Larung Perahu Wakaf YDSF di Labuhan, Bebaskan Jerat Riba Nelayan

Larung Perahu Wakaf YDSF di Labuhan, Bebaskan Jerat Riba Nelayan

26 Mei 2023

Labuhan (25/5), salah satu desa pesisir pantura Kabupaten Lamongan kini telah merasakan kebaikan Sahabat Donatur Yayasan Dana Sosial al-Falah YDSF. Progres Wakaf Perahu YDSF sejak 2021 kini telah dilarungkan ke laut. Tak kuasa melihat kebahagiaan yang didapatkan, seluruh warga desa berbondong bahu-membahu melarungkan perahu ‘jaten’ ke bibir pantai.

Alhamdulillah, saat ini proses produksi perahu telah mencapai 80% dari target yang diharapkan. Menariknya, produk perahu dilakukan oleh salah satu jamaah dari dai YDSF, dengan durasi pengerjaan sekitar 7 bulan.  Tipe perahu yang dibuat disebut dengan istilah 'janten', dengan bahan baku utamanya menggunakan kayu jati. Ukurannya meliputi panjang 12 meter, lebar 3 meter, dan tinggi 1 meter.

Bukan perkara mudah dalam melarungkan perahu berbahan kayu jati ini, beberapa kendala tejadi sepeti roda alat pengangkut perahu rusak tak kuat menahan beban. Tidak kehabisan akal, warga setempat memutar otak menggunakan cara tradisional. Beberapa kayu dijejer searah jalan sehingga menjadi lintasan yang dapat dilalui jaten. Butuh waktu lebih dari 6 jam hingga akhirnya jaten dapat berlabuh di dermaga setempat. 

Meskipun membutuhkan waktu lama, semangat berjam-jam penuh lelah terbayar dengan wujud perahu wakaf yang kini telah bersandar di dermaga. Nantinya, perahu jaten ini masih akan dirampungkan lagi hingga dapat dimanfaatkan nelayan setempat untuk melaut. Penambahan mesin, kabin kemudi, hingga pengecatan dirampungkan agar perahu segera dapat dimanfaatkan usai Iduladha nanti.

“Besok rencananya akan ditarik lagi sedikit ke tengah, terus selanjutnya dilanjutkan lagi untuk membenahi (beberapa ornamen) yang belum dipasang,” ujar Sanjuri, salah satu nelayan tradisional pengelola wakaf perahu YDSF.

Sunjari kembali menjelaskan bahwa upaya penerjunan perahu ke laut membutuhkan proses waktu yang cukup panjang. “Berhubung teman-teman semuanya mendukung, alhamdulillah bisa lancar,” ungkapnya senang setelah berhasil menurunkan perahu ke pantai.

Baca juga: Peresmian Pesantren Wakaf Ihya Ul Qur’an Wosossalam, Jombang


Adaya perahu wakaf YDSF menjadi berkah sekaligus pemutus rantai hutang yang sudah lama menjerat nelayan Labuhan. Dengan adanya perahu wakaf, nelayan dhuafa dapat memutus perkara riba dan diharapkan mendapatkan hasil yang lebih menguntungkan. Pasalnya, saat ini beberapa nelayan Labuhan memiliki hutang rentenir berkisar hampir 15 sampai 30 juta.

“Di sini banyak nelayan yang terikat hutang dengan agen,” papar singkat Sanjuri menjelaskan keterikatan nelayan dengan rentenir. Dengan keterikatan hutang, agen akan menentukan harga jual ikan tanpa mempertimbangkan stabilitas yang dinilai justru merugikan nelayan kecil.

Nelayan yang terikat dengan agen tidak dapat menjual hasil tangkapan ke tempat lain yang lebih memberikan keuntungan. Nelayan yang berhutang memiliki keterikatan dan wajib menjualnya ke agen tekait. “Harga ditentukan oleh agen, nelayannya tidak bisa pasang harga,” papar ironis yang kerap dialami Sanjuri.

Alhamdulillah kami dibantu dan diwakafi perahu ini, saya terima kasih sekali, saya matur nuwun,” ujar Sanjuri.

Ustadz Ahmad Supriyanto, Dai YDSF di Desa Labuhan juga menegaskan agar dana yang didapatkan dari perahu wakaf dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh nelayan. Tidak hanya itu, dengan adanya wakaf perahu diharapkan nelayan dapat menerapkan konsep sedekah dari hasil laut  yang diperoleh.

“Dengan adanya kapal wakaf produktif ini, semoga dapat membantu masyarakat yang ada di sekitar Desa Labuhan,” jelas Ustadz Ahmad sembari berharap agar perahu ini dapat memberikan manfaat dan mengentas nelayan dari jeratan riba.

 

 

Raih Jariyah Wakaf


Artikel Terkait:

PERBEDAAN ZAKAT, INFAQ, SEDEKAH, DAN WAKAF | YDSF
Doa Agar Diberikan Hikmah & Masuk Golongan Shalih | YDSF
PIPANISASI AIR DAN PAKET SEMBAKO YDSF UNTUK PENYINTAS GEMPA CIANJUR
Sedekah Atas Nama Orang Tua yang Telah Meninggal | YDSF
Niat Puasa Ayyamul Bidh | YDSF
ZAKAT DARI HASIL GAJI | YDSF
DAKWAH YDSF DI BALI
Saat Amal Baik Batal Dilakukan | YDSF

Tags: larung perahu, wakaf perahu, wakaf perahu ydsf, wakaf ydsf, ydsf

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: