7 Sunah Idulfitri | YDSF

7 Sunah Idulfitri | YDSF

20 April 2023

Momen Idulfitri, menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim setelah rampung menjalani ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan. Menjadi hari kemenangan umat Muslim, membuat saat Idulfitri ada beberapa sunah yang dianjurkan untuk dilakukan. Bahkan, menikah menjadi sunah yang populer di masyarakat karena banyak dari hari pernikahan Rasulullah saw. dan para sahabat yang dilakukan saat Syawal (beberapa hari setelah Idulfitri).

Bukan hanya sekadar bisa saling bermaafan, saat Idulfitri juga menjadi momen kita dapat berjumpa dengan hampir seluruh sanak saudara yang jauh. Dalam setahun, Idulfitri dijadikan momen mudik paling asyik. Semua dapat berkumpul dan bertukar cerita.

Dalam lembaran baru kemenangan ini tentu kita tidak ingin melewatkannya dengan asal-asalan. Utamanya, bila kita benar-benar ingin menyempurnakan ibadah Ramadhan saat Idulfitri. Rasulullah saw. mengajarkan beberapa sunah yang dapat kita teladani.

Sunah Saat Idulfitri

Berikut kami rangkum beberapa sunah Idulfitri yang dapat ditunaikan agar kita semakin mendapatkan banyak keberkahan:

1. Mandi sebelum shalat ied

Dari Ali bin Abi Thalib r.a., seseorang pernah bertanya pada Ali mengenai mandi. Ali menjawab, “Mandilah setiap hari jika kamu mau.” Orang tadi berkata, “Bukan. Maksudku, manakah mandi yang dianjurkan?” ‘Ali menjawab, “Mandi pada hari Jumat, hari Arafah, hari Iduladha dan Idulfitri.” (HR. Al-Baihaqi).

Maka, anjuran untuk mandi saat Idulfitri sama pentingnya sebagaimana seorang pria muslim mandi saat hendak menunaikan shalat Jumat.

2. Memakai pakaian yang terbaik

“Rasulullah saw. memiliki jubah khusus yang beliau gunakan untuk Idulfitri dan Iduladha, juga untuk digunakan pada hari Jumat.” (HR. Ibnu Khuzaimah dalam kitab shahihnya).

Hadits yang serupa juga diriwayatkan dari Al-Baihaqi, tentang anjuran untuk menggunakan pakaian terbaik saat Idulftri. Ada juga yang menyebutkan secara detail tentang warnanya, yaitu warna putih atau hijau. Mengingat, kedua warna tersebut merupakan warna kesukaan Rasulullah saw.

3. Makan sebelum shalat Idulfitri

Berbeda dengan saat Iduladha, kita disunahkan untuk tidak makan lebih dulu. Karena nantinya, akan makan hasil qurban bersama-sama. Untuk Idulfitri, justru kita dianjurkan untuk makan sebelum menunaikan shalat ied.

“Rasulullah saw. biasa berangkat shalat ‘ied pada hari Idulfitri dan sebelumnya beliau makan terlebih dahulu. Sedangkan pada hari Iduadha, beliau tidak makan lebih dulu kecuali setelah pulang dari shalat ‘ied baru beliau menyantap hasil qurbannya.” (HR. Ahmad).

Baca juga: Zakat dari THR (Tunjangan Hari Raya) | YDSF

4. Memperbanyak bacaan takbir

Dalam sebuah hadits diriwayatkan, “Rasulullah saw. biasa keluar hendak shalat pada hari raya Idulfitri sambil bertakbir sampai di lapangan dan sampai shalat hendak dilaksanakan. Ketika shalat hendak dilaksanakan, beliau berhenti dari bertakbir.” (Dikeluarkan oleh Ibnu Abi Syaibah).

Saat Idulfitri, bacaan takbir dianjurkan diperbanyak saat malam Idulfitri hingga sebelum pelaksanaan shalat sunah ied.

5. Mengikuti shalat ied secara berjamaah

Sangat dianjurkan untuk bisa mengikuti shalat ied berjamaah baik di masjid ataupun di lapangan. Baik pria maupun wanita. Bahkan Rasulullah saw. mencontohkan untuk menunaikan shalat ied berjamaah di tanah lapang. Kebiasaan ini pun diteruskan oleh para khulafaur rasyidin.

6. Melewati jalan yang berbeda saat berangkat dan pulang dari shalat ied

Dari Jabir r.a., ia berkata bahwa Nabi saw. ketika berada di hari ied (ingin pergi ke tempat shalat, pen.), beliau membedakan jalan antara pergi dan pulang. (HR. Bukhari).

7. Mengucapkan doa kepada sesama

Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah saw. berjumpa dengan hari ‘ied (Idulfihri atau Iduladha), satu sama lain saling mengucapkan, “Taqabbalallahu minna wa minka (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).”

 


Istiqamah Berbagi Kebaikan

Artikel Terkait:
HUKUM BAYAR ZAKAT ONLINE DALAM ISLAM | YDSF
Keutamaan Membaca Ayat Kursi Dan Anjuran Sedekah | YDSF
ZAKAT PENGHASILAN SUAMI-ISTRI BEKERJA | YDSF
Nikmatnya Membaca Al Kahfi | YDSF
DOA AGAR DIBERIKAN HIKMAH & MASUK GOLONGAN SHALIH | YDSF
Saat Amal Baik Batal Dilakukan | YDSF

 

Riyadhus Shalihin Bab Taubat (BAGIAN 2) | Ustadz Isa Saleh Kuddeh


Tags: sunah idulfitri, sunnah idulfitri, ydsf

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: