UPDATE NEWS

...

Tuesday, 11 September 2018 10:00

YDSF Bangun Hunian Sementara dan Masjid Darurat untuk Korban Lombok

YDSF melalui Unit Aksi Cepat telah berkomitmen untuk terus mendampingi Lombok. YDSF turun langsung ke Lombok untuk melihat kebutuhan warga Lombok. YDSF telah menyiapkan projek untuk korban gempa Lombok, yaitu pembangunan Hunian Sementara dan Masjid darurat. Saat ini telah terbangun 1 unit Hunian Sementara di Lombok. Masjid darurat pun menjadi prioritas YDSF.

Sejak rentetan gempa besar dan gempa susulan melanda Lombok, Nusa Tenggara Barat. Banyak kerugian yang dirasakan oleh korban gempa di Lombok. Termasuk Adanya korban jiwa. Mulai dari kisah haru hingga trauma yang dirasakan oleh orang tua dan anak-anak korban gempa. Dampak yang paling terlihat adalah kerusakan pada infasruktur. Jalanan retak, rumah-rumah runtuh, sekolah tidak dapat digunakan karena retak/runtuh, hingga fasilitas-fasilitas umum yang tidak dapat digunakan.

Melihat situasi ini, barak-barak pengungsian sementara dibangun untuk tempat tinggal korban bencana. Mengingat tidak memungkinkan untuk tinggal dirumah,  kebanyakan telah runtuh ataupun retak. Bangunan yang telah retak pun tidak dapat ditinggali karena sewaktu-waktu dapat runtuh. Ditambah lagi saat ini mendekati musim hujan.

YDSF mempunyai projek Hunian Sementara yang memprioritaskan untuk keluarga yang mempunyaimanula dan/atau balita. YSDF menargetkan 200 Hunian Sementara bagi korban gempa Lombok. Satu unit Hunian Sementara diperkirakan membutuhkan biaya 5 Juta. Hunian Sementara berukuran 5m x 5m dan terbuat dari gedeg (dinding bambu) dan tiang bambu.

 

Selain itu, YDSF juga akan membangun Masjid Darurat. Masjid Darurat rencananya akan dibangun di Desa Medana, Dusun Orong Ramput dan Dusun Teluk, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara. Banyaknya bantuan berupa kebutuhan sandang pangan papan, tetapi YDSF tidak melupakan pentingnya kebutuhan ibadah korban gempa.

Masjid Darurat akan dibangun dengan ukuran 9m x 6m dengan tambahan ruang imam seluas 1.5m x 1.5m. Masjid darurat dibangun agar warga desa merasa nyaman dan amana saat melakukan ibadan. Tidak lagi terganggu udara dingin dan debu-debu dari reruntuhan bangunan.

Dua projek ini dilakukan untuk membantu pemulihan korban gempa. Dengan bantuan ini semoga  warga Lombok akan segera mandiri. YDSF tidak dapat berjalan sendiri tanpa bantuan dari Anda. Mari kita bersatu membangun kembali Lombok bersama YDSF!

ditulis oleh : Filda Adelina Nur

Editor : Ahmad Ilham Habibi

Share: