Nikmat Bagi Orang yang Sabar | YDSF

Nikmat Bagi Orang yang Sabar | YDSF

14 Desember 2022

Dalam setiap sikap baik yang kita miliki, pastilah terdapat nikmat yang akan Allah beri, contohnya orang-orang yang sabar. Sabar, merupakan salah satu sifat yang sangat dicintai Allah, tetapi pada praktiknya setiap insan masih harus terus belajar dan berproses. Karena untuk mencapai taraf dan dianggap menjadi sabar, ukurannya pun berbeda-beda. Tergantung dengan siapa kita berhadapan.

Adakah kegembiraan yang melebihi kegembiraan orang yang diberi kenikmatan surga oleh Allah Swt.? Pertanyaan yang pasti diketahui jawabannya oleh hamba-hamba yang beriman. Tidak ada kebahagiaan yang hakiki dan abadi kecuali tatkala kita menjadi penghuni surga. Inilah kebahagian yang dicari oleh para pencari kebahagiaan. Kenapa kebahagiaan surgawi? Karena inilah puncak dan kesempurnaan kebahagiaan.

“Tak seorang pun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan.” (QS. As Sajdah: 17)

Dikuatkan hadits Rasulullah saw. “Allah Swt. berfirman: “Aku telah menyiapkan untuk hamba-hamba-Ku yang shalih sesuatu yang belum pernah dilihat mata, belum pernah didengar telinga dan tidak pernah terlintas di benak manusia untuk hamba-hamba-Ku yang saleh.”” (HR Muslim)

Diberikan Kenikmatan Surga

Kenikmatan surgawi adalah kenikmatan abadi tanpa ada kesengsaraan sedikit pun. Firman Allah Azza wa Jalla, “Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah surga ’Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan mereka pun ridha kepada-Nya.” (QS. Al-Bayyinah: 8)

Kepada siapa kenikmatan surga ini diberikan? Allah Azza wa Jalla berfirman, “Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya.” (QS. Al-Furqan: 75)

Bahkan, dalam tafsir ayat tersebut, disebutkan bahwa para malaikat berebutan menyambut kedatangan orang-orang yang sabar. Mereka memperoleh penghormatan, pengagunggan, dan keselamatan melimpah. Kelak, para mallaikat masuk menemui orang-orang sabar tersebut dari setiap pintu surga seraya berucap, “Keselamatan atas kalian karena kesabaran kalian. Maka surga adalah sebaik-baik tempat tinggal di akhirat.”

Baca juga: Belajar Sabar dari Kisah Nabi Ayyub as. | YDSF

Dalam ayat lain, Allah Swt. berfirman, “Kepada orang orang sabarlah surga Allah diberikan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata “Inna lillahi wa inna ilaihi raji‘un” (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali). Mereka itulah yang memperoleh ampunan dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. Al Baqarah: 155)

Kunci Kebaikan dan Kebahagiaan

Sabar merupakan kunci kebaikan dan kebahagiaan. Salah satu bentuk kesabaran adalah sabar dalam menerima musibah dan ujian. Bukankah dunia ini milik Allah dan segala sesuatu adalah milik Allah yang akan kembali kepada Allah (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali).

Apa alasan yang membuat kita marah tatkala kita melepaskan sesuatu yang bukan milik kita? Apa alasan yang membuat kita tidak ridha tatkala Sang Pemilik mengambil kembali apa miliki-Nya dari kita?

Apa alasan kita stress dan berburuk sangka kepada Allah jika teryata ujian yang sebentar ini diganti dengan kenikmatan yang hakiki di alam barzakh sebelum kita merasakannya di surga? Apa alasan yang membuat kita gelisah jika kita akan mendapatkan ganti tempat yang lebih baik dari dunia dan siisinya?

Mari kita pupuk kesabaran sesaat (karena hidup di dunia hanya sesaat) dengan terus berbaik sangka kepada Allah, dan mengingat selalu bahwa dunia adalah tempat ujian dan tempat kita pasti kehilangan apa yang kita miliki. Ingatlah kehidupan para Nabi, para sahabat Nabi, orang-orang shalih yang mendapatkan berbagai macam ujian melebihi ujian kita. Dan, mereka mampu bersabar dan ridha, yang kemudian pada saat ini mereka menikmati berbagai kenikmatan yang hakiki dari Allah SWT.

Dunia hanya sebagai tempat sementara dan tentunya penuh ujian. Tidak ada kehidupan tanpa ujian, sebagaimana firman Allah dalam surat al-Mulk ayat 2, “Yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Mahaperkasa, Maha Pengampun.”

 

Sumber Majalah Al Falah Edisi Oktober 2021

 

Sedekah Mudah

 

Artikel Terkait:

Safari Dakwah dan Bakti Sosial YDSF di Lereng Merbabu, Semarang | YDSF
KONSULTASI ZAKAT DARI TABUNGAN GAJI DI BANK | YDSF
5.100 Paket Buka Puasa dan Takjil Bernutrisi YDSF untuk 11 Provinsi
ZAKAT PENGHASILAN SUAMI-ISTRI BEKERJA | YDSF
YDSF dan Mahasiswa UMSIDA Bantu Penderita Syaraf Tepi di Sidoarjo
HUKUM LELANG DAN JUAL BELI WAKAF DALAM ISLAM | YDSF


Peduli Gempa Cianjur | YDSF NEWS



Tags: sabar, nikmat sabar, orang sabar, nikmat orang sabar, ydsf

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: