Milad ke-35 Tahun YDSF; Bersama, Menguatkan Kebaikan

Milad ke-35 Tahun YDSF; Bersama, Menguatkan Kebaikan

1 Maret 2022

Gagasan pendirian Yayasan Dana Sosial al-Falah (YSDF) tidak serta merta tercetus untuk membuat sebuah lembaga yang ajek seperti saat ini. Cikal bakal pendirian YDSF justru diawali oleh kebiasaan baik yang sangat sederhana dari para pendirinya, yaitu membantu kesuksesan program-program umat saat itu.

Kebiasaan baik para pendiri YDSF tersebut, ternyata menjadi “magnet” bagi masyarakat sekitar untuk turut berpartisipasi dan mengambil peran bersama-sama dalam kebaikan. Barulah kemudian muncul gagasan untuk melembagakan kebiasaan baik ini. Sehingga, secara resmi, lembaga YDSF didirikan pada 1 Maret 1987.

Alhamdulillah, niatan-niatan baik tersebut terus membawa YDSF menjadi lembaga yang selalu menjaga amanah dan profesional. Setelah resmi dikukuhkan menjadi Lembaga Amil Zakat Nasional oleh Menteri Agama Republik Indonesia pada 2001, YDSF juga resmi mengantongi izin sebagai badan nadzir dari Badan Wakaf Indonesia pada 2021.

Di usia YDSF yang kini memasuki 35 tahun, telah banyak kiprah kebaikan yang dilakukan dalam bentuk pendanaan program-program keumatan yang memberikan multi dampak. Seperti, peningkatan kualitas pendidikan, pemberdayaan yatim dakwah di pelosok, pemberdayaan ekonomi masyarakat, bantuan fisik masjid, hingga program air bersih, respon kebencanaan, dan penyaluran hewan qurban.

Sejak awal didirikan, YDSF sejatinya telah memulai konsep “crowd funding” secara langsung, tanpa melalui platform khusus. Mengajak masyarakat secara langsung untuk Bersama-sama menyelesaikan problem umat. Konsep urunan kebaikan dalam menuntaskan suatu program telah dilakukan sejak dulu. Masing-masing orang, lembaga, organisasi, dan mitra yang terhubung bersama YDSF, memiliki peran dan partisipasi terbaik sesuai dengan kemampuannya.

Niat dan semangat inilah yang ingin terus digaungkan YDSF agar semakin banyak masyarakat yang mendapatkan kemanfaatan. Mari, berkolaborasi dan bergerak bersama dalam menguatkan kebaikan. 


Logo pack 35 tahun YDSF dapat diunduh pada link berikut: https://bit.ly/Milad35YDSF.


Zakat Mudah, Klik:


Artikel Terkait:
Zakat dalam Islam | YDSF
ZAKAT MAAL | YDSF
Cara Menghitung Zakat Profesi | YDSF
Bayar Zakat untuk Orang Meninggal | YDSF
HUKUM BAYAR ZAKAT ONLINE DALAM ISLAM

Tags: milad 35 tahun ydsf, milad ydsf, ydsf, yayasan dana sosial al falah

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: