Mencegah Penyalahgunaan Narkoba, Tranq Effect Seperti di Philadelphia | YDSF

Mencegah Penyalahgunaan Narkoba, Tranq Effect Seperti di Philadelphia | YDSF

31 Mei 2023

Dalam beberapa pekan terakhir, beredar informasi secara masif tentang terjadinya tranq zombie akibat penyalahgunaan narkoba di Philadelphia, Amerika Serikat. Kecanduan yang berujung pada merusak kesehatan. Bahkan, baik secara perilaku dan kondisi tubuh seperti zombie yang ada di film-film.

Berawal dari penyalahgunaan obat penenang berjenis silazin atau dalam bahasa ilmiah disebutkan dengan tranquilizer xylazin. Oleh karenanya, kasus dari penyalahgunaannya disebut dengan istilah tranq effect, sesuai dengan nama obat yang dipakai. Seharusnya obat tersebut khusus digunakan sebagai penenang hewan, lebih seringnya untuk membius kuda. Mirisnya, demi meraih ketenangan dalam level tinggi, banyak masyarakat di Amerika yang menggunakan ke tubuh mereka. Sehingga, berbagai dampak buruk pun muncul. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) sebenarnya telah memperingatkan bahwa silazin bukan untuk manusia.

Faktanya, data mencatat bahwa perilaku penyalahgunaan obat silazin ini bukan hanya marak baru-baru ini saja. Pada 2010-2015, di Amerika Serikat dan Puerto Rico kasus kematian akibat penyalahgunaan silazin mencapai 2%. Jumlah ini terus meningkat, hingga 2019 melonjak di angka 31%. Bahkan, sudah tidak asing lagi istilah Kota Zombie untuk Philadelphia. Karena di pinggir jalanan saja, bisa banyak ditemukan jarum suntik yang diduga sebagai alat untuk melakukan penyalahgunaan, pun penyimpangan perilaku masyarakat setempat yang mengarah pada kecanduan.

Lalu, bagaimana seseorang yang kecanduan silazin dapat menjadi seperti zombie? Perlu diketahui bahwa ada berbagai macam efek akibat adanya penyalahgunaan silazin di antaranya:

1.       Gangguan pada sistem saraf pusat dan sistem pernapasan;

2.       Memicu penurunan tekanan darah secara ekstrem, bahkan dapat membuat jantung melambat;

3.       Jika dikombinasikan dengan opioid (zat anastesi yang dapat menimbulkan efek seperti morfin), dapat menyebabkan koma hingga kematian;

4.       Hipoksemia (berkurangnya kadar oksigen);

5.       Hiperglikima (peningkatan kadar gula darah), resistensi insulin, hingga gangguan gastrointestinal yang berhubungan dengan saluran cerna.

Pada sebagian besar kasus tranq, dosis yang digunakan adalah sangat besar. Oleh karenanya, efek yang timbul pun akan semakin parah. Luka-luka atau kondisi tubuh yang terlihat seperti zombie (berlubang, dsb.), bisa jadi disebabkan karena kadar gula dalam darah sudah terlalu tinggi. Sehingga tubuh lebih rentan terhadap luka.

Baca juga: TIPS MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN NARKOBA | YDSF

Tips Mencegah Penyalahgunaan Narkoba

Oleh karenanya, untuk dapat menjaga diri dan keluarga terhindar dari penyalahgunaan narkoba, memang iman, ilmu, dan lingkungan pergaulan harus diperhatikan betul. Meski, bila kita melihat saat ini yang marak adalah di Amerika Serikat, bukan berarti kita tidak melakukan pencegahan dini. Karena pada faktanya kita lihat dan dengar berita, narkoba banyak masuk ke Indonesia.

Pemakainya menghabiskan uang. Apalagi dampak buruknya. Seperti malas belajar, malas bekerja, pembohong, mencuri atau perbuatan criminal lainnya. Bisa juga berkembang melakukan free sex. Kalau hamil di usia muda, bisa melakukan pengguguran kandungan. Bisa juga berkembang terhinggapi HIV/AIDS.

Pencegahan penyalahgunaan narkoba dapat dimulai sejak usia anak-anak. Bahkan kedekatan ibu dan ayah dengan anak sejak dalam kandungan dan pengasuhan anak yang sesuai kebutuhan perkembangan psikologis anak, sampai usia 18 tahun, akan mempermudah kita semua bekerja sama dengan anak dan semua pihak, ketika melakukan preventif, kuratif dan rehabilitatif hal hal terkait narkoba.

Selain itu, pihak orang tua juga harus terus bekerja sama dengan pihak sekolah, memasukkan anak di sekolah yang disiplin, meski seringkali juga mahal.

Bagaimana bila seorang anak sudah terlanjur menggunakan narkoba? Bawalah konsultasi ke psikiater, dieksplor kerentanan kepribadiannya, dieksplor tingkat kepasrahan ‘ketergantungan’nya, bila perlu pakai terapi obat, diajari bagaimana menolak ajakan dll.

Dimotivasi untuk mengganti nomer hape, tidak berhubungan dengan teman pengguna dan bandar, lebih banyak ditemani keluarga dengan cara persuasif, dilakukan tes urin acak dua kali seminggu dan ditingkatkan secara bertahap kemampuannya menghadapi realita hidup secara wajar.

Jangan lupa, tetap jaga hubungan baik dengan Allah Ta’ala. Ajak anak dan anggota keluarga untuk selalu bisa dekat dengan-Nya. Bukan hanya sekadar menyelesaikan ibadah wajib. Namun, memahami betul esensi dari ibadah yang dilakukan. Sehingga, ketenangan dan nikmat hidup dapat benar-benar dirasakan meski dari hal yang paling sederhana.

 

 

Sedekah Penolak Musibah


 

Artikel Terkait:

PERBEDAAN ZAKAT, INFAQ, SEDEKAH, DAN WAKAF | YDSF
Doa Agar Diberikan Hikmah & Masuk Golongan Shalih | YDSF
PIPANISASI AIR DAN PAKET SEMBAKO YDSF UNTUK PENYINTAS GEMPA CIANJUR
Sedekah Atas Nama Orang Tua yang Telah Meninggal | YDSF
Niat Puasa Ayyamul Bidh | YDSF
ZAKAT DARI HASIL GAJI | YDSF
DAKWAH YDSF DI BALI
Saat Amal Baik Batal Dilakukan | YDSF

 

Riyadhus Shalihin Bab Taubat (BAGIAN 2) | Ustadz Isa Saleh Kuddeh


Tags: tranq zombie, mencegah narkoba, ydsf

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: