Kemudahan Berdonasi melalui QRIS YDSF, Lembaga Ziswaf Nasional yang Amanah & Profesional

Kemudahan Berdonasi melalui QRIS YDSF, Lembaga Ziswaf Nasional yang Amanah & Profesional

12 April 2023

Belakangan ini sedang viral sebuah kasus penipuan bermodus QRIS kotak amal di masjid yang ditempelkan oleh seorang pria. QRIS tersebut menggunakan nama “Restorasi Masjid di Medan”. Kasus mulai mencuat sejak rekaman CCTV Masjid Nurul Iman Blok M Square disebarluaskan.

Kini, tersangka kasus tersebut telah ditetapkan. Namun, yang menjadi pertanyaan masyarakat awam adalah bagaimana mungkin seseorang bisa membuat QRIS mengatasnamakan masjid?

Setelah ditelusur, ternyata memang pelaku merupakan mantan karyawan dari salah satu bank milik BUMN. Namun, Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Aliansyah Lubis memaparkan bahwa pelaku mendaftarkan tiga rekening pribadinya melalui aplikasi Youtap dan Pulsabayar untuk mendapatkan QRIS. Barulah kemudian QRIS itu dicetak dalam bentuk stiker dan diedarkan sejak 1 April 2023. Bahkan, QRIS abal-abal itu telah tersebar di 38 titik.

Mengetahui adanya kasus yang berkaitan dengan metode pembayaran apalagi membawa nama agama, tentu membuat masyarakat menjadi lebih waspada. Belum lagi, hampir di setiap pos pembayaran mulai memakai layanan QRIS pula sekarang.

Lantas, sebenarnya apakah QRIS itu? Dan mengapa pembuatannya bahkan lebih mudah?

Tentang QRIS

QRIS (yang dibaca ‘kris’) merupakan singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard. Layanan QRIS adalah wujud penyatuan yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dari berbagai macam QR berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code. Tujuannya, untuk pembayaran menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Pihak yang membutuhkan QRIS hanya perlu membuka rekening atau akun pada salah satu penyelenggara QRIS yang telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia. Saat QRIS telah jadi, maka pihak yang membutuhkan atau merchant sudah dapat menerima pembayaran dari masyarakat yang melakukan scanning dari aplikasi manapun.

Nah, yang perlu diperhatikan adalah QRIS itu tidak selalu statis. Sehingga, sebagai calon konsumen harus jeli lagi apakah QRIS yang akan dipindai tersebut benar. Dilansir dari laman Bank Indonesia, terdapat tiga metode pembayaran QRIS yang sudah dapat diterapkan di Indonesia, yaitu:

Baca juga: GENERASI LENGKET GADGET | YDSF

1.       Merchant Presented Mode (MPM) Statis

Ini merupakan jenis QRIS tetap. Cukup dengan satu stiker atau print-out QRIS dapat digunakan untuk transaksi apapun. Biasanya, jenis ini paling sering ditemukan karena paling mudah.

 

2.       Merchant Presented Mode (MPM) Dinamis

Pada jenis ini, setiap akan melakukan transaksi merchant (pemilik QRIS) harus memasukkan nominal pembayran terlebih dahulu, barulah konsumen dapat melakukan scan.

 

3.       Customer Presented Mode (CPM)

Berbeda dengan dua metode sebelumnya yang mengarah pada merchant. Untuk metode yang ini, QRIS dimiliki oleh konsumen. Sehingga, saat melakukan pembayaran, konsumenlah yang menunjukkan QRIS-nya kepada merchant.

QRIS Amanah Milik YDSF

Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) menjadi salah satu lembaga ziswaf nasional yang terus berupaya memberikan kemudahan layanan baik untuk muzakki maupun mustahik. Baik dalam berdonasi maupun mendistribusikan manfaat hingga pelaporan. Dalam kemudahan tersebut tentu diiringi dengan adaptif terhadap perkembangan teknologi. Seperti penggunaan QRIS.

Di YDSF, penggunaan QRIS untuk layanan donasi telah digunakan sejak 2019. Dimulai dengan penggunaan QRIS (yang saat itu) setiap aplikasi layanan harus menggunakan masing-masing. Hingga penggunaan QRIS global, yang dapat dipakai di semua aplikasi dompet digital.

Dengan adanya teknologi QRIS memang semakin memudahkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam gerakan kebaikan. Karena, transaksi di QRIS tidak dibatasi oleh nominal (seperti halnya transfer bank). Mulai dari nominal Rp1,- pun bisa. Bahkan, transaksi di QRIS juga tidak terbebani biaya admin ataupun transfer.

 

Bismillah, mari manfaatkan kecanggihan teknologi QRIS untuk berbagi dengan sesama bersama YDSF.

 

 Istiqamah Berbagi Kebaikan


 

Artikel Terkait:

HUKUM BAYAR ZAKAT ONLINE DALAM ISLAM | YDSF
Keutamaan Membaca Ayat Kursi Dan Anjuran Sedekah | YDSF
PIPANISASI AIR DAN PAKET SEMBAKO YDSF UNTUK PENYINTAS GEMPA CIANJUR
ZAKAT PENGHASILAN SUAMI-ISTRI BEKERJA | YDSF
Nikmatnya Membaca Al Kahfi | YDSF
DOA AGAR DIBERIKAN HIKMAH & MASUK GOLONGAN SHALIH | YDSF
DAKWAH YDSF DI BALI
Saat Amal Baik Batal Dilakukan | YDSF

 

Riyadhus Shalihin Bab Taubat (BAGIAN 2) | Ustadz Isa Saleh Kuddeh

https://youtu.be/SZulro48eNU

Tags: qris ydsf, qris, qris donasi

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: