaya, 100 peserta turut pelatihan topung level dasar dan pendalaman.

Beberapa peserta juga dari kalangan praktisi medis seperti dokter dan perawat. Agus Yanto, Ketua Komunitas Topung Indonesia wilayah Jatim dan Nurul Hidayati Trainer Topung Nasional, ditunjuk sebagai pemateri dalam pengobatan ala Rasulullah (thibbun nabawi) kali ini.

Gandeng Stikosa AWS Gelar Pelatihan Menulis dan Memotret

Perkembangan media digital hadir sebagai tantangan baru yang turut menjadi fokus YDSF. Menggandeng Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi - Almamater Wartawan Surabaya (Stikosa-AWS), Pelatihan Kreatif Menulis dan Memotret di Media Digital sukses terselenggara selama dua hari, Senin-Selasa (11-12/9) di Ruang Multimedia Stikosa-AWS Jalan Nginden Intan I/18.

Berbagai kalangan mulai dari mahasiswa, karyawan, hingga pelaku UMKM antusias mengikuti workshop tersebut. Mamuk Ismuntoro fotografer profesional dan Hendro D. Laksono dosen sekaligus praktisi jurnalis, menjadi pemateri di hadapan sekitar 76 peserta.

Adakan Tausiah hingga Rintis Sinergi Bersama Pemkab Madiun

Di Madiun, YDSF menggelar pengajian bersama Ustadz Sonny Abi Kim pertengahan bulan September lalu. Dilaksanakan di Masjid Al Islah Al Irsyad Jl. Diponegoro No. 112B, Madiun Lor, Kecamatan Manguharjo, sekitar 150 jamaah datang memadati ruang utama masjid. Dalam tausiahnya, ustadz sekaligus penulis buku Garasi Langit itu membahas syarat bagaimana mendapat pertolongan dari Allah, sekaligus mengetahui benang merah dari setiap pertolongan yang diberikan.

Dalam kesempatan lain, YDSF juga berkunjung ke Wakil Bupati Madiun, Hari Wuryanto. Kegiatan ini menjadi awal sinergi kebaikan YDSF bersama Pemkab Madiun.

YDSF Tebar Santunan Yatim di Banyuwangi

Gebyar Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 H diisi dengan kemeriahan bersama anak yatim di Banyuwangi. Bantuan senilai Rp5,5 juta disiapkan dalam berbagai bentuk kegiatan. Terselenggara di dua tempat, awal Agustus YDSF memberikan santunan yatim di Pondok Pesantren Al Atiq Purwoharjo. Sejumlah 15 anak yatim turut mendapatkan santunan.

Sedangkan dalam kesempatan selanjutnya, YDSF hadir bersama anak yatim di Dusun Gebang, Desa Benelan Kidul, Kecamatan Singojuruh. Pada momen kali ini YDSF mengadakan tausiah dan menyalurkan beras dan wakaf Al-Qur’an.

Puncak Petualangan Muharam bersama Ustadz Wijayanto

Beragam kegiatan memperingati tahun baru Islam digelar YDSF di Malang. Puncaknya, pada akhir Agustus lalu, YDSF mengadakan talkshow bersama Ustadz Wijayanto. Dalam kegiatan yang di selenggarakan di Malang Creative Center Jalan Jl. A. Yani No. 53, Blimbing, YDSF juga memberikan Beasiswa Pena Bangsa sejumlah Rp362,5 juta.

Semarak kegiatan ini juga hadir sebagai wadah memberdayakan Kelompok Usaha Mandiri (KUM) YDSF dalam arena bazar. Tidak lupa, paket perlengkapan sekolah Back to School dan cek kesehatan gratis juga memeriahkan acara tersebut.

Salur Sedekah Air untuk Masyarakat Boyolali & Tuban

Penyaluran Sedekah Air YDSF

Banyak masyarakat mengalami kelangkaan air bersih akibat kemarau panjang tahun ini. Oleh karena itu, tepat pada pertengahan September lalu YDSF melakukan Salur Sedekah Air Bersih untuk masyarakat Dusun Gemawang, Desa Jlarem, Kecamatan Gladagsari, Kabupaten Boyolali, Jateng. Air bersih sebanyak 5000 liter, disiapkan untuk 33 keluarga yang mengalami kelangkaan air sejak bulan Agustus lalu.

Sedangkan di Tuban, YDSF melakukan dropping air bersih di dua titik di Desa Ngandong, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban. Air bersih sebanyak 10 ribu liter, disalurkan bagi sekitar 213 keluarga. 

 

 

Zakat Profesi di YDSF


Artikel Terkait:

PERBEDAAN ZAKAT PROFESI DAN ZAKAT PERTANIAN | YDSF
Keutamaan Puasa Senin Kamis | YDSF
ZAKAT DALAM ISLAM | YDSF
Tips Mendidik Anak Berkarakter | YDSF
ZAKAT SEBAGAI PENGURANG PAJAK | YDSF
Peresmian Pesantren Wakaf Ihya Ul Qur’an Wosossalam, Jombang
APA ITU WAKAF? PENGERTIAN, DALIL, DAN HUKUM WAKAF | YDSF

 

Air Bersih untuk Palestina


Tags: penyaluran ydsf, program ydsf, penyaluran program ydsf, ydsf

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: