Penyaluran Program YDSF Januari 2024

Penyaluran Program YDSF Januari 2024

31 Januari 2024

Alhamdulillah, berkat amanah dari Sahabat Donatur, mitra, dan berbagai pihak, Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) dapat kembali mendistribusikan kebaikan selama Januari 2024. Berikut rangkaian program penyaluran YDSF di bulan ini yang kami rangkum:

YDSF Raih Indonesia Fundraising Award 2023

YDSF meraih penghargaan dalam ajang Indonesia Fundraising Award (IFA) 2023 Kategori Penggalangan Dana Langsung Terbaik. Diselenggarakan oleh Institut Fundraising Indonesia (IFI) pertengahan Desember kemarin, puncak penganugerahan digelar di Gedung Azhar Basyir, Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). Menariknya, YDSF mendapatkan penghargaan dengan poin sempurna, Lima Bintang.

Diterima langsung oleh Direktur Pelaksana YDSF Jauhari Sani, IFA merupakan ajang terpercaya bagi lembaga, korporasi, media dan tokoh di Indonesia maupun kancah internasional yang berkontribusi dalam bidang filantropi.

Bawa Kebutuhan Logistik dan Makanan, Truk Trailer YDSF Masuk ke Jalur Gaza

Tergabung dalam Indonesian Humanitarian Alliance (IHA), YDSF bersama 10 lembaga kemanusiaan lainnya kerahkan 11 truk trailer memasuki wilayah konflik Palestina. Pada 21 November lalu, bantuan dengan total nilai mencapai US $330 ribu atau setara dengan Rp5,1 miliar ini telah melalui tahap pengemasan di Gamal Zain, Al Manteqah Ath Thamenah, Nasr City, Kairo, Mesir.

Hingga 24 November, rombongan truk kemanusiaan berada di perbatasan Rafah, Mesir. Dengan mekanisme ketat pengawasan Israel. Rombongan truk kemudian masuk dalam antrean menuju Jalur Gaza. Sesampainya di Gaza pada 29 November, 11 truk berpencar menuju titik distribusi bantuan. Masing-masing truk dengan panjang 16 meter mengangkut bantuan berupa persediaan makanan, nutrisi bayi, pakaian musim dingin, air mineral, hingga sarana dan kebutuhan kesehatan.

Dukungan KBRI Kairo dalam Misi Truk Kemanusiaan ke Negeri Para Anbiya

Upaya pengiriman bantuan ke Negeri para Anbiya (Palestina) menggunakan 11 truk trailer YDSF yang tergabung dalam Indonesian Humanitarian Alliance (IHA) disambut baik oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo. Perwakilan konsorsium lembaga kemanusiaan ini disambut di Kantor KBRI Kairo di Jalan Aisha El Taymouria Nomor 13, Garden City, Kairo akhir November lalu. Dukungan ini, sebagai wujud aksi kemanusiaan yang akan mengantarkan bantuan sebanyak 176 ton dengan menempuh jarak lebih dari 367 kilometer menggunakan jalur darat. 

Bersama FOZ, Paket Makanan Bernutrisi Jangkau 5 Titik di Gaza

YDSF bersama lembaga ziswaf yang tergabung dalam Forum Zakat (FOZ) Indonesia juga berkontribusi dalam bencana genosida di Palestina. Melalui mitra salur The Palestinian Welfare House (PWH), distribusi 400 paket makanan pokok bernutrisi tersalurkan bagi pengungsi.

Bantuan dengan total nilai lebih dari US $14.5 atau setara dengan Rp225,7 juta itu berisi bahan pokok seperti beras, kacang-kacangan, minyak, gula, tepung, serta makanan bergizi lainnya. Pendistribusian paket makanan tersebar di lima titik di Gaza. Seperti di Beit-Lahia, Jabalia, Jabalia Camp, Shiakh Radwan, dan Saftawy.

Bersama Hayat Yolu, YDSF Distribusikan Paket Makanan di Kamp Pengungsian Gaza


Bombardir dari Zionis Israel yang hanguskan tanah Palestina tak kunjung mereda. Sasaran rudal mengarah ke seluruh jengkal wilayah Palestina mengakibatkan anak-anak, wanita, dan seluruh rakyat Palestina mengalami kelangkaan air bersih, tempat tinggal, hingga makanan.

Alhamdulillah, YDSF melalui lembaga mitra salur Hayat Yolu mendistribusikan paket makanan siap saji. Paket makanan disalurkan di Kamp Pengungsian Deir al-Balah, Gaza Palestina senilai Rp100 juta. Bantuan disalurkan pada akhir November lalu untuk ribuan keluarga, mulai anak-anak hingga orang tua.

Tergabung dalam RS Kapal TNI AL, YDSF Salurkan Logistik ke Bumi Palestina

Kapal Rumah Sakit KRI Radjiman Wedyodiningrat yang mengangkut bantuan YDSF dan lembaga lainnya untuk rakyat Palestina telah diberangkatkan dari Dermaga Madura Markas Komando Armada II Surabaya pada akhir November lalu. Selain bantuan medis, KRI Radjiman membawa misi kemanusiaan untuk rakyat Palestina berupa makanan pokok, kebutuhan bayi, pakaian, selimut, mantel, air minum, serta obat-obatan.

Sebelumnya, pada tanggal 20 November YDSF telah menyerahkan bantuan ke Posko Markas Koarmada II Ujung, Surabaya. Menurut Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan, bantuan ini diupayakan agar dapat berlabuh di wilayah terdekat dengan konflik di Gaza.

Kesempatan Distribusi Paket Makanan di Tengah Gencatan Senjata

Akhir November 2023, gencatan senjata di bumi Palestina berlangsung beberapa hari. YDSF yang tergabung dalam South East Asia Humanitarian Committee (SEAHUM) berkesempatan mendistribusikan 1.500 paket makanan hangat. Paket bantuan senilai Rp160 juta ini dibagikan bagi penduduk di wilayah pengungsian Gaza Utara dan Selatan. Kesempatan distribusi paket makanan berangsur-angsur dibagikan sejak jeda hari ketiga hingga kelima. YDSF bersama SEAHUM juga terus mendistribusikan paket makanan hingga akhir Desember lalu.

Gelar Kajian Akbar dan Bantu Beasiswa Mahasiswa Palestina Rp720 Juta

YDSF pada awal Desember lalu menggelar kajian akbar bersama Radio Suara Muslim. Dalam kegiatan bertajuk Kajian Udara Silaturahim Akbar (Kausar Akbar) ini, YDSF secara simbolis memberikan beasiswa kepada 60 mahasiswa asal Palestina senilai Rp720 juta. Beasiswa dibagikan kepada masing-masing mahasiswa senilai Rp22 juta untuk pembiayaan pendidikan selama enam bulan ke depan.

Kajian akbar bertempat di Masjid Raya Islamic Center Jl. Raya Dukuh Kupang Surabaya sendiri dihadiri lebih dari 500 jamaah. Membahas tentang “Menjadi Rumah Tangga Nuansa Surga”, kajian diisi oleh salah satu juri program Hafiz Indonesia KH. DR. Amir Faishol Fath, MA.

Sasar Lingkungan Kampus, YDSF Gelar Kajian Kemuslimahan di Unair

Kerja sama dengan Universitas Airlangga (Unair), YDSF kembali menggelar kajian kemuslimahan di kawasan kampus B. Kajian digelar pada hari Jumat pertengahan bulan November di Gedung Fakultas Vokasi Unair Jalan Dharmawangsa Dalam Selatan No. 28-30, Gubeng, Surabaya. Diikuti dari lebih 30 peserta, forum ini merupakan wadah belajar memahami Islam, terkhusus tentang tata kelola wakaf. Bersama Dai YDSF Ustadzah Ratna Yuliati, S.Psi., diikuti oleh civitas akademika Vokasi Unair dari kalangan dosen hingga staf.

Gelar NCP untuk Bahagiakan Yatim Dhuafa dalam Peringatan Hari Anak Sedunia


Memperingati Hari Anak Sedunia 2023, YDSF menggelar outbond edukatif bersama ratusan anak yatim dhuafa dan donatur cilik. Dikemas dalam kegiatan Nanda Cerdas Peduli (NCP), event tahunan kali ini digelar di wahana outbond dan rekreasi Makoya di Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

Selain diajak menjajal bermacam wahana menantang, sebanyak 205 lebih peserta melebur guna membangun kedekatan emosional antara donatur cilik dan yatim dhuafa. Kegiatan yang terselenggara pertengahan November lalu itu diikuti peserta dari dari Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo.

Realisasi Beasiswa Pena Bangsa Tahap 2

Melanjutkan realisasi Beasiswa Pena Bangsa senilai Rp1,4 miliar yang digelar September lalu, di penghujung tahun 2023, YDSF kembali merealisasikan beasiswa tahap kedua. Dilaksanakan selama dua hari di Kantor Graha Zakat 2, ratusan siswa dhuafa mendapatkan beasiswa sekolah dalam bentuk buku tabungan BRI Simpel (Simpanan Pelajar). Dalam realisasi tahap kedua itu, sebanyak 274 pelajar bersama wali/orang tua asuh datang. Seperti halnya Pipi Imelda (44), janda tiga anak tersebut mengambil beasiswa milik anaknya yang duduk di kelas dua SMP. Ia terpaksa menghidupi ketiga anaknya dengan berjualan gorengan.

Peringati Hari Guru, YDSF Beri Bantuan Pada Guru Ngaji

Memperingati Hari Guru Nasional di Gresik, YDSF bagikan insentif untuk Guru Qur’an senilai Rp99 juta di Atrium 2 Lantai 1 Gressmall. Bantuan yang terselenggara akhir November lalu ini sebagai bentuk dukungan terhadap tenaga pendidik di Indonesia yang kurang mampu, khususnya guru Al-Qur’an.

Dikemas dalam seminar kolaborasi YDSF dan KUA Kebomas, insentif tersebut dibagikan kepada 198 guru Al-Qur'an se Kecamatan Kebomas. Gelaran seminar menghadirkan Ustadz Miftahul Jinan dari Griya Parenting Indonesia. Dalam materi yang disampaikan, konsultan pendidikan sekolah dan pesantren itu menjelaskan betapa mulianya seorang guru Al-Qur’an.

PT. Telkom-YDSF Bantu Sarana Air Bersih di Trenggalek

Program kolaboratif YDSF bersama PT. Telkom kembali diresmikan. Kali ini program bantuan penyediaan sarana air bersih di Dusun Sobo, Desa Salamwates, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek pada Rabu akhir November lalu. Lebih dari 50 rumah warga, sekolah, hingga mushala kini teraliri air bersih.

Agar maksimal dirasakan warga setempat, dua jalur pipanisasi dari dua sumber mata air pegunungan mengalir sejauh 2 kilometer dan 1,5 kilometer. Sedangkan dalam proses distribusi ke rumah warga, dibangun dua tandon air kapasitas 1.200 liter, pipa HDPE, dan kran air.

Bagikan 300 Kacamata Gratis Bagi Lansia di Semarang

Bertempat di Masjid At-Taufiq Jl. Durian Raya, Srondol Wetan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, YDSF bekerja sama dengan RSUP Kariadi, Optik Gagas, dan Terapis Pengobatan Holistik lakukan bakti sosial. Bakti sosial yang dihelat awal Desember lalu itu diisi membagikan 300 kacamata bagi peserta yang hadir termasuk ojek online dan lansia.

Selain kacamata, dalam kegiatan yang dimotori YDSF Cabang Semarang itu juga mengadakan donor darah dan praktik pengobatan holistik seperti bekam dan akupuntur. “Alhamdulillah dengan kacamata baca ini mempermudah saya untuk tetap Istiqamah membaca Al-Qur’an,” kata Mahroni (55), salah satu penerima manfaat.

Salurkan Beasiswa dan Bantuan Fisik Pendidikan hingga Mushala

Pertengahan November lalu, YDSF menyalurkan Beasiswa Pena Yatim bagi sembilan anak yatim dhuafa di Kabupaten Sidoarjo. Kesembilan penerima mendapatkan beasiswa dengan total nilai Rp14,2 juta. Sedangkan satu yatim di Pasuruan menerima Rp2 juta, lantaran berjuang membiayai sekolah sendiri.

Selain peduli terhadap kondisi pelajar yatim, YDSF juga menyalurkan bantuan fisik untuk Rumah Qur’an Nurul Fath di Kecamatan Buduran, Sidoarjo. Bantuan fisik pembangunan juga diberikan kepada tiga mushala, di antaranya mushala Maliatul Marsyud Gedangan, Mushala Al Muhajirin Buduran, dan Langgar Darul Qoror Tulangan. Total distribusi bantuan fisik di Sidoarjo pada November mencapai Rp38 juta.

15 Usaha Kecil Terima Bantuan Modal Usaha


Dalam upaya mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat kecil, Komunitas Usaha Mandiri (KUM) YDSF kembali melakukan realisasi bantuan modal usaha. Modal usaha diberikan kepada 15 penerima manfaat KUM dari empat Kecamatan di Surabaya, akhir November. Keempat KUM penerima modal di antaranya berasal dari Kecamatan Sawahan, Kecamatan Benowo, Kecamatan Kenjeran, dan Kecamatan Sukolilo.

Dari bantuan modal yang didapat, para pedagang kecil akan menggunakan modal guna memenuhi kebutuhan usaha. Salah satunya Heni (47), ibu penjual nasi goreng yang membeli bahan baku berupa beras dan beraneka jenis bumbu masak lainnya.

Alokasikan Al-Qur’an ke Rutan dan Peringati Hari Disabilitas Bersama Walikota Madiun

Awal Desember lalu, YDSF membagikan 35 mushaf Al-Qur’an kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Ponorogo guna mendukung sarana penguatan agama Islam. Penyerahan Al-Qur’an berlangsung di Masjid At-taubah, Rutan Ponorogo dengan dihadiri lebih dari 50 WBP.

Pada kesempatan lain, YDSF bersama Walikota Madiun H. Maidi hadiri peringatan Hari Disabilitas Internasional. Dilangsungkan awal Desember lalu, kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Tenis PELTI Madiun itu diikuti lebih dari 600 anak-anak penyandang kebutuhan khusus. Kegiatan ini, menjadi kesempatan YDSF untuk memberikan hadiah santunan kepada 10 anak berkebutuhan khusus senilai Rp6 juta.

Bantuan Beasiswa Yatim dan Penghafal Al-Qur’an di Lumajang

Kesempatan akhir November lalu, YDSF realisasikan beasiswa untuk 100 anak yatim dhuafa serta 17 anak penghafal Al-Qur’an di Lumajang. Sebanyak 100 anak yatim dari jenjang pendidikan TK hingga SMP mendapatkan beasiswa dengan senilai Rp75,2 juta. Sedangkan bagi anak penghafal Al-Qur’an mendapatkan beasiswa senilai Rp9,7 juta.

Pada kesempatan lain, YDSF bersama PT. Mustikatama juga menyalurkan 200 karung beras kepada lansia, janda, dan dhuafa di empat desa di Lumajang. Keempat desa tersebut adalah Desa Gondoruso, Desa Kenongo, Desa Kunir, dan Desa Citrodiwangsan. Beras dibagikan di tengah melonjaknya harga bahan pokok.

Safari Kisah Teladan Nabi, YDSF Juga Santuni Anak Yatim Banyuwangi

Safari Kisah Inspiratif kembali digelar YDSF di Banyuwangi akhir November lalu. Safari kisah dilangsungkan di empat sekolah di empat kecamatan berbeda. Membawakan kisah teladan Nabi Muhammad saw., Safari Kisah Inspiratif diawali di MI Islamiyah Rogojampi, MTS Diponegoro Tegalsari, RA & TPQ Al-Falah Genteng, dan diakhiri di TK Dewi Sartika Glenmore.

Sedangkan di TK Al Kalam Kecamatan Genteng, YDSF menggelar agenda tahunan merayakan momen Hari Guru Nasional. Dikemas dalam acara Unjuk Bakat dan Santunan Anak Yatim, selain sebagai sarana kreativitas pelajar cilik, kesempatan itu juga YDSF membagikan santunan yatim senilai Rp1,2 juta.

Bupati Situbondo Resmikan Pipanisasi YDSF Sejauh 1,7 Kilometer


YDSF kembali meresmikan sarana air bersih. Kali ini pipanisasi sejauh 1,7 kilometer dibangun untuk warga Dusun Bendusa, Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa, Situbondo awal Desember lalu bersama Bupati Situbondo, Karna Suswandi. Karna menjelaskan bahwa pipanisasi sejauh 1.700 meter ini diperkirakan mampu mengaliri 1.700 kepala keluarga di Desa Jatisari.

Pipanisasi dilakukan YDSF guna menjawab persoalan kekeringan di tempat tersebut yang terjadi setiap tahun. Sumber air diambil dari dataran tinggi Dusun Alun-alun. Kemudian untuk menampungnya, YDSF menyiapkan tandon air yang bisa diakses warga sewaktu-waktu.

Semarak Kajian Bunda Astri Ivo dan Tebar Beasiswa di Jakarta

Demi meningkatkan kualitas generasi bangsa, YDSF bersama Yayasan Masjid Al Ikhlas (YMAI) Cipete selenggarakan kajian edukatif bersama motivator ternama Ustadzah Astri Ivo. Acara yang digelar di ruang utama Masjid Al Ikhlas, Cipete, Jakarta Selatan awal Desember lalu itu diikuti ratusan jamaah. Sebagian besar mereka adalah ibu muda dengan materi yang diberikan berkaitan edukasi peran asuh ibu agar tak teralihkan dengan gadget. Di akhir rangkaian kegiatan, YDSF juga membagikan 50 kado spesial kepada ibu orang tua tunggal. 

Sedangkan di akhir November, YDSF merealisasikan Beasiswa Pena Bangsa senilai Rp23 juta untuk siswa tingkat SD, SMP, SMA di Jakarta. YDSF juga berkesempatan berkunjung ke rumah Siti, balita pengidap penyakit jantung. Demi meringankan biaya pengobatan, YDSF menyalurkan bantuan berupa uang tunai senilai Rp1,4 juta serta paket multivitamin, obat-obatan, dan sembako.

Adakan Gerakan 1000 Santri Menulis Mushaf dan Bagi-Bagi Santunan

Gerakan 1000 Santri Menulis Mushaf di selenggarakan YDSF di Malang pada pertengahan November lalu. Aksi yang bertujuan menumbuhkan rasa cinta Al-Qur’an ini dilangsungkan di Halaman Pintu Utama Stadion Gajayana Malang. Dalam rangkaian kegiatan yang diikuti pelajar hingga komunitas,  YDSF juga membagikan Bingkisan Yatim Dhuafa senilai Rp50 juta dan Kado Cinta untuk Guru senilai Rp150 juta.

Kegiatan lainnya, YDSF juga meresmikan pembangunan sarana air bersih di Dusun Banduarjo, Desa Sumberpetung, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang. Pengeboran sumur sedalam 45 meter di kawasan Mushala Al-Amiin ini nantinya akan mengaliri 75 kepala keluarga. Sedangkan dalam momen Hari Disabilitas Internasional, bertempat di Masjid Abdullah Perumahan Permata Jingga, YDSF memberikan bantuan sembako dan alat bantu disabilitas senilai total Rp33 juta. Pertemuan donatur dan anak asuh penerima Beasiswa Pena Bangsa juga di gelar di Singosari Whiz Prime Hotel dengan menggelar kajian pada awal Desember.

Support Petani Lokal Kelola Lahan Jagung Seluas 5,6 Hektare di Jember

YDSF kembali mengadakan pendampingan kelompok tani di Kabupaten Jember. Terlaksana pada pertengahan Desember lalu, penandatanganan komitmen dalam implementasi Program Keluarga Mandiri Cluster Pertanian dimulai dari sembilan petani di Dusun Batu Ampar, Kecamatan Silo.

Program ini turut didukung oleh PT. Benih Citra Asia melalui bantuan bibit jagung dan komitmen pembelian hasil panen. Sehingga, petani lokal tidak lagi kesulitan mengakses pasar saat musim panen. Program perkebunan jagung ini akan ditanam di lahan seluas 5,6 hektare.

 

Ikhtiar Solidaritas Kemanusiaan Palestina

 

Artikel Terkait:

Pesan Rasulullah Saw. Untuk Umat Muslim Jelang Akhir Zaman | YDSF
ZAKAT DAN PAJAK | YDSF
Mendahulukan Qadha Puasa, Lalu Puasa Syawal | YDSF
KEJAR BERKAH, RUTIN SEDEKAH | YDSF
Garage Sale, SD Al-Hikmah Tanamkan Rasa Empati dan Jiwa Wirausaha Kepada Siswa
PERBEDAAN ZAKAT, INFAQ, SEDEKAH, DAN WAKAF | YDSF

 

Paket Hangat untuk Palestina

Tags: ragam penyaluran program ydsf, program penyaluran ydsf, penyaluran ydsf januari 2024, program ydsf 2024

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: