Janji Allah bagi Orang yang Suka Bersedekah | YDSF

Janji Allah bagi Orang yang Suka Bersedekah | YDSF

16 Oktober 2019

Bagi seorang muslim hendaknya sedekah dapat dijadikan sebagai gaya hidup atau lifestyle. Sehingga bersedekah tidak menjadi beban dan menjadi kebiasaan sehari-hari. Maka dalam keluarga kita harus sedini mungkin membiasakan anggota keluarga untuk bersedekah. Terlebih Allah menjanjikan berbagai kemuliaan bagi orang-orang yang suka bersedekah.

            Banyak ulama menyatakan bahwa salah satu tanda bahwa rezeki kita berkah adalah jika kita dengan ringan bersedekah atas rezeki itu. Nah, agar kita bisa semakin ringan bersedekah ada baiknya kita mengetahui apa saja janji Allah pada orang yang suka bersedekah.

 

  1. Harta yang Disedekahkan akan Diganti

Jangan heran jika ada orang kaya makin kaya karena gemar bersedekah. Itu karena Allah sedang menepati janji pada orang tersebut. Allah juga selalu mencukupkan orang yang gemar bersedekah meski tidak menjadikannya kaya. Namun yang terpenting adalah Allah tidak hanya mengganti harta yang disedekahkan itu di dunia saja. Allah juga akan menggantik setiap harta yang disedekahkan kelak di akhirat.

 

  1. Membuka Rezeki dengan Sedekah

Gemar bersedekah akan mendatangkan berkah bagi siapa pun yang melakukannya. Rasulullah bersabda dalam hadis riwayat Baihaqi, "Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah."

Hadist lain diriwayatkan pula dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah bersabda, "Hai anak Adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu), niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu."

 

  1. Rajin Sedekah Melipatgandakan Rezeki

Siapa pun yang ingin melipatgandakan rezekinya maka resepnya adalah rajin bersedekah. Dalam Alquran Surat Al- Baqarah Ayat 261, Allah berfirman, "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui."

 

  1. Memperpanjang Manfaat Harta Warisan

Seringkali kita mendengar kejadian di masyarakat seseorang yang meninggalkan warisan begitu saja habis begitu harta tersebut berpindah tangan. Padahal, seharusnya warisan itu dapat dipertahankan sehingga manfaatnya terus mengalir sehingga bisa menjadi jariyah bagi orang yang meninggalkannya.  Sedekah adalah cara yang diannjurkan Rasulullah agar harta warisan terpelihara dan terus bermanfaat.

Dalam Hadis riwayat Ahmad Rasulullah bersabda, "Tidaklah seorang yang bersedekah dengan baik kecuali Allah memelihara kelangsungan warisannya."

 

  1. Sedekah jadi Naungan di Hari Kiamat

Alquran menggambarkan begiti dahsyatnya  hari kiamat. Yaitu pada saat matahari digulung, laut dipanaskan, gunung meletus dan sebagainya. Maka dalam kejadian itu tiada yang bisa melindungi seorang muslim kecuali amalnya. Di antara amal itu adalah sedekah. Rasulullah bersabda, "Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya."

 

Dengan mengharap ridho Allah mari kita ajak seluruh keluarga untuk gemar bersedekah. Juga terus mengingatkan diri sendiri agar tidak berat bersedekah atau bahkan enggan bersedekah karena takut harta berkurang atau takut miskin. Wallahua’lam bishawab. (nra)

 

Baca juga

 

Karakteristik Para Hamba yang Dicintai Allah  | YDSF

 

Konsep Patriotisme dalam Islam | YDSF

 

Inilah 4 Cara Mendidik Anak Menjadi Pahlawan Secara Islami | YSDF

 

6 Prinsip untuk Menyiapkan Anak Sebagai Pejuang Kehidupan | YDSF

 

 

Bahagia dengan Gemar Berbagi | YDSF

 

Tags:

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: