Penyaluran Program YDSF Edisi Februari 2024

Penyaluran Program YDSF Edisi Februari 2024

29 Februari 2024

Alhamdulillah, berkat amanah dari Sahabat Donatur, mitra, dan berbagai pihak, Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) dapat terus mendistribusikan kebaikan selama Februari 2024. Berikut rangkaian program penyaluran YDSF pada Februari 2024:

Petani hingga Nelayan Terima Zakat YDSF

Pertengahan Desember lalu, YDSF berkesempatan mendistribusikan zakat bagi mustahik di dua kabupaten, Magetan, Jatim dan Rembang, Jawa Tengah. Di Rembang, bantuan diberikan untuk 120 keluarga nelayan dhuafa warga Desa Sendang Mulya, Kecamatan Sarang.

Berselang sepekan kemudian, 50 petani mustahik dari empat kecamatan di Magetan menerima dana zakat YDSF. Bersama dai YDSF, Ustadz Khusnul Fuad Bin Muhtar bantuan menjangkau empat titik di antaranya Kecamatan Plaosan, Sidorejo, Panekan, dan Sukomoro. Zakat yang dihimpun dari platform Kita Bisa itu dibagikan dalam bentuk sembako senilai Rp52 juta.

YDSF Kembali Gaungkan Aksi Semangka dalam Munajat Kemerdekaan Palestina


YDSF kembali melebur dalam lautan massa aksi ‘Munajat Kemerdekaan Aliansi Bela Palestina’ pada awal Januari lalu di depan Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya. Dalam aksi kali ini, YDSF kembali membagikan satu kuintal lebih buah semangka sebagai simbol perlawanan Palestina.

Setelah sebelumnya berhasil dilaksanakan pada November lalu, aksi awal tahun ini dilakukan galang donasi yang melibatkan berbagai lembaga kemanusiaan dan amil zakat. Bagi peserta aksi yang berkontribusi memberikan dukungan Palestina melalui YDSF, lembaga yang konsisten menyuarakan ‘Aksi Semangka’ ini memberikan berbagai atribut Palestina.

Puluhan Wakif dan Donatur Ikuti YDSF Cangkringan Camp

Libur akhir tahun menjadi momen yang ditunggu bagi sebagian keluarga, termasuk donatur YDSF. Karenanya, YDSF mewadahi liburan sekaligus muhasabah akhir tahun 2023 dalam agenda YDSF Cangkringan Camp (YCC). Dilaksanakan selama dua hari di pekan terakhir bulan Desember, liburan kali ini mengajak peserta untuk berkhidmat dalam nuansa pedesaan Jogja di Wakaf Kompleks Dakwah Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Peserta mengikuti kegiatan sambil tenda, menginap di rumah glamping, rumah limasan, hingga mengerti beragam program pemberdayaan YDSF dipadu nuansa kaki Gunung Merapi Dusun Singlar, Glagaharjo. Selain itu, rangkaian YCC kali ini memberikan pengalaman bagi lebih dari 50 peserta untuk berwisata ke Teras Merapi, Masjid Jogokariyan, Kantor YDSF Cabang Yogyakarta, dan terakhir di Masjid YDSF Rest Area KM 725 A Tol Surabaya-Mojokerto.

Semarak Khitan Massal Isi Momen Libur Sekolah

Mengisi momen libur sekolah Desember lalu, YDSF bersama dengan Masjid Al Falah Surabaya menggelar Khitan Massal. Salah satu bentuk anjuran sunah Nabi saw. ini ditujukan bagi anak usia dini dan sekolah dasar. Sebanyak 100 peserta khitan ikut dalam agenda kali ini dengan tenaga medis 12 orang dari Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI).

Para peserta mendapatkan paket bingkisan berupa tas, alat tulis, sarung, uang saku, dan snack. Selain itu, kegiatan yang dilaksanakan di selasar Masjid Al Falah Jalan Raya Darmo No. 137A itu juga diisi dengan membagikan makanan bagi peserta dan orang tua.

Dai YDSF se-Indonesia Rumuskan Tantangan Dakwah di Tahun 2024


Pekan terakhir di penghujung tahun 2023, jajaran Dai YDSF se-Indonesia menggelar Rapat Koordinasi Nasional. Dilaksanakan di SDIT Al Azhaar Jalan Anjasmara No.129 Desa Wonosalam, Jombang, itu membahas tantangan program kerja dai YDSF dalam berdakwah di tahun 2024 mendatang.

Rapat dihadiri oleh delapan Koordinator Dai dari delapan wilayah. Masing-masing dai mewakili empat hingga 11 dai di wilayah bertugas. Rapat kali ini menghasilkan tiga pokok pembahasan. Di antaranya kaderisasi dai, pemberdayaan dai dan majelis taklim, dan penataan sistem data dan laporan kegiatan dakwah dai.

Dorong Bunda Yatim Sambung Hidup dengan Berwirausaha

YDSF kembali menyambung asa bunda yatim pengemban nafkah keluarga dengan mendorong berwirausaha. Kali ini, menggandeng PSA Bocah Pintar, YDSF mengalokasikan dana senilai Rp74 juta bagi 74 ibu orang tua tunggal.

Dari dana yang disalurkan, 70 persen diwujudkan dalam bentuk dana dan alat usaha. Sedangkan 30 persen lainnya dialokasikan dalam bentuk kegiatan pembinaan. Pembinaan dilaksanakan sejak bulan November 2023 hingga Januari 2024. Selama tiga bulan berselang, pembinaan dan bantuan modal usaha telah tersebar di sembilan kabupaten di dua provinsi, Jatim dan Jateng.

Beasiswa Yatim YDSF Jangkau 39 Kota di Indonesia

Menjelang libur sekolah dan pergantian semester bulan Desember lalu, YDSF kembali menyalurkan Beasiswa Peduli Anak (Pena) Yatim. Beasiswa untuk semester genap tahun ajaran 2023/2024 ini tersalurkan bagi 1.100 pelajar yatim dari jenjang SD hingga SMA.

Setelah melalui tahap validasi dan survei penerima manfaat, beasiswa kemudian disalurkan secara bertahap selama satu pekan dengan metode transfer bank. Mencapai Rp823 juta, Beasiswa Pena Yatim dapat dirasakan di 39 kabupaten dan kota di Indonesia. Terjauh, beasiswa diterima anak yatim di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng, Banjarmasin Kalsel, dan NTT.

Berkah Dhuafa Sekitar Kompleks Wakaf Pondok YDSF

Keberadaan Wakaf Pondok Tahfidz Ihyaul Qur’an, Wonosalam, Jombang, membawa keberkahan bagi masyarakat sekitar, khususnya dhuafa. Bertepatan di penghujung tahun 2023, YDSF bersama Forum Komunitas Koordinator Donatur (FK2D) menggelar bakti sosial di pondok pesantren yang berlokasi di Desa Mangirejo itu. Beras dengan total dua kuintal dibagikan kepada lansia dhuafa dan janda yang tinggal di sekitar kompleks wakaf YDSF itu. Di tengah melonjaknya harga pangan, masing-masing penerima mendapat beras dalam kemasan seberat lima kilogram.

Apresiasi Pelajar Cilik Berprestasi hingga Sinergi Lembaga Bela Rakyat Palestina

YDSF kembali mewadahi kreativitas dan bakat pelajar cilik dalam gelaran Islamic Kids Festival 2023 se-Gerbangkertasusila. Diselenggarakan di Markas Tahfidz Elzahro Lamongan pada pertengahan November lalu, sebanyak 310 pelajar tingkat sekolah dasar mengikuti berbagai ajang perlombaan seperti tahfidz dan pidato. Sedangkan dalam kesempatan akhir Desember, YDSF juga mendukung kegiatan Tilawati dan memberikan apresiasi kepada tiga wisudawan terbaik.

Di momen lainnya, masih dalam momen kepedulian terhadap rakyat Palestina, PAC FKPQ Kebomas bersama KAU Kebomas amanahkan donasi Rp97 juta kepada YDSF. Donasi terkumpul dari 71 lembaga, guru Qur’an, dan santri TPQ se-Kecamatan Kebomas.

YDSF Gelar Baksos, Salurkan Zakat, dan Bantu Pendidikan di Sidoarjo

Mempunyai tanggungan enam anak dan suami menderita stroke, Supriati, ibu dhuafa penjual pepes dan botok menerima zakat dari YDSF. Tidak hanya sendiri, zakat senilai total Rp9,5 juta juga disalurkan bagi lima orang lainnya di Sidoarjo pada pertengahan bulan Desember lalu.

Sepanjang pertengahan Desember juga YDSF turut menggelar beragam kegiatan lainnya di Sidoarjo. Pertama, YDSF menggelar Baksos Kesehatan bersama BSMI & DKM Masjid Nurul Muhajirin. Tercatat 120 pasien lansia & dhuafa mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis pada kesempatan kali ini. YDSF juga memberikan insentif kepada 13 guru Qur'an dan sekolah Islam senilai Rp11.5 juta. Beasiswa juga diberikan kepada delapan pelajar dhuafa dan yatim sejumlah Rp11,1 juta.

Muliakan Keluarga Yatim hingga Peduli Pendidikan di Lumajang

Petualangan yatim dalam YDSF Pena Bangsa Camp telah terlaksana meriah di Kebun Teh Kertowono, Gucialit akhir Desember lalu. Menjajal berbagai tantangan outbound, 58 yatim dilatih ketangkasan dan kekompakan selama dua hari. YDSF juga muliakan bunda yatim dengan membagikan bantuan modal usaha di empat desa di Kota Lumajang. Modal usaha dengan total Rp18 juta direalisasikan bagi enam bunda yatim. Sedangkan pada kesempatan bersama yatim lainnya, YDSF turut menyalurkan beasiswa Rp7,7 juta bagi 13 pelajar tingkat SMP dan SMA.

Beasiswa Pena Bangsa juga turut dibagikan YDSF untuk 68 pelajar setara SD hingga SMA di penghujung tahun 2023. Total beasiswa senilai Rp12,1 juta, ditujukan untuk pelajar dhuafa guna mencukupi kebutuhan selama satu semester. YDSF juga memenuhi kebutuhan air bersih untuk Ma’had Al Murid di Desa Nogosari, Lumajang senilai Rp3 juta.

Bantu Fasilitas Air Mushala Pelosok Banyuwangi dan Santunan Lansia Tuna Daksa

Guna menunjang sarana peribadatan di Banyuwangi, YDSF mengalokasikan bantuan air bersih untuk Mushala Jogo Segoro, Pesanggaran akhir Desember lalu. Bantuan berupa tandon air berkapasitas 5.500 liter disalurkan bersamaan dengan pompa air dan material sanitasi. Diterima oleh Ustadz Tanggung, pengurus mushala, bantuan disalurkan senilai Rp10,1 juta.

Masih di Banyuwangi, YDSF juga menggelar pelatihan perawatan jenazah bagi ibu-ibu Muslimat NU. Dilaksanakan di MWC NU Kecamatan Giri akhir Desember, 25 peserta mengikuti kegiatan perawatan jenazah sesuai sunah Rasul. YDSF juga turut memberikan zakat bagi lansia tuna daksa di Sobo, Banyuwangi berupa kebutuhan pokok senilai Rp700 ribu. Hidup berdua bersama dengan anak yang mengalami keterbatasan, Mbah Siami menjual daun kelapa kering untuk menyambung hidup.

Bersama Radio Moderato, YDSF Adakan Khitan Massal di Madiun

Menggelar Khitan Massal di Madiun, YDSF bekerja sama dengan Radio Moderato FM hadirkan 70 anak-anak dhuafa. Kegiatan dengan tema ‘Berbagi Bahagia untuk Generasi Bangsa’ ini diselenggarakan secara gratis. Dilaksanakan pada pekan terakhir tahun 2023, khitan sebagai salah satu sunah Rasul ini dilaksanakan di Paseban Sumber Pitu, Kabonsari, Madiun.

Selain berkhitan, YDSF turut membagikan santunan ke semua peserta. Santunan diwujudkan dalam bentuk pemenuhan makanan bergizi hingga perlengkapan sekolah dengan total bantuan Rp6 juta. Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Kebonsari, Kepala Desa Kedondong, dan tokoh masyarakat setempat.

Wujudkan Puluhan Juta Alat Bantu Disabilitas di Malang


Peringati Hari Disabilitas 2023, pada pertengahan Desember lalu YDSF menggelar bakti sosial untuk warga berkebutuhan khusus. Dilaksanakan di dua tempat berbeda, pada tanggal 9 Desember baksos digelar di Masjid Abdullah Permata Jingga Lowokwaru, Kota Malang. Kegiatan bersama Habib Sholeh bin Hamid Assegaf ini YDSF mendistribusikan alat bantu disabilitas senilai Rp22 juta dan bingkisan sembako senilai Rp11 juta.

Sedangkan pada kesempatan yang lain, menghadiri peringatan Hari Disabilitas oleh Disable Motorcycle Indonesia (DMI) pada akhir Desember lalu, bersama Wakil Bupati Malang, YDSF juga membagikan alat bantu disabilitas senilai Rp22 juta. Kegiatan yang diadakan di Balai Desa Kendalpayak, Pakisaji, Kabupaten Malang itu diisi dengan pemberian bantuan tongkat elbow sport dan tujuh unit kursi roda.

Renovasi Infrastruktur Pendidikan hingga Masjid di NTB

Berkesempatan meninjau dua fasilitas pendidikan tak layak guna di Provinsi Nusa Tenggara Barat, akhir Desember lalu YDSF distribusikan bantuan material bangunan. Bantuan disalurkan bagi MI Al Faat Bara Kecamatan Woja, Dompu, NTB. Sekolah dasar tidak layak berdinding gedhek ini diperuntukkan bagi 137 siswa. Kesempatan lain YDSF juga memberikan bantuan material bangunan untuk TPQ di Desa Naru, Kecamatan Sape, Dompu, NTB. Kondisi bangunan dengan atap dan lantai terpal tersebut diterima TPQ Darul Arqom akhir Desember lalu senilai Rp8 juta.

Bantuan program air bersih juga dilakukan YDSF di Masjid Assa'diyah Dusun Jambuan, Desa Antirogo, Kecamatan Sumbersari, Jember. Satu-satunya masjid di dusun tersebut menerima Rp2,9 juta. YDSF juga turut memberikan support dalam acara khitan massal yang diselenggarakan IKA SMADA Bondowoso berupa pembiayaan pengobatan senilai Rp3 juta.

 

Indahnya Berbagi Kebaikan Ramadhan


Artikel Terkait:

Pesan Rasulullah Saw. Untuk Umat Muslim Jelang Akhir Zaman | YDSF
ZAKAT DAN PAJAK | YDSF
Mendahulukan Qadha Puasa, Lalu Puasa Syawal | YDSF
KEJAR BERKAH, RUTIN SEDEKAH | YDSF
Garage Sale, SD Al-Hikmah Tanamkan Rasa Empati dan Jiwa Wirausaha Kepada Siswa
PERBEDAAN ZAKAT, INFAQ, SEDEKAH, DAN WAKAF | YDSF



Tags: program ydsf, program ydsf februari 2024, ydsf 2024

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: