UPDATE NEWS

...

Thursday, 11 January 2018 09:00

CELENGAN ANAK BAWEAN UNTUK PENA BANGSA

Bawean, Gresik (11/1/2018)
Sekolah dan YDSF mengajak anak berbagi untuk beasiswa Pena Bangsa, sebanyak 180 anak SDIT Al Huda Sungai Rujing Kec. Sangkapura Pulau Bawean Kab Gresik mengumpulkan celengan mereka. Melalui perwakilan YDSF di Bawean, Bp. Baharuddin Hamim, sebulan lalu terkumpul Rp. 5.650.800.

Hasil celengan anak-anak ini dibagikan November-Desember 2017 kemarin untuk kebutuhan sekolah teman-teman mereka dalam program beasiswa Peduli Anak Bangsa (Pena Bangsa). "Semoga kepedulian anak-anak ini bisa tertanam sejak dini untuk peduli pada sesama," kata Baharuddin.

Dari siswa untuk Pena Bangsa.

Siswa SDIT AL HUDA Sangkapura Bawean Gresik menyisihkan sebagian uang sakunya, dan dimasukkan kedalam kaleng yang memang disediakan. Di sekolah ini mereka dilatih tentang kepekaan sosial dan Membantu yang sedang kesulitan. Diakhir pekan yang lalu, ba'da shalat Dzuhur para siswa membuka Celengan yang sudah lama terkumpul, dan dari uang yang terkumpul mereka akan bantukan ke anak-anak yang kesulitan untuk biaya untuk kelangsungan pendidikannya.

Sebelum kaleng dibuka, kepala sekolah SDIT AL HUDA Ustadzah Elia Puspa memberikan arahan kepada siswa tentang pentingnya ibadah sedekah. Juga petunjuk tentang pengisian instrumen dan tentang penghitungan akhir secara keseluruhan.

Bekerjasama dengan Yayasan Dana Sosial al Falah (YDSF) Surabaya, hasilnya diperuntukkan untuk Program Pena Bangsa.

Luar biasa semangat siswa-siswa tersebut dalam hal menyisihkan uang saku mereka untuk di masukan ke kaleng, tidak hanya uang receh tapi juga ratusan ribu ke dalam kaleng celengan.alhamdulillah uang yang terkumpul sekitar. Rp. 5.650.800. Bahkan ada juga mata uang Asing : dolar Singapore dan ringgit Malaysia. Uang tersebut kemudian dimasukkan kedalam kardus dan siap di kirim ke Kantor Kas Ydsf Gresik

Dari kegiatan sosial ini, siswa tidak hanya mendapat pahala dari Allah SWT, tapi juga mendapat banyak ilmu. Antara lain Ilmu matematika.Sebelum kotak dibuka, siswa mendapat kertas formulir yang memuat Daftar Perolehan Uang. Pada formulir itu memuat daftar uang 50 an sampai 100 ribuan. Masing-masing item kemudian ditulis banyaknya. Lalu dihitung secara keseluruhan sesuai dengan petunjuk kepala sekolah. Formulir yang sudah diisi tersebut dikumpulkan berdasarkan kelas. Dijumlah. Terakhir di rekap. Akhirnya diketahui jumlah akhir Rp. 5.650.800,_. Prosesi itu dilakukan oleh siswa sendiri.

 

Share: