Mendayagunakan Potensi Kebaikan | YDSF

Mendayagunakan Potensi Kebaikan | YDSF

12 Desember 2023

Alhamdulillah sebagai lembaga sosial yang mempunyai komitmen menghimpun dan mendayagunakan dana yang diamanahkan para donatur, Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) memperoleh penghargaan pada gelaran Jatim Bangkit Awards 2023. Tepat pula kiranya bila anugerah tersebut juga diberikan kepada Sahabat Donatur YDSF, yang telah sepenuhnya mendukung program-program YDSF.

Pemberian penghargaan tersebut dihelat oleh televisi regional Jawa Timur (JTV), menandai ulang tahun ke-22 serta memperingati hari jadi ke-78 Pemerintah Provinsi Jawa Timur. YDSF mendapatkan anugerah dalam kategori Lembaga Masyarakat/Sukarelawan dengan Dukungan Terhadap Pemulihan dari Dampak Pandemi. Penghargaan tersebut merupakan wujud syukur YDSF lantaran berkontribusi menanggulangi Covid-19. YDSF mengajak dan berupaya menghimpun dana dari Sahabat Donatur.

Lebih dari 36 tahun YDSF berkiprah menjadi lembaga resmi yang mengumpulkan serta menyalurkan dana zakat, infaq, sedekah, dan wakaf. Tentunya, peran aktif donatur menjadi kunci penting dari berjalannya hal-hal baik yang manfaatnya bisa dirasakan lebih banyak orang.

Rasulullah saw. bersabda, “Sebaik-baik manusia di sisi Allah, adalah orang yang terbanyak mendatangkan manfaat bagi sesamanya (HR. Thabrani dari Umar bin Khaththab ra.).

Para pendiri, pembina, pengurus, donatur, dan seluruh elemen keluarga besar telah mengejawantahkan hadits tersebut di atas. Dalam memformulasikan maupun menjalankan program-programnya, YDSF selalu berupaya membantu dan meringankan beban dan kesulitan yang dialami umat.

Sejak bertahun-tahun lalu, YDSF telah mengabdikan keberadaannya makin terasa manfaatnya. Dan para sahabat donatur dengan setia dan sepenuh hati, selalu memberikan dukungan moral dan material terhadap program-program YDSF. YDSF menyalurkan dan mendayagunakan dana yang dihimpun dari donatur secara efektif dan efisien. Dan kemudian, dana tersebut dikembalikan kepada para penerima manfaat dalam bentuk berbagai program.

Formulasikan Program Hadapi Kesulitan

Saat terjadi Covid-19, banyak pihak mengalami kesusahan. Untuk itu, YDSF memberikan kontribusi meringankan kesulitan warga masyarakat terdampak Covid-19.  Termasuk program-program mengatasi Covid-19. Alhamdulillah itu mendapat apresiasi.

Terlepas dari banyaknya kondisi serba sulit, saat pandemi lalu justru memunculkan banyak potensi kebaikan dari seluruh unsur masyarakat. Semua seolah berlomba membantu dan menolong meringankan beban yang dirasakan kerabat, teman, dan tetangga. Masing-masing ingin hadir saling mengulurkan tangan, menyemangati, dan saling menguatkan satu sama lain. 

Tidak dimungkiri, seperti dikatakan Yirawati Sumedi, S.Psi. Psikolog, C.NNLP., pandemi yang terjadi dapat memengaruhi kesehatan mental dan dampaknya terasa lebih lama dibandingkan kesehatan fisik. Bahkan, bisa menyebabkan gangguan stres pascatrauma atau post-traumatic stress disorder (PTSD), terutama bagi mereka yang memiliki pengalaman menyakitkan dalam hidupnya.

Baca juga: YDSF SIAGAKAN AMBULANS DAN MEDIS GUNA SUKSESKAN RESEPSI SATU ABAD NU

Dan bila upaya-upaya tersebut lantas mendapatkan apresiasi berupa penghargaan prestisius, tentu semakin menyuntikkan semangat bagi keluarga besar YDSF. Lebih dari 36 tahun YDSF telah mendedikasikan diri sebagai lembaga di bidang filantropi.

Ketua Pengurus YDSF, H. Shakib Abdullah bersyukur karena YDSF selama masa pandemi telah memberikan konstribusi untuk perbaikan dan bangkitnya Jawa Timur saat terjadinya pandemi COVID-19.

Ketua Pengurus YDSF, H. Shakib Abdullah bersyukur karena YDSF telah memberikan sumbangsih nyata selama masa pandemi. Semua itu demi perbaikan dan bangkitnya Jawa Timur. 

“Ini bagian dari rasa syukur kami kepada semua yang punya partisipasi kepada YDSF. Baik para donatur,  relawan,  semua stakeholder di YDSF, yang bersama-sama telah memberikan karya berarti untuk perbaikan kehidupan di Jawa Timur.  Alhamdulillah,” ujar Shakib, yang juga mendapat amanah sebagai Ketua Pengurus Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Al Hikmah Surabaya. Beliau mewakili YDSF menerima penghargaan yang digelar di Ballroom Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya itu.


Gubernur Jatim, Dr (H.C) Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pada masa (pandemi) itu, kita semua sama-sama ingin menyelamatkan nyawa masyarakat. “Hari itu semuanya begitu kuat kegotongroyongannya, soliditasnya, dan saya merasa saat-saat itulah kita ini ber-Indonesia lahir batin 100 persen,” kata Khofifah di akhir acara.

Menurut penilaian dewan juri YDSF layak mendapat penghargaan, karena telah memformulasikan dan mendayagunakan berbagai program mengatasi pandemi Covid-19. Di antara program-programnya adalah layanan ambulans gratis, distribusi nutrisi untuk warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman), nutrisi untuk tenaga kesehatan (nakes), paket sembako bagi yang terdampak pandemi, dan distribusi APD untuk nakes. Selain itu juga peminjaman konsentrator oksigen, donor plasma & darah, vaksinasi, pembagian masker, hand sanitizer, & vitamin, rombong nasi kuning gratis, juga hygiene kit & vitamin untuk wartawan, penyemprotan disinfektan, bantuan untuk anak-anak yatim piatu terdampak Covid-19.

Selain YDSF, ada empat lembaga lain di kategori ini. Yakni Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim, Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWMU) Jatim, Dapur Surabaya, Blood4LifeID. Penghargaan diberikan oleh Ketua DPRD Jatim, Kusnadi, kepada masing-masing perwakilan lembaga.

Semoga YDSF terus istiqamah menjadi lembaga amil dan nazhir terbaik dalam menebar manfaat untuk umat. Aamiin. (tim)

 

Sumber Majalah Al Falah Edisi Desember 2024

 

Raih Berkah, Istiqamah Sedekah

 

Artikel Terkait

PERBEDAAN ZAKAT PROFESI DAN ZAKAT PERTANIAN | YDSF
Keutamaan Puasa Senin Kamis | YDSF
ZAKAT DALAM ISLAM | YDSF
Tips Mendidik Anak Berkarakter | YDSF
ZAKAT SEBAGAI PENGURANG PAJAK | YDSF
Peresmian Pesantren Wakaf Ihya Ul Qur’an Wosossalam, Jombang
APA ITU WAKAF? PENGERTIAN, DALIL, DAN HUKUM WAKAF | YDSF

 

Pemberdayaan Ternak Domba & Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)


Tags: prestasi ydsf, mendayagunakan kebaikan ydsf, ydsf berdaya

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: