Doa Agar Segala Amal Diterima Allah Swt. | YDSF

Doa Agar Segala Amal Diterima Allah Swt. | YDSF

4 Desember 2023

Agar segala amal diterima oleh Allah Swt. maka kita wajib mengiringinya dengan doa. Tidak bisa kita menginginkan semuanya tercapai tanpa memanjatkan doa-doa dan merayu Allah Swt. Karena setiap langkah yang kita upayakan pastilah membutuhkan keridhaan dan berkah dari-Nya.

Doa bukan hanya sebagai permohonan atas diterimanya amal, tetapi juga sebagai ungkapan bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah Allah Swt. berikan. Doa juga menjadi sarana untuk memperkuat iman dan kedekatan rukhiyah dengan Sang Ilahi.

Selain dengan berdoa, tentu ikhtiar jangan sampai terlupakan. Termasuk usaha untuk mencari waktu-waktu mustajabnya doa. Ada beberapa ikhtiar yang bisa kita lakukan untuk mengiringi terkabulnya doa yang kita panjatkan, yaitu:

1.       Mencari waktu mustajab

Beberapa waktu mustajabnya doa yaitu pada hari Arafah, Ramadhan, di sepertiga terakhir malam, saat turun hujab, sujud, hingga antara adzan dan iqamah.

Rasulullah saw. bersabda, “Keadaan terdekat antara hamba dengan tuhannya adalah ketika sujud, maka perbanyaklah doa.” (HR. Muslim).

 

2.       Menjaga adab berdoa

Ketika berdoa, kita juga perlu menjaga adab, tidak boleh asal-asalan. Tidak bisa kita berdoa dengan posisi duduk yang semaunya sendiri, bercanda, dan sebagainya yang kurang elok dalam dalam norma.

Dua hal yang paling mendasar tentang adab dalam berdoa adalah menghadap kiblat dan mengangkat tangan, sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari.

 

3.       Khusyuk, yakin, dan penuh harap kepada Allah

Do aitu menjadi saran akita “bertemu” dengan Allah, oleh karenanya tidak bisa asal-asalan. Harus khusyuk, seperti firman Allah dalam surah Al-Anbiya ayat 90, “Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyuk kepada Kami.”

 

4.       Memperbaiki diri

Ketika ingin agar Allah menyegerakan permohonan kita, maka bukan hanya melalui doa. Namun, muhasabah dan berubah menjadi lebih baik juga wajib dilakukan. Tidak mungkin kita mengharap doa agar amal diterima Allah, tetapi sikap dan perilaku masih saja dalam keburukan.

Baca juga: Orang-Orang Yang Didoakan Malaikat | YDSF

2 Jenis Doa Agar Amal Diterima Allah

Membahas tentang doa agar amal diterima oleh Allah Swt., sebenarnya ada beberapa yang bisa kita pakai. Dua doa agar amal diterima Allah yang paling popular adalah:

1.       Doa Nabi Ibrahim

Doa ini diabadikan dalam surah Al-Baqarah ayat 127,

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّآ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْعَلِيمُ

Rabbanaa taqabbal minnaa innaka antassamii’ul ‘aliim

Artinya, “Ya Tuhan kami, terimalah dari pada kami (amalan kami). Sesungguhnya. Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah : 127).

Doa ini dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim a.s. ketika selesai membangun Ka’bah di Makkah. Tujuannya, agar amal perbuatan tersebut semata-mata dilakukan karena Allah Swt. serta mengharap ridha agar diterima.

 

2.       Doa Rasulullah

Selain itu, ada juga teladan doa agar amal diterima oleh Allah Swt. yang dipanjatkan oleh Rasulullah saw. yang diriwayatkan dari Ibnu As-Sunnia dan Ibnu Majah, sebagai berikut,

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma innii asaluka ‘ilmaan naafi’aa, wa rizqaan thoyyibaan, wa ‘amalaan mutabballaan.

Artinya, “Ya Allah, sungguh aku memohon kepadamu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amal yang diterima.”

Mari, kita iringi setiap amalan dengan berdoa. Insya Allah keberkahan akan selalu didapatkan.

 

Zakat di YDSF


 

Artikel Terkait

BEDA ZAKAT PENGHASILAN DAN ZAKAT MAAL | YDSF
YDSF Buat Warung Sedekah, Siapapun Bisa Mampir Makan Gratis
DOA MINTA REZEKI HALAL DAN BERLIMPAH SESUAI SUNNAH | YDSF
Dahsyatnya Makna Kata “Insya Allah” | YDSF
ZAKAT, DIBERIKAN KE TETANGGA ATAU LEMBAGA? | YDSF
Bolehkah Zakat Maal dalam Bentuk Barang? | YDSF
13 ADAB DALAM BERDOA | YDSF

 

Panen Raya Porang bersama Wakil Bupati Madiun


Tags: doa agar amal diterima, doa agar amal diterima Allah, doa amal diterima, ydsf

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: