Qurbanmu Jangkau hingga Jauh YDSF

Qurbanmu Jangkau hingga Jauh YDSF

21 Juni 2023

Kalimat yang tertulis pada judul di atas, adalah tema Program Qurban yang diusung Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) tahun ini. Meskipun pequrban atau mudhahi tidak mengantarkan secara langsung, namun hewan qurban dari para mudhahi dapat menjangkau masyarakat pelosok negeri ini. Niat mulia yang tertanam di hati untuk berqurban, sekaligus menjadi langkah nyata Sahabat semua, untuk melakukan intervensi gizi kepada saudara-saudara kita yang memerlukan.

Qurban menjadi salah satu bentuk taqarrub ilallah, yakni upaya mendekatkan diri kepada Allah Swt. Dengan menunaikannya, kita secara nyata meneladani kepatuhan Nabi Ibrahim as. kepada-Nya, saat diperintahkan untuk mengurbankan putra terkasih, Ismail as.

Namun, Allah tidak pernah membebani setiap hamba-Nya dengan perintah yang memberatkan. Akan tetapi, Allah telah menjanjikan balasan indah bagi umat Islam yang mampu menunaikan perintah-Nya itu.

Dengan demikian, menunaikan ibadah qurban, menjadi impian bagi sebagian umat Islam. Saking berniatnya, berbagai ikhtiar dilakukan. Misalnya, menabung sedikit demi sedikit uang berbagai pecahan yang dikumpulkan di suatu wadah. Setelah mencapai jumlah mencukupi, lantas disetorkan kepada petugas YDSF dan mendaftar untuk berpartisipasi menjadi mudhahi.

Dijelaskan oleh Humas YDSF Khoirul Anam, ada berbagai kelebihan berqurban di YDSF. Di antaranya, kondisi hewan sehat sesuai medis dan syariah dengan bobot antara 29 – 38 kg, dan distribusi ke pelosok. Selain itu, mudhahi mendapat laporan lengkap dengan foto penyembelihan dan penyerahan.

Intervensi Gizi

Pelaksanaan qurban merupakan wujud rasa syukur dan patuh kepada Sang Khalik. Bila dimaknai lebih mendalam, berqurban juga menjadi ibadah sosial. Sebab, dapat memelihara rasa kasih dan saling peduli di antara sesama manusia. Tak hanya itu saja, masih banyak hikmah menunaikan ibadah qurban.

Di antaranya, seperti disebutkan di bagian awal tulisan ini, bahwa qurban dapat membantu memperbaiki gizi saudara-saudara kita. Dengan berqurban, mudhahi juga membantu intervensi gizi dan memberikan sajian berkualitas bagi saudara-saudara yang menerima daging qurban.

Bagi sebagian anggota masyarakat, membeli dan memasak daging jarang dilakukan. Bahkan, mungkin tidak pernah dilakukan. Mereka dapat menikmati hidangan dari olahan daging hanya bila mendapatkannya saat Iduladha. Sementara bagi sebagian lapisan masyarakat yang lain, menikmati aneka masakan daging bisa dilakukan hampir setiap hari.

Maka dari itu, sejak awal berdiri pada 1987, YDSF konsisten mengirim hewan qurban yang diamanahkan para mudhahi, ke pelosok negeri. Ini sebagai ikhtiar YDSF memeratakan distribusi qurban, agar daging qurban tak hanya dinikmati masyarakat perkotaan. Tidak ‘menumpuk’ di kota.

Tidak dimungkiri, bila masih banyak saudara kita di pelosok yang menantikan distribusi qurban agar sampai ke desa-desa mereka. Masih ada daerah-daerah yang belum bisa menikmati daging qurban. Dengan berqurban, kita sekaligus mengambil peran, dalam upaya meningkatkan kualitas asupan, terutama di daerah-daerah pelosok atau kekurangan gizi.

Tahun lalu, YDSF menyalurkan 1.277 ekor domba dan 115 ekor sapi. Alhamdulillah, dari jumlah tersebut dapat dinikmati lebih dari 54.696 penerima manfaat. Dan persebarannya dapat menjangkau 52 kota/kabupaten di 12 provinsi di Indonesia.

“Besar harapan kami, jumlah mudhahi yang menitipkan amanah berqurban kepada YDSF bertambah. Sehingga, distribusi hewan qurban yang dilakukan YDSF bisa semakin banyak menjangkau daerah-daerah pelosok,” harap pria yang biasa dipanggil Anam ini.

Program Tabung Qurban

Nah, untuk membantu dan memudahkan para calon mudhahi, YDSF mengadakan Program Tabung Qurban. Sesuai namanya, program ini secara teknis membantu menyimpan dana hingga tercapai jumlah yang diperlukan untuk membeli hewan qurban.

Untuk mengikuti program ini, para calon shahibul qurban mendaftarkan diri ke petugas di YDSF. Pendaftaran bisa dilakukan dengan datang langsung maupun secara online.

Tujuan program ini adalah untuk mempermudah para calon shahibul qurban mewujudkan niatnya. Jadi, tidak ditentukan setoran minimal. Sahabat dapat menyesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Selain itu, tidak dikenakan biaya administrasi setiap menyetorkan tabungan.

Untuk nominal setoran variatif di kisaran Rp200 ribu – Rp300 ribu setiap bulan. Dengan nominal setoran tersebut, rata-rata bisa mewujudkan impian berqurban dalam interval waktu setahun. Ada pula yang sampai dua tahun.

Sejauh ini, shahibul qurban yang telah memanfaatkan Program Tabung Qurban mencapai hampir 100 orang. Dan setiap tahun, jumlah peminatnya bertambah.

“Kami sangat menghargai niat mulia para calon shahibul qurban. Dan untuk itulah Program Tabung Qurban ini kami buka. Monggo, jangan ragu untuk mendaftarkan diri bila ingin mengikuti program ini,” ujar Anam.

Bismillahirrahmaanirrahiim, Allah memampukan dan memudahkan kita menjadi shahibul qurban. Dan juga untuk menunaikan qurban terbaik bersama YDSF.

 

Sumber Majalah Al Falah Edisi Juni 2023

 

Ekspedisi Qurban 1444 H YDSF


 

Artikel Terkait:

MENUNAIKAN QURBAN DENGAN UANG | YDSF

Doa Agar Diberikan Hikmah & Masuk Golongan Shalih | YDSF

SIAPA SAJA PENERIMA QURBAN? | YDSF

Sedekah Atas Nama Orang Tua yang Telah Meninggal | YDSF

BOLEHKAH BERQURBAN BILA BELUM AQIQAH? | YDSF

Saat Amal Baik Batal Dilakukan | YDSF

URUNAN QURBAN DI SEKOLAH | YDSF


Tags: qurban ydsf, qurban, ydsf

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: