8 Tips Mudik Aman dan Nyaman| YDSF

8 Tips Mudik Aman dan Nyaman| YDSF

19 April 2023

Saatnya lebaran, saatnya pulang ke kampung halaman. Ya, momen Idulfitri memang menjadi momen yang paling ditunggu untuk bisa mudik. Baik ke rumah orang tua maupun sanak saudara. Namun, mudik jangan asal mudik. Tetap harus perhatikan kondisi fisik, mental, hingga keuangan. Agar mudik tetap aman dan nyaman bahkan meminimalisir pemborosan.

Pesatnya perkembangan tekonologi hingga laju ekonomi di kota-kota besar, membuat jumlah pendatanyanya pun terus bertambah. Bukan hanya rela pindah kota atau provinsi, demi bisa menyambung hidup, masyarakat Indonesia pun nampak sudah biasa merantau hingga jauh dari pulau asalnya.

Setelah hampir tiga tahun momen mudik lebaran kita lewatkan begitu saja karena tingginya kasus Covid-19, tahun ini jumlah pemudik diprediksi mengalami pelonjakan yang signifikan. Oleh karenanya, kita pun juga harus lebih ekstra dalam menjaga diri dan keluarga saat mudik. Jangan sampai ada penyesalan setelah mudik. Seperti merasa jadi lebih boros, atau justru terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk dapat membuat mudik menjadi aman dan nyaman, tentu ada tipsnya. Nah, kami telah merangkumkan 8 tips mudik untuk Sahabat:

8 Tips Mudik

1. Buat perencanaan biaya selama mudik

Nah, ini adalah bagian yang paling penting sebelum kita mudik. Biasanya, saat jelang hari raya kita mendapatkan THR (Tunjangan Hari Raya) dari tempat kita bekerja. Pasti tidak mau dong kalau akhirnya mudik malah membuat boros? Belum lagi, saat mudik kita juga ikut membagikan THR hingga hadiah terbaik untuk ponakan dan kerabat.

Buat list apa saja kebutuhan pengeluaran saat mudik, mulai biaya perjalaan bahkan hingga siapkan pula pos dana cadangan (bila terjadi hal-hal di luar perencanaan). Untuk pembagian THR dan hadiah, buat pula listnya, siapa saja yang akan diberi, berapa nominalnya, atau apa hadiah dengan budget tertentu yang hendak diberikan.

2. Periksa kondisi kesehatan

Sebelum menempuh perjalanan jauh, usahakan cek kondisi kesehatan diri sendiri dan keluarga. Jangan sampai karena merasa sedikit tidak enak badan, justru membuat perjalanan mudik jadi tidak menyenangkan.

Bila memang dirasa kurang fit, lakukan upaya-upaya agar badan tidak sampai ambruk. Kalaupun di hari H mudik tetap kurang fit, usahakan untuk tidak dipaksakan mudik. Berikan kabar pada pihak keluarga yang berada di kota tujuan.

3. Cek kelayakan kendaraan

Bagi Sahabat yang mudik dengan kendaraan pribadi, baik mobil ataupun motor, pastikan kendaraan kalian layak untuk menempuh perjalanan jauh. Bila perlu, bawa ke bengkel untuk memeriksakannya. Sekaligus, lakukan perawatan untuk kendaraan agar siap dan lebih enak digunakaan saat mudik.

Baca juga: JAMAK SHALAT KARENA MACET | YDSF

4. Tinggalkan rumah dalam keadaan aman

Sebelum meninggalkan rumah, maka cek seluruh kondisinya. Mulai dari kelistrikan, sambungan dengan sumber api, dan sebagainya. Putus seluruh koneksi yang dapat membuat rumah menjadi bahaya. Misal, mencabut kabel-kabel di rumah yang berpotensi adanya konsleting bila terjadi gangguan kelistrikan, lepaskan pipa gas di dapur, matikan lampu dan nyalakan di bagian yang perlu, hingga jangan lupa mengunci pintu dan pagar rumah.

5. Bawa obat-obatan dan P3K ringkas

Selain membawa obat-obatan yang berkaitan dengan riwayat penyakit yang diderita, tambahkan perlengkapan P3K ringkas saat mudik. Seperti membawa plester, obat luka, dan sebagainya. Selain itu, bawa pula obat-obatan untuk penyakit yang mungkin muncul saat mudik. Contohnya, obat untuk mabuk perjalanan, obat mual, obat perut kembung, dan lain-lain.

6. Siapkan perbekalan makanan untuk perjalanan

Saat mudik, kita tidak selalu bertemu dengan toko ataupun warung makan. Oleh karenanya, siapkan perbekalan makanan dan minuman yang cukup. Agar saat istirahat atau terhadang macet, kita tidak sampai kelaparan karena tidak menemukan warung terdekat.

7. Bawa uang tunai dan barang secukupnya

Pilih barang-barang yang pasti akan dipakai, dan sediakan cukup satu sampai dua barang cadangan (yang mungkin akan dipakai). Meski sekarang sudah bisa bertransaksi cashless, tetapi belum tentu di kota tujuan banyak tempat yang bisa menggunakan metode pembayaran tersebut. Sehingga, perlu membawa uang tunai secukupnya, jangan berlebihan yang bila berpotensi hilang justru dalam penyesalannya.

8. Pastikan alat komunikasi selalu aktif dan terisi pulsa

Bawa perlengkapan charging untuk alat komunikasi, baik yang langsung terhubung ke listrik maupun yang portabel. Pun, pastikan sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan alat komunikasi sudah full charging.

Jangan hanya mengandalkan paket data. Saat di luar kota susah sinyal, maka kita hanya bisa mengandalkan komunikasi telepon biasa, dan ini membutuhkan pulsa. Jadi, usahakan pulsa Sahabat cukup untuk digunakan selama mudik.

 

 

Istiqamah Berbagi Kebaikan


 

Artikel Terkait:

HUKUM BAYAR ZAKAT ONLINE DALAM ISLAM | YDSF
Keutamaan Membaca Ayat Kursi Dan Anjuran Sedekah | YDSF
ZAKAT PENGHASILAN SUAMI-ISTRI BEKERJA | YDSF
Nikmatnya Membaca Al Kahfi | YDSF
DOA AGAR DIBERIKAN HIKMAH & MASUK GOLONGAN SHALIH | YDSF
Saat Amal Baik Batal Dilakukan | YDSF

 

Riyadhus Shalihin Bab Taubat (BAGIAN 2) | Ustadz Isa Saleh Kuddeh


Tags: tips mudik, tips mudik ydsf, tips mudik aman dan nyaman, tips mudik aman, ydsf

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: